Surat Ad-Dukhan Ayat 45

كَٱلْمُهْلِ يَغْلِى فِى ٱلْبُطُونِ

Arab-Latin: Kal-muhli yaglī fil-buṭụn

Terjemah Arti: (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut,

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 45

Ditemukan bermacam penafsiran dari kalangan mufassirin terhadap kandungan surat Ad-Dukhan ayat 45, di antaranya sebagaimana terlampir:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

45-46. Buah pohon Zaqqum, adalah seperti tembaga yang meleleh dan mendidih di dalam perut penduduk neraka, seperti air yang mendidih dan mencapai puncak panas.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

45. Seperti minyak hitam yang mendidih di dalam perut mereka karena sangat amat panas.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. كَالْمُهْلِ ((Ia) sebagai kotoran minyak)
Yakni kotoran yang mengendap dari minyak atau aspal. Pendapat lain mengatakan bahwa itu adalah tembaga yang dilelehkan.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

45-46. Zaqqum itu makanan yang menyerupai minyak yang keruh dan disaring, seperti dari cairan logam emas dan perak, tembaga dan sejenisnya, yang mendidih didalam perut orang-orang kafir, seperti mendidihnya air yang sangat panas


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

43-50. ketika Allah menyebutkan hari kiamat dan Dia memberi putusan terhadap sesame hambanya di hari itu, selanjutnya Allah menyebutkan dua golongan hamba-hambaNya; golongan yang ada di surga dan golongan yang ada di neraka. Golongan kedua adalah orang-orang yang berdosa karena mengerjakan kekufuran dan kemaksiatan. Makanan mereka adalah “pohon Zaqqum,” pohon yang paling buruk dan keji, rasanya “seperti kotoran minyak,” yaitu seperti kotoran minyak yang berbau busuk dan rasanya amat panas, “yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas,” dan dikatakan kepada orang yang disiksa yang menyakitkan ini, “sesungguhnya kamu orang yang perkasa dan akan dapat menangkal azab Allah dank au orang mulia sehingga Allah tidak boleh menimpakan azab padamu. Pada hari ini terlihat jelas bahwa kau adalah tercela, hina, dan rendah.”sesungguhnya ini adalah azab yang dahulu kamu selalu meragukannya,” yakni, engkau sangsikan dan sekarang menjadi kebenaran yang meyakinkan bagi kalian.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 45: (Ia bagaikan kotoran minyak) yakni hitam pekat bagaikan kotoran minyak; lafal ayat ini menjadi Khabar kedua (yang mendidih di dalam perut) jika dibaca Taghli berarti menjadi Khabar ketiga, jika dibaca Yaghli berarti menjadi Hal atau kata keterangan keadaan bagi lafal Al-Muhli.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Muhl dalam ayat tersebut juga bisa berarti nanah yang berbau busuk, dan akan panas sampai mendidih dalam perut mereka.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 45

45-46. Pohon itu bentuknya seperti cairan tembaga/minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas yang panasnya mencapai titik puncak


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah bermacam penafsiran dari berbagai ulama tafsir mengenai kandungan surat Ad-Dukhan ayat 45, semoga membawa manfaat untuk ummat. Support perjuangan kami dengan memberikan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Ad-Dukhan Ayat 46 Arab-Latin, Ad-Dukhan Ayat 47 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Ad-Dukhan Ayat 48, Terjemahan Tafsir Ad-Dukhan Ayat 49, Isi Kandungan Ad-Dukhan Ayat 50, Makna Ad-Dukhan Ayat 51

Terkait: « | »

Kategori: 044. Ad-Dukhan

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates