Surat Al-An’am Ayat 115

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلًا ۚ لَّا مُبَدِّلَ لِكَلِمَٰتِهِۦ ۚ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Arab-Latin: Wa tammat kalimatu rabbika ṣidqaw wa 'adlā, lā mubaddila likalimātih, wa huwas-samī'ul-'alīm

Artinya: Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dialah yang Maha Mendenyar lagi Maha Mengetahui.

« Al-An'am 114Al-An'am 116 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Dengan Surat Al-An’am Ayat 115

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 115 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Ditemukan berbagai penjelasan dari banyak ulama tafsir berkaitan isi surat Al-An’am ayat 115, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan telah sempurnalah kalimat tuhanmu, (yaitu al-qur’an) kalimat yang benar dalam berita-berita dan pernyataan-pernyataannya, dan adil dalam hukum-hukumnya. Tidak ada seorangpun yang mampu mengganti kalimat-kaliamatNya yang sempurna. Dan Allah Dialah yang maha mendengar semua apa yang diucapkan oleh para hambaNya, juga maha mengetahui urusan batin mereka dan urusan lahir mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

115. Dan kalimat Allah telah menjadi kenyataan tentang apa yang dikabarkannya karena ia benar, dan telah sempurna hukum-hukum yang diperintahkan di dalamnya karena ia adil. Dan tidak ada seorangpun yang mampu mengubah kalimat dan hukum-hukum-Nya. Dia Maha Mendengar segala perkataan dan Maha Mengetahui segala perbuatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

115. Dan Al-Qur`ān sebagai kitab yang paling benar dalam kata-katanya dan beritanya. Tidak ada yang dapat mengubah kalimat-kalimatnya. Dan Dia lah Rabb Yang Maha Mendengar ucapan hamba-hamba-Nya lagi Maha Mengetahuinya, sehingga tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengetahuan Nya. Dan Dia akan memberi mereka balasan bagi yang berusaha mengubah kalimat-kalimat-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

115. وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ (Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran))
Yakni Allah telah menyempurnakan janji dan ancaman-Nya serta telah menurunkan syariat-Nya sehingga jelaslah kebenaran dan sirnalah kebathilan.

صِدْقًا وَعَدْلًا ۚ (sebagai kalimat yang benar dan adil)
Yakni benar dalam berita-beritanya dan adil dalam perintah-perintah dan hukum-hukum-Nya.

لَّا مُبَدِّلَ لِكَلِمٰتِهِۦ ۚ (Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya)
Tidak ada penganti dan perubah atas hukum yang ditetapkan-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

115 Kalimat Tuhanmu (Al-Quran) telah sempurna, syariat yang sempurna. Juga telah sempurna janji pertolongan Allah kepada Nabi-Nya, benar dalam khabar dan sebagai perintah dan hukum yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dialah yang Maha Mendengar kepada perkataan hamba-Nya lagi Maha Mengetahui atas kondisi hamba-Nya, serta Maha Memberi balasan atas segala amal.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Telah sempurna kalam Tuhanmu} telh selesai firman Tuhanmu {dengan kebenaran dan keadilan. Tidak ada yang dapat mengubah kalam-kalamNya} tidak ada yang bisa mengubah hukum-hukumNya dan tidak ada yang bisa membatalkan janjiNya {Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

115. Kemudian Allah menjelaskan perincianNya, Dia berfirman, “telah empurnh kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil.” Maksudnya benar dalam berita yang adil dalam perintah dan larangan. Tidak ada yang lebih benar daripada berita-berita Allah yang dimuat di dalam berita yang mulia ini, tidak ada yang lebih adil daripada perintah-perintah dan laranganNya. “ dengan bentuk kebenaran tertinggi dan dengan kebenaran paling mulia, maka tidak mungkin merubahnya dan tidak ada perdapat yang diusulkan yang lebih baik darinya.
“Dan Dia-lah yang Maha Mendengar” seluruh suara dengan bahasa yang berbeda-beda dan kepentingan yang bermacam-macam. “Lagi Maha Mengetahui,” Dzat Yang ilmuNya meliputi yang lahir, yang batin, yang lampau dan yang akan datang.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 114-115
Allah SWT berfirman kepada NabiNya SAW,"Katakanlah kepada orang-orang yang menyekutukan Allah itu" yang menyembah selain Dia (Maka patutkah aku mencari hakim selain dari Allah) yaitu antara aku dan kalian (padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al-Qur'an) kepada kalian dengan terperinci?) dengan memberi penjelasan (Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka) yaitu dari orang-orang Yahudi dan Nasrani (Mereka mengetahui bahwa Al-Qur'an itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya) yaitu melalui apa yang ada pada mereka berupa kabar gembira tentang dirimu dari para nabi terdahulu (Maka janganlah kalian sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu) sebagaimana firmanNya: (Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu. Sebab itu, janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu (94)) (Surah Yunus) Ini merupakan syarat, dan syarat itu tidak memberi keputusan tentang kejadiannya. Oleh karena itu disebutkan dalam hadits dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda: “Saya tidak ragu dan tidak akan bertanya”

Terkait firman Allah SWT: (Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil)
Qatadah berkata,”Benar dalam firmanNya dan adil dalam keputusanNya. Dia berfirman dengan benar dalam menyampaikan kabar, dan adil dalam memberikan tuntutan. Setiap hal yang Dia beritakan adalah kebenaran, tidak ada keraguan dan kebimbangan di dalamnya. dan setiap hal yang Dia perintahkan adalah sesuatu yang adil, sehingga tidak ada keadilan selain Dia. Serta setiap sesuatu yang Dia larang adalah kebathilan. Sesungguhnya Dia tidak melarang, melainkan karena adanya kerusakan, sebagaimana Allah berfirman: (yang menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar) (Surah Al-A'raf: 157),
(Tidak ada yang dapat mengubah-ubah kalimat-kalimatNya) yaitu tidak ada seorang pun yang mampu menghalangi ketentuanNya, tidak di dunia maupun di akhirat (dan Dialah Yang Maha Mendengar)
perkataan hamba-hambaNya (Maha Mengetahui) terhadap pergerakan dan keadaan diam mereka. Dzat yang akan membalas setiap orang sesuai amal perbuatannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-An’am ayat 115: Dengan hukum-hukum dan janji-janji.

Berita-beritanya benar.

Perintah dan larangannya adil.

Terhadap semua perkataan.

Terhadap semua yang nampak maupun yang tersembunyi, yang lalu maupun yang akan datang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 115

Pada ayat ini Allah menandaskan kesempurnaan Al-Qur'an dari segi isinya. Dan telah sempurna firman tuhanmu, yakni Al-Qur'an, dengan benar dari segi pemberitaannya dan adil dari segi hukumnya. Dengan kata lain, ketetapan Allah dalam menolong rasul dan kaum mukmin dan menghinakan orang kafir telah bulat. Tidak ada yang dapat mengubah firman-Nya karena semua yang ada di dalam Al-Qur'an sudah benar-benar kukuh, tidak perlu ada perubahan. Inilah janji Allah untuk menjaga kemurnian Al-Qur'an. Dan dia maha mendengar terhadap segala ucapan-ucapan yang menipu, maha mengetahui apa yang ada di dalam hati seperti niat dan keinginan-keinginan. Setelah menjelaskan tentang kebenaran nabi Muhammad, Allah melarangnya untuk menghiraukan musuh-Musuhnya yang tidak mau tergerak untuk mengikuti petunjuk Allah. Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini yang memilih kesesatan daripada hidayah, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka yang tidak memiliki landasan yang kuat, hanya karena mengikuti hawa nafsu belaka yang terus membuai mereka, dan mereka hanyalah membuat kebohongan yang tidak sesuai dengan kenyataan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penafsiran dari kalangan mufassir terhadap isi dan arti surat Al-An’am ayat 115 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Bantulah perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dilihat

Baca ratusan materi yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-An’am, Al-Fajr, Al-Baqarah 185, Ali Imran 190-191, Al-Maidah, Al-Balad. Termasuk Al-‘Adiyat, Juz al-Qur’an, Luqman 14, Al-Insyirah 5-6, Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 153.

  1. Al-An’am
  2. Al-Fajr
  3. Al-Baqarah 185
  4. Ali Imran 190-191
  5. Al-Maidah
  6. Al-Balad
  7. Al-‘Adiyat
  8. Juz al-Qur’an
  9. Luqman 14
  10. Al-Insyirah 5-6
  11. Ar-Ra’d 11
  12. Al-Baqarah 153

Pencarian: surah al maidah beserta artinya, surat at thalaq ayat 2 dan 3, an nisa 80, ali imran 77, hadits tentang bersyukur beserta arabnya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: