Surat Ad-Dukhan Ayat 19

وَأَن لَّا تَعْلُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ ۖ إِنِّىٓ ءَاتِيكُم بِسُلْطَٰنٍ مُّبِينٍ

Arab-Latin: Wa al lā ta'lụ 'alallāh, innī ātīkum bisulṭānim mubīn

Terjemah Arti: Dan janganlah kamu menyombongkan diri terhadap Allah. Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa bukti yang nyata.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 19

Terdokumentasi berbagai penafsiran dari beragam ulama tafsir mengenai makna surat Ad-Dukhan ayat 19, di antaranya sebagaimana tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

19-21. Hendaknya kalian jangan menyombongkan diri di depan Allah dengan mendustakan utusan-utusanNya. Sesungguhnya aku datang kepada kalian dengan membawa bukti nyata atas kebenaran risalahku. Sesungguhnya aku berlindung kepada Allah, Tuhanku dan tuhan kalian, bila kalian hendak membunuhku dengan melempariku dengan batu. Bila kalian tidak membenarkanku dalam apa yang aku bawa kepada kalian, maka biarkanlah aku dan jangan menyakitiku.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

19. Dan janganlah kalian takabur kepada Allah dengan tidak menyembah-Nya dan sombong kepada hamba-hamba-Nya, sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hujah yang jelas.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

19-22. Dan menyeru agar mereka tidak berpaling dari ketaatan Allah. Aku mendatangkan bukti yang jelas kepada kalian atas kebenaran risalahku, dan aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhan kalian agar kalian tidak membunuhku dengan melempariku batu. Jika kalian tidak beriman kepadaku maka janganlah kalian menyakitiku.

Kemudian Musa berdoa kepada Allah untuk mengadu bahwa Fir’aun dan kaumnya merupakan orang-orang yang jahat karena kekafiran mereka.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. وَأَن لَّا تَعْلُوا۟ عَلَى اللهِ ۖ (dan janganlah kamu menyombongkan diri terhadap Allah)
Yakni janganlah kalian bersikap sombong dan angkuh terhadap Allah dengan enggan mentaati-Nya dan mengikuti rasul-rasul-Nya.

إِنِّىٓ ءَاتِيكُم بِسُلْطٰنٍ مُّبِينٍ (Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa bukti yang nyata)
Yakni dengan membawa hujjah yang jelas yang tidak mungkin terbantahkan, yaitu berupa mukjizat dari tongkat, tangan, dan mukjizat-mukjizat lain yang berjumlah sembilan.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Dan janganlah kalian sombong kepada Allah dengan meninggalkan ketaatan kepadaNya, meremehkan wahyu dan utusanNya, sesungguhnya aku datang kepada kalian dengan petunjuk yang jelas atas ajaranku, dan ini merupakan alasan larangan menghindari takabbur dan sombong


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. “dan janganlah kamu menyombongkan diri terhadap Allah,” dengan merasa sombong untuk menyembahNya serta tinggi hati terhadap hamba-hamba Allah, “sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa bukti yang nyata,” yaitu dengan hujjah yang jelas dan nyata. Itulah mukjizat-mukjizat nyata dan bukti-bukti yang kuat dan memaksa yang dibawa Musa.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 19: (Dan Janganlah kalian menyombongkan diri) berlaku takabur (terhadap Allah) yaitu tidak menaati-Nya. (Sesungguhnya aku datang kepada kalian dengan membawa bukti) tanda bukti (yang nyata") yang menunjukkan kebenaran risalahku. Tetapi sebaliknya mereka mengancam akan merajamnya.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dengan enggan beribadah kepada-Nya serta bersikap sombong terhadap hamba-hamba Allah.

Yaitu mukjizat dan dalil, namun ternyata mereka mendustakan Beliau dan hendak membunuh Beliau dengan mengancam akan merajam Beliau.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 19

18-19. Rasul yang kami utus itu berkata kepada mereka dengan lembut, 'serahkanlah kepadaku dengan penuh kerelaan hamba-hamba Allah, yaitu bani israil, kaumku dan keluargaku, dengan membebaskan mereka dari perbudakan dan siksaanmu. Sesungguhnya aku adalah utusan Allah, tuhan seluruh alam yang dapat di percaya oleh-Nya untuk menyampaikan apa yang seharusnya aku sampaikan kepadamu, dan janganlah kamu menyombongkan diri terhadap Allah dengan menolak aku sebagai rasul yang di utus-Nya kepadamu dan mengabaikan apa yang di perintahkan-Nya. Sungguh, aku datang dan di utus oleh-Nya kepadamu dengan membawa bukti, berupa mukjizat yang nyata tentang kerasulanku. '20. Lalu mereka mendustakannya dan berkeinginan untuk membunuhnya. Akan tetapi, musa tetap menyeru mereka, 'dan se sungguhnya aku, sebagai rasul utusan-Nya berlindung kepada tuhanku yang mengutus dan memeliharaku dan tuhanmu yang telah menciptakan, memelihara, dan menjagamu, dari ancamanmu untuk merajamku, yakni melukaiku dengan batu atau membunuhku dengan melempariku dengan batu. '.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian kumpulan penjelasan dari berbagai ahli tafsir terhadap kandungan surat Ad-Dukhan ayat 19, moga-moga memberi kebaikan untuk kita. Sokonglah dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Ad-Dukhan Ayat 20 Arab-Latin, Ad-Dukhan Ayat 21 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Ad-Dukhan Ayat 22, Terjemahan Tafsir Ad-Dukhan Ayat 23, Isi Kandungan Ad-Dukhan Ayat 24, Makna Ad-Dukhan Ayat 25

Terkait: « | »

Kategori: 044. Ad-Dukhan

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates