Surat Asy-Syura Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَإِنْ أَعْرَضُوا۟ فَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا ۖ إِنْ عَلَيْكَ إِلَّا ٱلْبَلَٰغُ ۗ وَإِنَّآ إِذَآ أَذَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ مِنَّا رَحْمَةً فَرِحَ بِهَا ۖ وَإِن تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌۢ بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ فَإِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ كَفُورٌ

Arab-Latin: Fa in a'raḍụ fa mā arsalnāka 'alaihim ḥafīẓā, in 'alaika illal-balāg, wa innā iżā ażaqnal-insāna minnā raḥmatan fariḥa bihā, wa in tuṣib-hum sayyi`atum bimā qaddamat aidīhim fa innal-insāna kafụr

Artinya: Jika mereka berpaling maka Kami tidak mengutus kamu sebagai pengawas bagi mereka. Kewajibanmu tidak lain hanyalah menyampaikan (risalah). Sesungguhnya apabila Kami merasakan kepada manusia sesuatu rahmat dari Kami dia bergembira ria karena rahmat itu. Dan jika mereka ditimpa kesusahan disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri (niscaya mereka ingkar) karena sesungguhnya manusia itu amat ingkar (kepada nikmat).

« Asy-Syura 47Asy-Syura 49 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Tentang Surat Asy-Syura Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syura Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan berharga dari ayat ini. Terdokumentasi variasi penafsiran dari para ahli ilmu mengenai makna surat Asy-Syura ayat 48, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bila orang-orang musyrik itu berpaling (wahai rasul) sehingga mereka tidak beriman kepada Allah, maka Kami tidak mengutusmu sebagai penjaga amal perbuatan mereka hingga engkau memperhitungkan mereka karenanya, karena tugasmu hanyalah menyampaikan. Bila Kami memberikan rahmat kepada manusia berupa kekayaan, kelapangan dalam harta dan lainnya, maka dia berbahagia dan bersuka cita, namun bila dia ditimpa musibah berupa kemiskinan, sakit dan lainya disebabkan karena kemaksiatan kepada Allah yang mereka lakukan sendiri, maka sesungguhnya manusia itu sangat besar pengingkarannya dengan hanya menghitung-hitung musibah dan melupakan kenikmatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Jika mereka berpaling dari apa yang telah engkau perintahkan kepada mereka, maka tidaklah Kami mengutusmu -wahai Rasul- kepada mereka sebagai pengawas yang mengawasi amal perbuatan mereka. Kewajibanmu tiada lain hanyalah menyampaikan apa yang diperintahkan kepadamu untuk disampaikan, dan perhitungan mereka ada di sisi Allah. Dan sesungguhnya jika Kami merasakan kepada manusia kenikmatan dari Kami berupa kekayaan, kesehatan dan semisalnya, maka ia merasa gembira dengannya. Dan jika manusia tertimpa cobaan berupa sesuatu yang tidak disukainya dikarenakan dosa-dosa mereka, maka sesungguhnya di antara tabiat mereka adalah ingkar terhadap nikmat Allah dan tidak mensyukurinya serta menggerutu atas apa yang Allah takdirkan pada mereka berdasarkan hikmah-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. فَإِنْ أَعْرَضُوا۟ فَمَآ أَرْسَلْنٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا ۖ (Jika mereka berpaling maka Kami tidak mengutus kamu sebagai pengawas bagi mereka)
Yakni bukan sebagai penjaga dan pengawas amalan mereka sehingga kamu dapat menghisab amalan itu.

إِنْ عَلَيْكَ إِلَّا الْبَلٰغُ ۗ( Kewajibanmu tidak lain hanyalah menyampaikan)
Yakni yang diperintahkan kepadamu untuk menyampaikannya, dan tidak ada tanggungan selain itu bagimu.

بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ(disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri)
Berupa dosa-dosa.

فَإِنَّ الْإِنسٰنَ كَفُورٌ(karena sesungguhnya manusia itu amat ingkar (kepada nikmat))
Ingkar terhadap nikmat yang telah Allah berikan, mereka melupakan kenikmatan yang telah lalu akibat musibah yang menimpa mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48. Jika menolak, lalu kenapa kami mengutusmu wahai rasul sebagai wakil bagi mereka, memperhatikan amal mereka, dan mendorong mereka menuju keimanan. Tidak lain kewajibanmu hanyalah menyampaikan risalah dan sungguh kamu telah menyampaikannya. Sesungguhnya jika kami menjadikan manusia merasakan rahmat dari Kami seperti kesehatan dan kesejahteraan, maka dia akan sombong dan takabur karenanya. Jika manusia tertimpa keburukan seperti cobaan berupa sakit, kefakiran, ketakutan atau kematian kekasih, maka itu akibat dari perbuatan mereka berupa dosa dan kesalahan. Sesungguhnya manusia itu mengabaikan dan melupakan nikmat, namun hanya mengingat cobaan tanpa mau berangan-angan tentang penyebabnya. Huruf In pada {in ‘alaika} adalah huruf negasi yang bermakna (maa), dan pengungkapan ayat menggunakan kata tangan adalah karena kebanyakan tindakan itu dilakukan dengan tangan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Jika mereka berpaling, maka Kami tidak mengutusmu sebagai pengawas bagi mereka} pengawas amal mereka sehingga kamu menghitung amal mereka {Kewajibanmu hanyalah menyampaikan. Sesungguhnya apabila Kami merasakan kepada manusia sedikit dari rahmat Kami} rahmat, seperti kekayaan dan kesehatan {dia gembira karenanya. Dan jika mereka ditimpa kesusahan} cobaan seperti sakit dan kefakiran {disebabkan perbuatan tangan mereka. Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar} sering ingkar terhadap nikmat Allah kepadanya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48. “jika mereka berpaling,” dari apa yang kalian bawa setelah adanya penjelasan yang lengkap, ”maka kami tidak mengutus kamu sebagai pengawas bagi mereka,” yang mengawasi perbuatan mereka dan kamu tidak akan diminta pertanggung jawaban atasnya. “kewajibanmu tidak lain hanyalah menyampaikan. ”maka jika kamu telah menyampaikan.” Maka jika kamu telah melaksanakan kewajibanmu, maka pahala untukmu sudah ditanggung Allah. Apakah mereka memenuhi seruanmu ataupun mereka berpaling, maka perhitungan mereka adalah menjadi tanggungan Allah yang menjaga amal perbuatan mereka, yang kecil maupun yang besar, yang nampak dan yang tidak nampak.
Kemudian Allah menjelaskan kondisi manusia, yaitu bahwa apabila ia dirasakan (diberi) oleh Allah suatu rahmat berupa kesehatan badan, rizki yang berlimpah, kedudukan atau lainnya, ”dia bergembira ria karenanya,” maksudnya, ia bergembira dengan kegembiraan yang hanya tebatas pada rahmat itu dan tidak melebihinya, dan temasuk konsekuensinya adalah merasa tenang karenanya dan berpaling dari sang pemberi kaunia.
“dan jika meeka ditimpa kesusahan,” seperti penyakit atau kemiskinan atau lainnya,”disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri, karena sesungguhnya manusia itu amat ingkar,” artinya, tabiatnya adalah mengingkari nikmat-nikmat yang terdahulu dan merasa murka terhadap kesusahan yang menimpanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 47-48
Setelah Allah menyebutkan apa yang terjadi di hari kiamat, berupa hal-hal yang mengerikan dan peristiwa-peristiwa yang agung dan dahsyat, Dia memperingatkan atas tibanya hari kiamat itu dan memerintahkan untuk mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Jadi Allah SWT berfirman: (Patuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya) yaitu apabila Allah memerintahkan terjadinya hari kiamat, maka terjadi dalam sekejap mata tanpa ada yang bisa menolak dan mencegahnya.
Firman Allah: (Kamu tidak memperoleh tempat berlindung pada hari itu dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu)) yaitu tidak ada suatu bentengpun yang dapat melindungi kalian dari kejadian itu, dan tidak ada suatu tempatpun yang menutupi kalian dari kejadiannya. Kalian tidak dapat menghilangkan jejak dirimu hingga lenyap dari penglihatanNya, bahkan Dia Maha Meliputi kalian melalui ilmuNya, pandanganNya, dan kekuasaanNya. Maka tidak ada tempat untuk berlindung bagi kalian dariNya kecuali hanya kepadaNya (pada hari itu manusia berkata, "Ke mana tempat lari?” (10) Sekali-kali tidak! Tidak ada tempat berlindung! (11) Hanya kepada Tuhanmu sajalah pada hari itu tempat kembali (12)) (Surah Al-Qiyamah) Firman Allah SWT: (Jika mereka berpaling) yaitu, orang-orang musyrik itu (maka Kami tidak mengutusmu sebagai pengawas bagi mereka) yaitu kamu bukanlah orang yang ditugaskan untuk menguasai mereka. Allah SWT berfirman: (Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, tetapi Allah-lah yang mendapat petunjuk (memberi taufik) siapa yang dikehendaki-Nya) (Surah Al-Baqarah: 272) dan (karena sesungguhnya tugasmu hanya menyampaikan saja, sedangkan Kamilah yang menghisab amalan mereka) (Surah Ar-Ra'd: 40) dan di sini Allah SWT berfirman: (Kewajibanmu tidak lain hanyalah menyampaikan (risalah)) yaitu sesungguhnya Kami menugaskan kamu hanya untuk menyampaikan risalah Kami kepada mereka.
Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya apabila Kami merasakan kepada manusia sesuatu rahmat dari Kami, dia bergembira ria karena rahmat itu) yaitu apabila manusia itu mendapat kemakmuran dan nikmat, maka dia bergembira dengan itu (Dan jika mereka) yaitu manusia (ditimpa kesusahan) yaitu musim kering, paceklik, musibah, dan kesengsaraan ((niscaya mereka ingkar) karena sesungguhnya manusia itu amat ingkar (kepada nikmat)) yaitu ingkar kepada nikmat dan kesenangan yang didapatkan, dan dia tidak mengenal kecuali hanya saat yang dijalani. Maka jika dia mendapatkan nikmat, maka menjadi angkuh dan sombong; dan jika tertimpa cobaan dan kemiskinan, maka dia putus asa.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Asy-Syura ayat 48: (Jika mereka berpaling) tidak mau mematuhi seruan-Nya itu (maka Kami tidak mengutus kamu sebagai pemelihara bagi mereka) sebagai orang yang memelihara amal perbuatan mereka, umpamanya kamu menjadi orang yang memperturutkan apa yang dikehendaki oleh mereka. (Tidak lain) tiada lain (kewajibanmu hanyalah menyampaikan risalah) hal ini sebelum ada perintah untuk berjihad. (Sesungguhnya apabila Kami merasakan kepada manusia sesuatu rahmat dari Kami) berupa nikmat seperti kekayaan atau kecukupan dan kesehatan (dia bergembira ria karena rahmat itu. Dan jika mereka ditimpa) Dhamir yang kembali kepada lafal Al-Insaan memandang kepada segi maknanya atau jenisnya (kesusahan) malapetaka atau musibah (disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri) disebabkan yang mereka lakukan; dalam ayat ini diungkapkan kata 'tangan mereka sendiri' karena kebanyakan pekerjaan manusia itu dilakukan oleh tangannya (karena sesungguhnya manusia itu amat ingkar) kepada nikmat yang telah diberikan kepadanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dari apa yang engkau bawa setelah menerangkan secara sempurna.

