Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Mu’min Ayat 31

مِثْلَ دَأْبِ قَوْمِ نُوحٍ وَعَادٍ وَثَمُودَ وَالَّذِينَ مِنْ بَعْدِهِمْ ۚ وَمَا اللَّهُ يُرِيدُ ظُلْمًا لِلْعِبَادِ

Arab-Latin: Miṡla da`bi qaumi nụḥiw wa 'ādiw wa ṡamụda wallażīna mim ba'dihim, wa mallāhu yurīdu ẓulmal lil-'ibād

Terjemah Arti: (Yakni) seperti keadaan kaum Nuh, 'Aad, Tsamud dan orang-orang yang datang sesudah mereka. Dan Allah tidak menghendaki berbuat kezaliman terhadap hamba-hamba-Nya.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

seperti kebiasaan kaum Nuh, Ad, Tsamud dan orang-orang yang datang sesudah mereka yang selalu mengingkari dan mendustakan, lalu Allah membinasakan mereka karena itu. Allah tidak ingin menzhalimi hamba-hambaNya lalu Dia mengazab mereka tanpa dosa yang mereka lakukan. Mahatinggi Allah dari kezhaliman dan kekurangan setinggi-tingginya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

31. Yaitu seperti halnya akibat yang timbul atas kekufuran, pendustaan dan kezaliman yang dilakukan umat terdahulu kepada nabi dan rasul mereka. Seperti yang terjadi pada kaum nabi Nuh, kaum ‘Ad, kaum Tsamud juga kaum setelah mereka yaitu kaum Luth. Allah tidak akan pernah menzalimi hamba-hamba-Nya, dan Allah tidak akan memberi hukuman tanpa sebab dosa-dosa yang telah dilakukan.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(-Yakni- seperti keadaan kaum Nuh, Ad, Tsamud dan orang-orang yang datang sesudah mereka) lafal Mitsli dalam ayat ini merupakan Badal atau pengganti keterangan dari lafal Mitsli yang sebelumnya, yang ada pada ayat di atas. Yakni, seperti pembalasan yang biasa menimpa orang-orang kafir sebelum kalian; mereka ditimpa azab di dunia. (Dan Allah tidak menghendaki berbuat kelaliman terhadap hamba-hamba-Nya.)

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yakni seperti kebiasaan mereka dalam kekafiran dan mendustakan, dan kebiasaan Alah terhadap mereka yang seperti itu adalah menghukum mereka di dunia sebelum menghukum mereka di akhirat.

Oleh karena itu, Dia tidak akan mengazab mereka tanpa dosa yang mereka kerjakan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Yakni seperti kebiasaan kaum nuh yang ditenggelamkan banjir besar, kaum ad yang dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin, kaum Samud yang dimusnahkan dengan gempa bumi yang dahsyat, dan orang-orang atau umat yang datang setelah mereka. Padahal Allah tidak menghendaki terjadi kezaliman sedikit pun terhadap hamba-hamba-Nya. '32. Orang yang beriman itu melanjutkan penjelasannya, 'dan sadarilah, wahai kaumku! sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan siksaan yang akan diturunkan pada hari saling memanggil, yakni ketika setiap orang berteriak meminta tolong.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Mu’min Ayat 32 Arab-Latin, Surat Al-Mu’min Ayat 33 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Mu’min Ayat 34, Terjemahan Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 35, Isi Kandungan Surat Al-Mu’min Ayat 36, Makna Surat Al-Mu’min Ayat 37

Category: Surat Al-Mu'min

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!