Surat Az-Zukhruf Ayat 21

أَمْ ءَاتَيْنَٰهُمْ كِتَٰبًا مِّن قَبْلِهِۦ فَهُم بِهِۦ مُسْتَمْسِكُونَ

Arab-Latin: Am ātaināhum kitābam ming qablihī fa hum bihī mustamsikụn

Terjemah Arti: Atau adakah Kami memberikan sebuah kitab kepada mereka sebelum Al Quran, lalu mereka berpegang dengan kitab itu?

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 21

Diketemukan aneka ragam penjabaran dari beragam mufassirin terkait isi surat Az-Zukhruf ayat 21, sebagiannya seperti terlampir:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apakah mereka menghadiri penciptaan malaikat atau apakah Kami memberi mereka sebuah kitab sebelum al-qur’an yang Kami turubkan sehingga mereka berpegang kepadanya dan mengamalkan isinya, lalu merekapun berhujjah atasmu wahai rasul?


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

21. Ataukah Kami pernah memberikan kepada orang-orang musyrik satu kitab sebelum turunnya Al-Qur`ān yang membolehkan ibadah kepada selain Allah, dan mereka memegang teguh kitab itu serta berdalih dengannya?


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

21. أَمْ ءَاتَيْنٰهُمْ كِتٰبًا مِّن قَبْلِهِۦ (Atau adakah Kami memberikan sebuah kitab kepada mereka sebelum Al Quran)
Yakni ataukan Kami berikan suatu kitab sebelum al-Qur’an yang tercantum di dalamnya “Sembahlah selain Allah”?

فَهُم بِهِۦ مُسْتَمْسِكُونَ(lalu mereka berpegang dengan kitab itu?)
Yakni kitab yang mereka jadikan sebagai pegangan dan bukti.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

21. Ataukah kami telah menurunkan bagi mereka kitab sebelum Al-Qur’an yang menguatkan ucapan mereka dan mengijinkan mereka untuk menyembah berhala, sehingga mereka berpegang teguh dengan kitab itu, mengerjakan apa yang ada di dalamnya dan menggunakannya untuk berhujjah. Maksudnya adalah bahwa Allah tidak melakukan demikian itu


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

21. selanjutnya Allah berfiman,”atau adakah kami memberikan sebuah kitab kepada mereka sebelum al-qur’an lalu mereka berpegang dengan kitab itu?” artinya, seakan Allah memberitahu mereka benarnya tindakan serta perkataan meeka. Tapi sama sekali tidak demikian, karena Allah telah mengutus Muhammad sebagai pemberi kabar ancaman kepada mereka dan tidak ada orang lain yang memberi peringatan selainn beliau. Mereka tidak memilki dalil aqli dan naqli. Ketika kedua dalil tersebut tidak ada, berarti yang ada hanya kebatilan.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 21: (Atau adakah Kami memberikan sebuah Kitab kepada mereka sebelumnya) sebelum Alquran yang di dalamnya terdapat anjuran untuk menyembah selain Allah (lalu mereka berpegang dengan kitab itu?) hal tersebut tentu saja tidak akan terjadi.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang memberitakan benarnya perbuatan dan ucapan mereka. Bahkan tidak demikian, sesungguhnya Allah telah mengutus Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai pemberi peringatan kepada mereka, sedangkan mereka sebelumnya tidak didatangi oleh pemberi peringatan. Dengan demikian, akal dan naql (kitab) tidak membenarkan perbuatan mereka, sehingga tidak ada lagi setelahnya selain kebatilan. Ya memang, mereka punya alasan, yang bukan hujjah, tetapi syubhat, dimana syubhat itu adalah syubhat yang paling lemah, yaitu mengikuti nenek moyang mereka yang sesat, dimana orang-orang kafir sejak dulu biasa menolak rasul karena alasan mengikuti nenek moyang.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 21

Atau kalau mereka tidak pernah menyaksikan penciptaan para malaikat dan menyaksikan wujudnya, apakah pernah kami berikan informasi atau pengetahuan yang menjelaskan mengenai hal itu melalui sebuah kitab yang diturunkan kepada mereka sebelumnya, yaitu sebelum Al-Qur'an diturunkan, lalu mereka berpegang teguh dengannya, yaitu dengan informasi di dalam kitab itu' sama sekali tidak. Mereka tidak pernah memiliki informasi mengenai hal itu. 22. Bahkan setelah kehabisan alasan dan dalih atas kesesatan mereka, mereka berkata, 'sesungguhnya kami mendapati nenek moyang dan leluhur kami menganut suatu agama, yakni suatu keyakinan dan kepercayaan yang patut kami ikuti dan teladani, dan sesungguhnya kami mendapat petunjuk untuk mengikuti jejak mereka. '.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian kumpulan penjelasan dari para ulama tafsir mengenai makna surat Az-Zukhruf ayat 21, semoga bermanfaat bagi kita. Bantulah usaha kami dengan memberi backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 22 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 23 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 24, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 25, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 26, Makna Az-Zukhruf Ayat 27

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi