Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Shad Ayat 86

قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُتَكَلِّفِينَ

Arab-Latin: Qul mā as`alukum 'alaihi min ajriw wa mā ana minal-mutakallifīn

Terjemah Arti: Katakanlah (hai Muhammad): "Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas dakwahku dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Katakanlah (wahai rasul) kepada orang-orang musyrik dari kaummu, ‘aku tidak meminta upah atau balasan dari kalian atas dakwahku dan upayaku dalam membingbing kalian. Aku tidak mengakui sesuatu yang bukan hakku sebaliknya aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan ke padaku. Aku tidak memaksakan diri untuk mengira-ngira atau membuat kebohongan’.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

86. Katakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang musyrikin, “Aku tidak meminta kepada kalian upah atas nasihat yang aku sampaikan kepada kalian, aku juga bukan termasuk orang-orang yang memaksakan diri dengan menambahi apa yang diperintahkan kepadaku.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

86. قُلْ مَآ أَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ (Katakanlah (hai Muhammad): “Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas dakwahku)
Yakni aku tidak meminta dari kalian imbalan dari kalian atas seruanku kepada Allah dengan al-Qur’an dan wahyu lainnya.

وَمَآ أَنَا۠ مِنَ الْمُتَكَلِّفِينَ(dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan)
Sehingga aku mengatakan apa yang tidak aku ketahui, atau menyeru kalian kepada selain yang Allah perintahkan kepadaku.
Makna (التكلف) adalah membuat-buat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

86. katakanlah kepada kaummu hai Muhammad! Aku tidak memintai mbalan sedikitpun kepadamu atas turunnyaAl-Qur;an dan dakwah lainnya yang kau ajarkan pada mereka dan Aku bukanlah orang yang mengatakan Al-Qur’an dari versiKU, atau mengada-ada dalam dakwan kenabian dan kalam yang benar adalah milik Allah dan aku tidak mengetahui apapun.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(Katakanlah! "Aku tidak meminta kepada kalian atas hal ini) atas penyampaian risalah ini (upah sedikit pun) persenan sedikit pun dari kalian (dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan) maksudnya, membuat-buat Alquran dari diriku sendiri.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menerangkan dalilnya dan menjelaskan jalan yang lurus kepada mereka, Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyuruh Rasul-Nya untuk mengatakan seperti yang disebutkan dalam ayat di atas.

Yakni aku bukanlah orang yang mengaku memiliki sesuatu yang tidak aku miliki, dan aku tidak mengatakan sesuatu yang tidak aku ketahui, demikian pula aku tidak mengikuti selain yang telah diwahyukan kepadaku.

Masruq pernah berkata, “Kami datang kepada Abdullah bin Mas’ud, lalu ia berkata, “Wahai manusia, barang siapa yang mengetahui sesuatu maka katakanlah, namun barang siapa yang tidak mengetahui, ucapkanlah “Allahu a’lam” (Allah lebih mengetahui). Karena termasuk ilmu seseorang mengatakan terhadap sesuatu yang tidak diketahuinya, “Allahu a’lam”, Allah Azza wa Jalla berfirman kepada Nabi kalian, “Katakanlah (Muhammad), "Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas dakwahku dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang takalluf (membebani diri).”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Wahai nabi Muhammad, katakanlah kepada orang-orang kafir, 'aku diutus oleh Allah untuk mendakwahkan risalah dan aku tidak meminta imbalan atau upah sedikit pun kepadamu atasnya. Tugasku hanya-lah menyampaikan risalah dan Allah-lah yang akan memberiku upah atas tugas itu. Dan ketahuilah bahwa aku bukanlah termasuk orang yang mengada-ada dan suka membuat-buat. 87-88. Al-qur'an ini tidak lain hanyalah peringatan dari Allah. Allah memenuhinya dengan petunjuk bagi seluruh alam, baik jin maupun manusia, menuju jalan yang lurus dan menjadikannya pembeda antara yang hak dan yang batil. Dan sungguh, wahai orang-orang kafir, kamu akan mengetahui kebenaran beritanya setelah beberapa waktu lagi. Tidak lama lagi, entah di dunia atau akhirat, kamu akan mendapati kebenar-an isi Al-Qur'an, seperti janji dan ancaman Allah, kejadian di masa depan, dan hari kebangkitan. [].

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Shad Ayat 87 Arab-Latin, Surat Shad Ayat 88 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zumar Ayat 1, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zumar Ayat 2, Isi Kandungan Surat Az-Zumar Ayat 3, Makna Surat Az-Zumar Ayat 4

Category: Surat Shad

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Ayat 86 Surat Al Balad " Tugasmu Hanya Menyampaikan