Yang menjaga dan menanyakan amal mereka.

Oleh karena itu, ketika kamu telah mengerjakan kewajibanmu, maka Allah akan memberimu pahala, baik mereka mengikuti atau tidak, dan hisab mereka terserah kepada Allah yang menjaga amal mereka besar maupun kecil, yang tampak maupun tersembunyi.

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan keadaan manusia, yaitu apabila Allah merasakan rahmat-Nya kepada mereka, seperti kesehatan, kekayaan, kedudukan, dsb.

Ia merasa tenteram dengannya dan berpaling dari yang memberi nikmat.

Seperti sakit, kefakiran, dsb.

Yakni tabiatnya sangat kufur kepada nikmat dan berkeluh kesah terhadap keburukan yang menimpanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syura Ayat 48

Jika mereka berpaling, yaitu tidak mau menerima seruanmu untuk beriman, maka ingatlah, wahai nabi Muhammad, kami tidak mengutus engkau sebagai pengawas bagi mereka dengan memaksa mereka untuk beriman dan tidak pula mengharuskan mereka menerima seruanmu sehingga mereka beriman. Kewajibanmu tidak lain hanyalah menyampaikan risalah dan seruan tuhanmu kepada mereka. Dan sungguh, apabila kami merasakan kepada manusia suatu rahmat, yaitu hal-hal yang menyenangkan dari kami, dia menyambutnya dengan gembira; tetapi jika sebaliknya mereka ditimpa kesusahan disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri, niscaya mereka ingkar. Sungguh, manusia itu salah satu sifatnya adalah sangat ingkar kepada nikmat. 49. Hanya milik Allah-lah kewenangan untuk penciptaan dan pengaturan kerajaan langit dan bumi dengan kekuasaan-Nya. Dia menciptakan apa yang dia kehendaki sesuai dengan kehendak-Nya, walaupun yang di ciptakannya itu enggan menerimanya, memberikan anak-anak ber jenis kelamin perempuan saja, tanpa anak laki-laki kepada siapa yang dia kehendaki, dan memberikan anak-anak berjenis kelamin laki-laki saja, tanpa anak-anak perempuan kepada siapa yang dia kehendaki. Demikianlah kekuasaan Allah kepada makhluk-Nya, tidak dapat mereka menolaknya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penjabaran dari para pakar tafsir terhadap kandungan dan arti surat Asy-Syura ayat 48 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita bersama. Dukung syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dikaji

Kaji banyak konten yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Ahzab 43, Al-Qalam, Ar-Rahman 33, Ali Imran 26-27, Ar-Ra’d 31, Al-Anbiya 19. Termasuk Al-‘Ashr 3, Al-Baqarah 285, Al-Hujurat 11, Al-Baqarah 282, An-Najm 39-42, Al-Baqarah 261.

  1. Al-Ahzab 43
  2. Al-Qalam
  3. Ar-Rahman 33
  4. Ali Imran 26-27
  5. Ar-Ra’d 31
  6. Al-Anbiya 19
  7. Al-‘Ashr 3
  8. Al-Baqarah 285
  9. Al-Hujurat 11
  10. Al-Baqarah 282
  11. An-Najm 39-42
  12. Al-Baqarah 261

Pencarian: وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون artinya, tulisan latin surat al lahab, surat an-nur ayat 4, lam yakunil lazi, ayat lima latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: