Surat Ad-Dukhan Ayat 40

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ يَوْمَ ٱلْفَصْلِ مِيقَٰتُهُمْ أَجْمَعِينَ

Arab-Latin: Inna yaumal-faṣli mīqātuhum ajma'īn

Artinya: Sesungguhnya hari keputusan (hari kiamat) itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya,

« Ad-Dukhan 39Ad-Dukhan 41 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Berkaitan Dengan Surat Ad-Dukhan Ayat 40

Paragraf di atas merupakan Surat Ad-Dukhan Ayat 40 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran menarik dari ayat ini. Didapati variasi penjelasan dari beragam ahli tafsir terhadap makna surat Ad-Dukhan ayat 40, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya hari keputusan diantara seluruh makhluk dengan apa yang mereka lakukan di dunia, yang baik atau yang buruk, adalah waktu berkumpul mereka semuanya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

40-42. Allah mengancam orang-orang kafir dengan keadaan dan azab mereka pada hari kiamat: Hari pemberian ketetapan antara seluruh makhluk merupakan waktu azab bagi orang-orang kafir itu; hari dimana seorang kerabat tidak dapat memberi manfaat sediktipun bagi kerabatnya, dan mereka tidak dapat menghindar dari azab, kecuali orang-orang beriman yang dirahmati Allah dengan syafaat-Nya. Allah Maha Perkasa dalam kerajaan-Nya dan dalam memberi balasan, Maha Pengasih bagi hamba-hamba-Nya yang beriman.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

40. Sesungguhnya hari Kiamat saat untuk Allah memisahkan di antara para hamba-Nya merupakan waktu yang dijanjikan kepada seluruh makhluk, Allah mengumpulkan mereka semua pada hari Kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

40. إِنَّ يَوْمَ الْفَصْلِ مِيقٰتُهُمْ أَجْمَعِينَ (Sesungguhnya hari keputusan (hari kiamat) itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya)
Yakni itulah waktu yang ditentukan untuk membedakan antara orang baik dan orang jahat, orang yang berada di pihak yang benar dan yang salah, hari itu telah ditentukan bagi mereka pada ilmu Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

40. Sesungguhnya hari keputusan diantara para makhluk, yaitu hari kiamat, yang membedakan orang yang berbuat kebajikan dan yang berbuat keburukan yaitu waktu mereka kembali pada adzab yang kekal.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya hari keputusan} hari kiamat dimana Allah memberi keputusan di antara para makhluk {itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka} waktu yang dijanjikan untuk mereka {semua


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

40. “SEsungguhnya hari keputusan,” yakni, Hari Kiamat yang di hari itu Allah memberi putusan antara orang-orang pertama dan orang-orang terakhir dan memberi keputusan antara setiap orang yang berselisih, “adalah hari yang di janjikan,” untuk para makhluk, “semuanya,” yakni, semuanya akan dikumpulkan oleh Allah pada hari itu. Allah menghadirkan mereka dan mendatangkan amal perbuatan mereka, dan berdasarkan amal itulah balasan berlaku.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 38-42
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang keadilanNya dan kesucianNya dari main-main, senda gurau, dan kebathilan. Sebagaimana firmanNya: (Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka (27)) (Surah Shad) Allah SWT berfirman: (Maka apakah kamu mengira bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? (115) Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang sebenarnya; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Tuhan (yang mempunyai) 'Arsy yang mulia 116)) (Surah Al-Mu’minun)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya hari keputusan (hari kiamat) itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya (40)) yaitu hari kiamat. Di hari itu Allah memutuskan perkara di antara semua makhluk, maka Dia mengazab orang-orang kafir dan memberi pahala orang-orang mukmin.
Firman Allah: (adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya) yaitu Allah SWT mengumpulkan mereka semua dari yang pertama sampai yang terakhir (Yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikit pun) yaitu, seorang kerabat tidak bermanfaat bagi kerabatnya. Sebagaimana firmanNya SWT: (Apabila sangkakala ditiup, maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya (101)) (Surah Al-Mu'minun) dan (Dan tidak ada seorang teman akrab pun menanyakan temannya (10) sedangkan mereka saling melihat) (Surah Al-Ma'arij: 10-11) yaitu tidak ada seorang saudarapun yang menanyakan tentang keadaannya, padahal dia melihatnya dengan mata kepalanya sendiri.
Firman Allah: (dan mereka tidak akan mendapat pertolongan) yaitu seorang kerabat tidak dapat menolong kerabatnya, tidak ada seorang pun dari luar yang dapat menolongnya. Kemudian Allah berfirman: (kecuali orang yang diberi rahmat oleh Allah) yaitu pada hari itu tidaklah bermanfaat kecuali hanya rahmat Allah SWT kepada makhlukNya (Sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang) yaitu Dia Maha Perkasa lagi Yang mempunyai rahmat yang luas


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 40: (Sesungguhnya hari keputusan itu) yakni hari kiamat adalah hari di mana Allah memutuskan perkara di antara hambahamba-Nya (adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya) untuk menerima azab yang abadi


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Pada hari itu Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberikan keputusan kepada hamba-hamba-Nya.

Semuanya akan Allah kumpulkan pada hari itu, Dia menghadirkan mereka dan menghadirkan amal mereka dan pembalasan disesuaikan dengan amal mereka. Ketika itu seorang kerabat atau teman tidak dapat menolong kerabatnya atau temannya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 40

40-42. Sesungguhnya hari penetapan keputusan tentang siapa yang taat dan siapa yang durhaka, yaitu hari kiamat dan hari pemutusan dan pemilahan antara yang hak dan yang batil, itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya, yakni semua manusia mukallaf untuk mempertanggungjawabkan semua amal mereka, yaitu pada hari ketika seorang teman sama sekali tidak dapat memberi manfaat sedikit pun kepada teman lainnya dan mereka tidak akan dapat ditolong oleh siapa pun untuk menghindarkan diri dari azab Allah, kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Allah, yaitu syafaat dan perlindungan-Nya yang dapat meringankannya dari siksa. Sungguh, dia mahaperkasa, yang tidak dapat dihalangi kekuasaan-Nya untuk mengazab orang-orang yang berdoa, dan maha penyayang terhadap hamba-hamba-Nya yang taat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjelasan dari berbagai mufassirin terhadap makna dan arti surat Ad-Dukhan ayat 40 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dibaca

Baca banyak konten yang paling banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Anbiya 19, An-Najm 39-42, Al-Hujurat 11, Ar-Rahman 33, Al-Qalam, Ar-Ra’d 31. Serta Ali Imran 26-27, Al-Ahzab 43, Al-Baqarah 282, Al-Baqarah 261, Al-Baqarah 285, Al-‘Ashr 3.

  1. Al-Anbiya 19
  2. An-Najm 39-42
  3. Al-Hujurat 11
  4. Ar-Rahman 33
  5. Al-Qalam
  6. Ar-Ra’d 31
  7. Ali Imran 26-27
  8. Al-Ahzab 43
  9. Al-Baqarah 282
  10. Al-Baqarah 261
  11. Al-Baqarah 285
  12. Al-‘Ashr 3

Pencarian: qs yunus ayat 49 menjelaskan tentang takdir, arti surat al insyirah ayat 8, kandungan surat shad ayat 23, surat al-baqarah ayat 3 menyatakan bahwa malaikat makhluk, surah al alaq dan terjemahannya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: