Surat Az-Zukhruf Ayat 22

بَلْ قَالُوٓا۟ إِنَّا وَجَدْنَآ ءَابَآءَنَا عَلَىٰٓ أُمَّةٍ وَإِنَّا عَلَىٰٓ ءَاثَٰرِهِم مُّهْتَدُونَ

Arab-Latin: Bal qālū innā wajadnā ābā`anā 'alā ummatiw wa innā 'alā āṡārihim muhtadụn

Terjemah Arti: Bahkan mereka berkata: "Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama, dan sesungguhnya kami orang-orang yang mendapat petunjuk dengan (mengikuti) jejak mereka".

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 22

Ditemukan aneka ragam penafsiran dari para ulama tafsir berkaitan makna surat Az-Zukhruf ayat 22, sebagiannya sebagaimana termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebaliknya mereka berkata, ”sesungguhnya kami mendapati nenek moyang kami berjalan di atas sebuah jalan, ajaran dan agama, dan sesungguhnya kami hanya mengikuti dan meneladani jejak nenek moyang kami.”


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

22. Tidak, hal itu tidak pernah terjadi, akan tetapi mereka berucap dengan berdalih taklid, “Kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama dan syariat, mereka dahulu menyembah berhala, dan kami mengikuti jejak mereka dalam menyembah berhala.”


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

22. بَلْ قَالُوٓا۟ إِنَّا وَجَدْنَآ ءَابَآءَنَا عَلَىٰٓ أُمَّةٍ (Bahkan mereka berkata: “Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama)
Yakni di atas suatu kebiasaan dan cara yang mereka pakai dalam menyembah berhala-berhala ini.

وَإِنَّا عَلَىٰٓ ءَاثٰرِهِم مُّهْتَدُونَ(dan sesungguhnya kami orang-orang yang mendapat petunjuk dengan (mengikuti) jejak mereka”)
Mereka mengakui tidak memiliki landasan, alasan, dan syubhat di tangan mereka, dan mereka hanya mengikuti kesesatan nenek moyang mereka.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

22. Bahkan orang-orang musyrik itu berkata ketika hujjah mereka gagal: “Sesungguhnya kami mendapati leluhur kami berada dalam agama, kepercayaan dan adatnya. Atas warisan mereka, kami adalah orang-orang yang diberi petunjuk dalam jalan kami. Maknanya, kami mengikuti jalan leluhur kami dan menjalani ajaran mereka”


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

22. ya, mereka memiliki syubhat yang paling lemah, yaitu hanya mengikuti nenek moyang mereka sesat. Mereka adalah orang-orang yang selalu menentang seruan para rasul karena mengikuti nenek moyang mereka. Karena itu dalam ayat ini Allah berfirman,”bahkan mereka berkata,’sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama’.” Yaitu berada diatas ajaran dan aliran,”dan sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mendapat petunjuk dengan (mengikuti) jejak mereka,” karena itu, kami tidak mengikuti agama yang dibawa Muhammad.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 22: (Bahkan mereka berkata, 'Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama) yang diyakininya (dan sesungguhnya kami) berjalan atau mengikuti (jejak-jejak mereka sebagai petunjuk kami')" dan bapak-bapak kami itu menyembah selain Allah.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 22

Bahkan setelah kehabisan alasan dan dalih atas kesesatan mereka, mereka berkata, 'sesungguhnya kami mendapati nenek moyang dan leluhur kami menganut suatu agama, yakni suatu keyakinan dan kepercayaan yang patut kami ikuti dan teladani, dan sesungguhnya kami mendapat petunjuk untuk mengikuti jejak mereka. ' 23. Dan apa yang dikatakan oleh kaum musyrik mekah kepadamu sekarang, wahai nabi Muhammad, demikian juga yang dikatakan oleh umat-umat terdahulu ketika kami mengutus seorang pemberi peringatan, yaitu nabi atau rasul sebelum engkau diutus, dalam suatu negeri di lokasi mana pun di bumi ini, orang-orang yang hidup mewah secara durhaka di masing-masing negeri itu selalu berkata, 'sesungguhnya kami mendapati nenek moyang kami yang juga orang-orang terkemuka dan paham menganut suatu agama, yakni kepercayaan yang mereka yakini benar dan sesungguhnya kami tidak lain, kecuali sekadar pengikut-pengikut yang mengikuti jejak-jejak mereka. '.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah beraneka penjelasan dari para ulama tafsir terhadap makna surat Az-Zukhruf ayat 22, semoga bermanfaat untuk kita semua. Bantulah usaha kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 23 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 24 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 25, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 26, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 27, Makna Az-Zukhruf Ayat 28

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi