Surat Al-‘Ankabut Ayat 55

يَوْمَ يَغْشَىٰهُمُ ٱلْعَذَابُ مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ وَيَقُولُ ذُوقُوا۟ مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Yauma yagsyāhumul-'ażābu min fauqihim wa min taḥti arjulihim wa yaqụlu żụqụ mā kuntum ta'malụn

Artinya: Pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka dan Allah berkata (kepada mereka): "Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan".

« Al-'Ankabut 54Al-'Ankabut 56 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Berkaitan Surat Al-‘Ankabut Ayat 55

Paragraf di atas merupakan Surat Al-‘Ankabut Ayat 55 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah menarik dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penjelasan dari para pakar tafsir terkait makna surat Al-‘Ankabut ayat 55, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Pada Hari Kiamat, siksaan Neraka Jahanam akan mengepung orang-orang kafir dari sisi atas kepala mereka, dan dari arah bawah kaki-kaki mereka. Api neraka melingkupi mereka dari segenap sisi mereka. Pada saat itu, Allah berfirman kepada mereka, “Rasakanlah balasan apa yang telah kalian perbuat di dunia yaitu perbuatan syirik kepada Allah dan tindakan kejahatan serta dosa-dosa.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. Pada hari di saat siksa mengepung mereka dari atas mereka dan menjadi kasur bagi mereka dari arah bawah kaki mereka, dan Allah berfirman kepada mereka sebagai bentuk celaan atas mereka, “Rasakanlah balasan dari syirik dan kemaksiatan yang pernah kalian lakukan.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. يَوْمَ يَغْشَىٰهُمُ الْعَذَابُ مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ (pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka)
Yakni mereka terkepung dari segala arah, dan jika azab telah mengepung seperti ini maka berarti mereka telah terkepung oleh Jahannam.

وَيَقُولُ ذُوقُوا۟ مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ(dan Allah berkata (kepada mereka): “Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan”)
Yang mengatakan kalimat ini adalah Allah, atau sebagian malaikat atas perintah Allah.
Yakni rasakanlah balasan atas kekafiran dan kemaksiatan yang telah kalian perbuat.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. Pada hari mereka ditimpa dan ditutup oleh azab dari segala penjuru mereka yaitu dari atas dan bawah kaki mereka. Dikatakan kepada mereka: “Rasakanlah balasan atas sesuatu yang kalian lakukan dan kalian tidak bisa lari dari Kami”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55. “pada hari mereka ditiup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka dan Allah berkata kepada mereka, ’rasakanlah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan’,” karena amal perbuatan kalian akan berubah menjadi azab terhadap kalian, dan kalian akan diliputi azab sebagaimana kekafiran dan dosa-dosa telah meliputi kalian.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 53-55
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kebodohan orang-orang musyrik karena mereka meminta agar azab Allah disegerakan untuk menimpa mereka, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan (ingatlah) ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata,"Ya Allah, jika betul (Al-Qur'an) ini dialah yang benar dari sisiMu, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih” (32)) (Surah Al-Anfal) Allah SWT berfirman di sini: (Dan mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Kalau tidaklah karena waktu yang telah ditetapkan, benar-benar telah datang azab kepada mereka) yaitu seandainya tidak ada ketetapan dari Allah untuk menangguhkan azabNya sampai hari kiamat, pasti akan datang kepada mereka azab dariNya dalam waktu dekat dan cepat sebagaimana yang mereka minta. Kemudian Allah SWT berfirman: (dan azab itu benar-benar akan datang kepada mereka dengan tiba-tiba) yaitu secara tiba-tiba (sedangkan mereka tidak menyadarinya (53) Mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Dan sesungguhnya Jahannam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir (54)) yaitu mereka meminta agar azab disegerakan, padahal azab itu pasti akan menimpa mereka.
Kemudian Allah SWT berfirman: (pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka) sebagaimana firman Allah SWT: (Mereka mempunyai tikar-tikar dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka)) (Surah Al-A'raf: 41), (Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah mereka pun lapisan-lapisan (dari api)) (Surah Az-Zumar: 16) dan (Andaikan orang-orang kafir itu mengetahui waktu (di mana) mereka itu tidak mampu mengelakkan api neraka dari muka mereka dan (tidak pula) dari punggung mereka) (Surah Al-Anbiya’: 39),. Maka api itu menutupi mereka dari segala arah. Ungkapan lebih jelas dalam menunjukkan siksaan yang mereka alami.
Firman Allah SWT: (dan Allah berkata (kepada mereka), "Rasakanlah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan”) ancaman, kecaman, dan cemoohan. Ini merupakan azab secara maknawi dalam perkara yang sama. Sebagaimana firmanNya: ((Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka dengan muka di bawah; (Dikatakan kepada mereka), "Rasakanlah sentuhan api neraka” (48) Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran (49)) (Surah Al-Qamar)


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-‘Ankabut ayat 55: Allah menjelaskan bahwa adzab ini akan meliputi kafir pada hari kiamat dari seluruh penjuru, mereka akan tertutupi dengan adzab, yang terdapat api di atas mereka dan bawah mereka, kemudian Allah berkata : Rasakanlah atas apa yang telah kalian perbuat dari kesyirikan, maksiat, kedustaan, olok-olok dan ketergesa-gesaan atas meminta adzab.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Amal mereka berubah menjadi azab, dan azab itu menutupi mereka sebagaimana kekafiran dan kemaksiatan menutupi diri mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-‘Ankabut Ayat 55

Demikianlah gambaran azab bagi orang-orang kafir, yaitu pada hari ketika azab menutup dan menimpa mereka dari atas dan dari bawah kaki mereka, bahkan dari segala arah. Dan Allah berkata kepada mereka, 'rasakanlah azab ini sebagai balasan atas apa yang telah kamu kerjakan, berupa kekafiran dan kemusyrikan!'56. Setelah rangkaian ayat-ayat sebelumnya menggambarkan sikap dan perlakuan buruk orang-orang kafir mekah kepada kaum muslim, terutama yang duafa, ayat-ayat berikut memerintahkan agar mereka berhijrah meski harus meninggalkan harta benda dan sanak saudara mereka. Wahai hamba-hamba-ku yang beriman! jika kamu tidak lelusa beribadah kepada Allah karena mendapat ancaman dan teror dari kaum kafir, berhijrahlah ke daerah lain yang lebih aman. Sungguh, bumi-ku luas, maka sembahlah aku semata dan janganlah takut sebab aku-lah yang memenuhi kebutuhan hamba-ku. Aku pula yang menentukan hidup dan mati mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjelasan dari para ulama berkaitan makna dan arti surat Al-‘Ankabut ayat 55 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita bersama. Dukunglah usaha kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dibaca

Kami memiliki ratusan materi yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 133, Al-Ahzab 21, Ar-Ra’d, Al-Jumu’ah 9, Al-Infithar, Al-Baqarah 30. Termasuk Ali ‘Imran 134, Az-Zariyat 56, Al-Isra 1, Al-Baqarah 2, Al-Isra 23-24, Al-Baqarah 186.

  1. Ali ‘Imran 133
  2. Al-Ahzab 21
  3. Ar-Ra’d
  4. Al-Jumu’ah 9
  5. Al-Infithar
  6. Al-Baqarah 30
  7. Ali ‘Imran 134
  8. Az-Zariyat 56
  9. Al-Isra 1
  10. Al-Baqarah 2
  11. Al-Isra 23-24
  12. Al-Baqarah 186

Pencarian: at tahrim ayat 5, surat yasin dan, doa berbuka puasa telah hilang dahaga, surat al imran ayat 105, latin an nas

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.