Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Mu’min Ayat 30

وَقَالَ الَّذِي آمَنَ يَا قَوْمِ إِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ مِثْلَ يَوْمِ الْأَحْزَابِ

Arab-Latin: Wa qālallażī āmana yā qaumi innī akhāfu 'alaikum miṡla yaumil-aḥzāb

Terjemah Arti: Dan orang yang beriman itu berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa (bencana) seperti peristiwa kehancuran golongan yang bersekutu.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Laki-laki yang beriman dari keluarga fir’aun itu berkata menasihati dan memperingatkan Fir’aun dan pengikutnya, “Sesungguhnya aku takut terhadap kalian bila kalian membunuh Musa, maka kalian akan ditimpa seperti hari al- Ahzab saat mereka bersekongkol melawan nabi-nabi mereka,

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

30. Orang yang beriman itu kemudian berkata: “Wahai kaumku, aku sungguh khawatir dan takut atas kalian terhadap tipu daya Fir’aun dan ajakannya untuk membunuh Musa, aku takut kalian akan menjadi seperti orang-orang terdahulu yang mendustakan dan mengingkari nabinya. Aku takut kalian akan ditimpa bencana dan kebinasaan sebagaimana yang telah mereka alami.”

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(Dan orang yang beriman itu berkata, "Hai kaumku! Sesungguhnya aku khawatir kalian akan ditimpa -bencana- seperti peristiwa kehancuran golongan yang bersekutu) yakni azab yang telah menimpa umat-umat terdahulu, golongan demi golongan.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Mengulang-ulang mendakwahi kaumnya dan tidak putus asa berusaha memberi petunjuk kepada mereka sebagaimana keadaan para da’i ilallah. Mereka senantiasa mengajak manusia kepada Tuhannya dan tidak menghalangi mereka orang yang menolaknya serta tidak melemahkan mereka sikap keras dari orang yang mereka dakwahi.

Mereka bersekutu untuk menentang para nabi.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan orang yang beriman dari pengikut fir'aun itu berkata, 'wahai kaumku! sesungguhnya aku khawatir jika kamu membinasakan musa, kamu akan ditimpa bencana seperti hari kehancuran golongan yang ber-sekutu yang memusuhi para nabi dan rasul. 31. Yakni seperti kebiasaan kaum nuh yang ditenggelamkan banjir besar, kaum ad yang dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin, kaum Samud yang dimusnahkan dengan gempa bumi yang dahsyat, dan orang-orang atau umat yang datang setelah mereka. Padahal Allah tidak menghendaki terjadi kezaliman sedikit pun terhadap hamba-hamba-Nya. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Mu’min Ayat 31 Arab-Latin, Surat Al-Mu’min Ayat 32 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Mu’min Ayat 33, Terjemahan Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 34, Isi Kandungan Surat Al-Mu’min Ayat 35, Makna Surat Al-Mu’min Ayat 36

Category: Surat Al-Mu'min

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!