Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 115

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلًا ۚ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab-Latin: Wa tammat kalimatu rabbika ṣidqaw wa 'adlā, lā mubaddila likalimātih, wa huwas-samī'ul-'alīm

Terjemah Arti: Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dialah yang Maha Mendenyar lagi Maha Mengetahui.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan telah sempurnalah kalimat tuhanmu, (yaitu al-qur’an) kalimat yang benar dalam berita-berita dan pernyataan-pernyataannya, dan adil dalam hukum-hukumnya. Tidak ada seorangpun yang mampu mengganti kalimat-kaliamatNya yang sempurna. Dan Allah Dialah yang maha mendengar semua apa yang diucapkan oleh para hambaNya, juga maha mengetahui urusan batin mereka dan urusan lahir mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

115. Dan Al-Qur`ān sebagai kitab yang paling benar dalam kata-katanya dan beritanya. Tidak ada yang dapat mengubah kalimat-kalimatnya. Dan Dia lah Rabb Yang Maha Mendengar ucapan hamba-hamba-Nya lagi Maha Mengetahuinya, sehingga tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengetahuan Nya. Dan Dia akan memberi mereka balasan bagi yang berusaha mengubah kalimat-kalimat-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

115. وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ (Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran))
Yakni Allah telah menyempurnakan janji dan ancaman-Nya serta telah menurunkan syariat-Nya sehingga jelaslah kebenaran dan sirnalah kebathilan.

صِدْقًا وَعَدْلًا ۚ (sebagai kalimat yang benar dan adil)
Yakni benar dalam berita-beritanya dan adil dalam perintah-perintah dan hukum-hukum-Nya.

لَّا مُبَدِّلَ لِكَلِمٰتِهِۦ ۚ (Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya)
Tidak ada penganti dan perubah atas hukum yang ditetapkan-Nya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

115 Kalimat Tuhanmu (Al-Quran) telah sempurna, syariat yang sempurna. Juga telah sempurna janji pertolongan Allah kepada Nabi-Nya, benar dalam khabar dan sebagai perintah dan hukum yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dialah yang Maha Mendengar kepada perkataan hamba-Nya lagi Maha Mengetahui atas kondisi hamba-Nya, serta Maha Memberi balasan atas segala amal.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dengan hukum-hukum dan janji-janji.

Berita-beritanya benar.

Perintah dan larangannya adil.

Terhadap semua perkataan.

Terhadap semua yang nampak maupun yang tersembunyi, yang lalu maupun yang akan datang.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Pada ayat ini Allah menandaskan kesempurnaan Al-Qur'an dari segi isinya. Dan telah sempurna firman tuhanmu, yakni Al-Qur'an, dengan benar dari segi pemberitaannya dan adil dari segi hukumnya. Dengan kata lain, ketetapan Allah dalam menolong rasul dan kaum mukmin dan menghinakan orang kafir telah bulat. Tidak ada yang dapat mengubah firman-Nya karena semua yang ada di dalam Al-Qur'an sudah benar-benar kukuh, tidak perlu ada perubahan. Inilah janji Allah untuk menjaga kemurnian Al-Qur'an. Dan dia maha mendengar terhadap segala ucapan-ucapan yang menipu, maha mengetahui apa yang ada di dalam hati seperti niat dan keinginan-keinginan. Setelah menjelaskan tentang kebenaran nabi Muhammad, Allah melarangnya untuk menghiraukan musuh-Musuhnya yang tidak mau tergerak untuk mengikuti petunjuk Allah. Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini yang memilih kesesatan daripada hidayah, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka yang tidak memiliki landasan yang kuat, hanya karena mengikuti hawa nafsu belaka yang terus membuai mereka, dan mereka hanyalah membuat kebohongan yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 116 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 117 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 118, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 119, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 120, Makna Surat Al-An’am Ayat 121

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!