Surat Shad Ayat 87

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: In huwa illā żikrul lil-'ālamīn

Artinya: Al Quran ini tidak lain hanyalah peringatan bagi semesta alam.

« Shad 86Shad 88 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Surat Shad Ayat 87

Paragraf di atas merupakan Surat Shad Ayat 87 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan sekumpulan penafsiran dari beragam ahli tafsir terhadap makna surat Shad ayat 87, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Al-quran hanyalah peringatan bagi alam semesta, jin dan manusia, yang dengannya mereka mengetahui apa yang berguna bagi mereka terkait dengan kemaslahatan dunia dan agama mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

87-88. Al-Qur’an ini tidak lain adalah peringatan bagi seluruh jin dan manusia, agar mereka dapat mengingat apa yang bermanfaat bagi dalam agama mereka dan yang dapat memperbaiki keadaan urusan dunia mereka. Hai orang-orang beriman, kalian akan mengetahui kebenaran al-Qur’an saat Islam mendapat kemenangan dan manusia memeluk agama Islam secara berbondong-bondong, dan saat azab menimpa kalian dan kalian tidak dapat menyelamatkan diri ketika kalian telah melihat kabar-kabar al-Qur’an menjadi kenyataan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

87. Al-Qur`ān hanyalah peringatan kepada manusia dan jin yang dibebani kewajiban syariat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

87. إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعٰلَمِينَ (Al Quran ini tidak lain hanyalah peringatan bagi semesta alam)
Yakni tidaklah al-Qur’an ini atau apa yang aku serukan ini melainkan peringatan bagi seluruh makhluk.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

87. Al Qur’an ini tidak lain adalahpengingat dan nasihat bagi semua makhluk


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{(Al-Qur’an) ini tidak lain, kecuali peringatan} peringatan dan pelajaran {bagi alam semesta} bagi manusia dan jin


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

87. “ia tidak lain,” maksudnya, wahyu dan al-Quran ini “hanyalah peringatan bagi semesta alam,” yang dengannya mereka dapat mempelajari apa-apa yang bermanfaat bagi mereka dari berbagai maslahat agama dan dunia mereka. Maka dengan demikian, al-Quran menjadi kemuliaan dan pengangkat derajat manusia semuanya dan sebagai penegakkan hujjah atas orang-orang yang membangkang.
Dengan demikian, surat yang agung ini mengandung pelajaran yang sangat bijaksana, informasi yang agung, penegakkan hujjah dan argument terhadap orang-orang yang mendustakan al-Quran dan menentangnya, mendustakan nabi (Rasul) yang datang dengannya, informasi tentang hamba-hamba Allah yang tulus dan balasan bagi orang-orang yang bertakwa dan orang-orang melampaui batas. Maka dari itu Allah bersumpah pada awal surat ini bahwa al-Quran ini adalah pelajaran (peringatan) bagi semresta alam; dan di dalamnya Allah banyak sekali mengingatkan, seperti pada FirmanNya, “Dan ingatlah hamba Kami,” “dan ingatlah hamba-hamba Kami,” “sebagai rahmat dan peringatan dari Kami,” “ini adalah peringatan.”
Ya Allah, ajarkan kepada kami darinya apa yang belum kami ketahui dan ingatlah kepada kami apa yang kami lupa darinya karena kelalaian, kelupaan, dan pengabaian.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 86-88
Allah SWT berfirman,"Katakanlah, wahai Muhammad, kepada orang-orang musyrik itu bahwa tidaklah aku meminta kepada kalian atas risalah dan nasihat yang aku sampaikan kepada kalian suatu upah yang kalian berikan berupa harta dunia ini (dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan) yaitu aku tidak berkehendak sedikit pun dan menambahi apa yang diamanatkan Allah SWT kepadaku untuk menyampaikannya. Tetapi apa yang aku diperintahkan untuk menyampai­kannya, maka hal itu aku sampaikan dengan utuh tanpa ada penambahan atau pengurangan. Dan sesungguhnya aku menunaikan tugasku ini hanya menginginkan ridha Allah dan kebahagiaan di akhirat.
Diriwayatkan dari Masruq, dia berkata,”Kami mendatangi Abdullah bin Mas'ud. Maka dia berkata, "Wahai manusia, barangsiapa yang mengetahui sesuatu, maka hendaklah dia mengatakannya; dan barangsiapa yang tidak mengetahui, maka hendaklah dia mengatakan, “Allah lebih mengetahui” karena sesungguhnya termasuk ilmu jika seseorang tidak mengetahui sesuatu mengatakan, “Allah lebih Mengetahui" Sesungguhnya Allah SWT berfirman kepada nabi kalian: (Katakanlah, "Aku tidak meminta upah kepadamu atas dakwahku; dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan” (86))
Firman Allah SWT: (Al-Qur’an ini tidak lain hanyalah peringatan bagi alam semesta (87)) yaitu bagi semua orang yang diberi tanggung jawab dari kalangan manusia dan jin, Pendapat ini dikatakan Ibnu Abbas.
Ayat ini sebagaimana firmanNya: (supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur’an (kepadanya)) (Surah Al-An'am: 19) dan (Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al-Qur’an, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya) (Surah Hud: 17)
Firman Allah SWT: (Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al-Qur’an) yaitu beritanya benar (setelah beberapa waktu lagi) yaitu sebentar lagi. Qatadah berkata yaitu setelah mati,
Ikrimah berkata yaitu pada hari kiamat nanti. Tidak pertentangan antara kedua pendapat ini, karena sesungguhnya orang yang telah mati maka sungguh itu secara hukum telah memasuki kiamat.
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al-Qur’an setelah beberapa waktu lagi (88)) Al-Hasan berkata, "Wahai anak cucu nabi Adam, di saat kematian mendatangimu, maka berita yang meyakinkan akan datang kepadamu"
Segala puji bagi Allah.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Shad ayat 87: (Tiada lain ini) Alquran ini (hanyalah peringatan) yakni nasihat dan peringatan (bagi semesta alam) maksudnya bagi jenis manusia, jin dan makhluk-makhluk yang berakal selain malaikat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni Al Qur’an merupakan pengingat terhadap sesuatu yang bermanfaat bagi mereka baik yang terkait dengan maslahat dunia maupun agama, sehingga Al Quran merupakan peninggi keadaan alam semesta dan sebagai hujjah bagi mereka yang tetap menentang padahal mengetahui.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Shad Ayat 87

87-88. Al-qur'an ini tidak lain hanyalah peringatan dari Allah. Allah memenuhinya dengan petunjuk bagi seluruh alam, baik jin maupun manusia, menuju jalan yang lurus dan menjadikannya pembeda antara yang hak dan yang batil. Dan sungguh, wahai orang-orang kafir, kamu akan mengetahui kebenaran beritanya setelah beberapa waktu lagi. Tidak lama lagi, entah di dunia atau akhirat, kamu akan mendapati kebenar-an isi Al-Qur'an, seperti janji dan ancaman Allah, kejadian di masa depan, dan hari kebangkitan. []87-88


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjabaran dari beragam ahli tafsir terkait kandungan dan arti surat Shad ayat 87 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi ummat. Sokonglah usaha kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dilihat

Kaji ratusan konten yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Isra 27, Al-Bayyinah 5, Bersyukur, Ali ‘Imran 31, Luqman, Yunus 40. Termasuk Yunus, Al-A’raf 26, Ali ‘Imran 14, Al-Hujurat 6, Ad-Dhuha 3, Al-‘Ankabut 57.

  1. Al-Isra 27
  2. Al-Bayyinah 5
  3. Bersyukur
  4. Ali ‘Imran 31
  5. Luqman
  6. Yunus 40
  7. Yunus
  8. Al-A’raf 26
  9. Ali ‘Imran 14
  10. Al-Hujurat 6
  11. Ad-Dhuha 3
  12. Al-‘Ankabut 57

Pencarian: surat al hujurat ayat 15, annisa 157, quran surat al baqarah ayat 172, surat an nisa ayat 42, an nisa ayat 84

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: