Surat Ad-Dukhan Ayat 33

وَءَاتَيْنَٰهُم مِّنَ ٱلْءَايَٰتِ مَا فِيهِ بَلَٰٓؤٌا۟ مُّبِينٌ

Arab-Latin: Wa ātaināhum minal-āyāti mā fīhi balā`um mubīn

Terjemah Arti: Dan Kami telah memberikan kepada mereka di antara tanda-tanda kekuasaan (Kami) sesuatu yang di dalamnya terdapat nikmat yang nyata.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 33

Terdapat pelbagai penjabaran dari kalangan mufassirin terkait kandungan surat Ad-Dukhan ayat 33, antara lain seperti tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kami memberi mereka mukjizat-mukjizat melalui Musa yang menguji mereka, dalam keadaan suka maupun duka.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

33. Dan Kami telah berikan kepada mereka dari mukjizat-mukjizat yang Kami berikan guna menguatkan Musa dengannya, yang padanya terdapat kenikmatan yang nyata, seperti makanan manna, salwa dan lainnya.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

33. وَءَاتَيْنٰهُم مِّنَ الْاٰيٰتِ (Dan Kami telah memberikan kepada mereka di antara tanda-tanda kekuasaan (Kami))
Yakni mukjizat-mukjizat Musa.

مَا فِيهِ بَلٰٓؤٌا۟ مُّبِينٌ(sesuatu yang di dalamnya terdapat nikmat yang nyata)
Yakni terdapat ujian dan cobaan yang jelas, agar Kami melihat bagaimana mereka akan berbuat.
Dan termasuk dari mukjizat-mukjizat ini adalah penyelamatan mereka dari tenggelam, terbelahnya lautan bagi mereka, awan yang senantiasa menaungi mereka, diturunkannya al-Mann dan as-Salwa bagi mereka, serta Taurat yang diberikan kepada mereka.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

33. Dan Kami telah memberikan mukjizat petunjuk, dan bukti-bukti yang merupakan khabar nyata pada Musa


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

33. “Dan Kami telah memberikan kepada mereka,” yakni, Bani Israil, “di antara tanda-tanda kekuasaan (Kami),” yang nyata dan mukjizat terang, “sesuatu yang di dalamnya terdapat nikmat yang nyata,” yaitu kebaikan yang banyak dan nyata yang diberikan kepada mereka serta sebagai hujjah atas kebenaran risalah yang dibawa oleh nabi mereka.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 33: (Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada mereka di antara tanda-tanda kekuasaan Kami sesuatu yang di dalamnya terdapat cobaan yang nyata) yang dimaksud adalah nikmat yang nyata, yaitu dapat dibelahnya laut, diturunkannya manna dan salwa serta mukjizat-mukjizat lainnya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang dimaksud tanda-tanda kekuasaan Allah ialah seperti naungan awan, turunnya manna dan salwa, terpancarnya air dari batu, terbelahnya laut merah. Itu semua merupakan hujjah atas mereka yang membuktikan kebenaran apa yang dibawa Nabi mereka Musa ‘alaihis salam.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 33

Dan telah kami berikan kepada mereka, melalui nabi musa yang kami utus sebagai rasul kami, di antara tanda-tanda kebesaran dan bukti ke kuasaan kami sesuatu yang di dalamnya terdapat ujian serta nikmat yang nyata. 34-35. Sesungguhnya mereka, kaum musyrik mekah itu, yang mendustakan nabi Muhammad dan mendustakan kebangkitan di hari akhirat, pasti akan berkata, 'sesungguhnya tidak ada kehidupan selain kehidupan yang disusul dengan kematian di dunia ini. Dan karena itu pula, kami tidak akan dibangkitkan setelah kematian di dunia ini. '.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah beberapa penafsiran dari berbagai mufassirin berkaitan makna surat Ad-Dukhan ayat 33, moga-moga membawa faidah untuk kita. Support usaha kami dengan mencantumkan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Ad-Dukhan Ayat 34 Arab-Latin, Ad-Dukhan Ayat 35 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Ad-Dukhan Ayat 36, Terjemahan Tafsir Ad-Dukhan Ayat 37, Isi Kandungan Ad-Dukhan Ayat 38, Makna Ad-Dukhan Ayat 39

Terkait: « | »

Kategori: 044. Ad-Dukhan

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates