Surat Az-Zukhruf Ayat 66

هَلْ يَنظُرُونَ إِلَّا ٱلسَّاعَةَ أَن تَأْتِيَهُم بَغْتَةً وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

Arab-Latin: Hal yanẓurụna illas-sā'ata an ta`tiyahum bagtataw wa hum lā yasy'urụn

Terjemah Arti: Mereka tidak menunggu kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba sedang mereka tidak menyadarinya.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 66

Terdokumentasi berbagai penjelasan dari kalangan mufassirun terkait makna surat Az-Zukhruf ayat 66, di antaranya seperti tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apakah ada yang ditunggu oleh kelompok-kelompok yang bertikai tentang Isa itu selain Kiamat yang datang kepada mereka secara tiba-tiba saat mereka tidak menyadari dan merasakannya?


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

66. Apakah berbagai golongan yang berselisih pendapat tentang Isa itu menunggu selain kedatangan hari Kiamat yang datang kepada mereka dengan tiba-tiba sementara mereka tidak merasakan kedatangannya? Jika Kiamat telah datang sementara mereka masih dalam kekufuran, maka sesungguhnya tempat kembali mereka adalah siksa yang pedih.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

66. هَلْ يَنظُرُونَ (Mereka tidak menunggu)
Yakni tidaklah golongan-golongan itu menunggu.

إِلَّا السَّاعَةَ أَن تَأْتِيَهُم بَغْتَةً(kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba)
Yakni datang seketika.

وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ (sedang mereka tidak menyadarinya)
Yakni tidak menyangkanya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

66. Apakah tidak ada yang mereka tunggu selain datangnya hari kiamat secara tiba-tiba. Padahal mereka tidak pernah bisa merasakan kedatangannya kerena mereka lengah (ghaflah) terhadapnya. Hal adalah huruf istifham ysng berfungsi menjadikan kalimat tersebut nafi, sehingga bermakna tidak ada yang ditunggu kecuali datangnya kiamat.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

66. Allah berfirman bahwa tidaklah orang-oang yang mendustakan itu menanti dan mengharapkan “kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba, sedang mereka tidak menyadarinya,” yaitu ketika hari kiamat terjadi, maka jangan kalian menanyakan kondisi oang-orang yang mendustakannya dan mencemooh orang yang membawa berita tentangnya.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 66: (Mereka tidak menunggu) orang-orang kafir Mekah tidak menunggu-nunggu (kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka) lafal An Ta-tiyahum menjadi Badal dari lafal As Sa'ah (dengan tiba-tiba) atau sekonyong-konyong (sedangkan mereka tidak menyadarinya) tidak menyadari kedatangannya sebelum itu.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ketika Kiamat tiba, maka janganlah engkau tanya keadaan orang-orang yang mendustkannya dan orang-orang yang mengolok-oloknya, dan bahwa teman akrab pada hari itu akan bermusuhan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 66

Dengan pembangkangan mereka untuk mengakui nabi isa sebagai rasul Allah dan pengingkaran mereka terhadap ajaran-Nya, lalu Allah mengatakan bahwa apakah mereka dengan keadaan yang demikian itu hanya menunggu saja kedatangan hari kiamat yang datang kepada mereka secara mendadak, tanpa mereka mengetahui sebelumnya, sedang mereka tidak menyadarinya karena mereka selalu sibuk dengan pertengkaran mereka'67. Teman-teman karib pada hari kiamat itu sebagian mereka menjadi musuh bagi yang lainnya karena hubungan pertemanan mereka terjalin atas dasar kezaliman, tidak atas dasar kebaikan dan kemaslahatan, kecuali orang-orang yang bertakwa yang tidak saling bermusuhan karena pertemanan dan persahabatan mereka terjalin atas dasar ketaatan kepada Allah.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beberapa penafsiran dari kalangan mufassir berkaitan makna surat Az-Zukhruf ayat 66, moga-moga berfaidah bagi kita. Dukunglah dakwah kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 67 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 68 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 69, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 70, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 71, Makna Az-Zukhruf Ayat 72

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi