Surat Al-‘Ankabut Ayat 54

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَسْتَعْجِلُونَكَ بِٱلْعَذَابِ وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمُحِيطَةٌۢ بِٱلْكَٰفِرِينَ

Arab-Latin: Yasta'jilụnaka bil-'ażāb, wa inna jahannama lamuḥīṭatum bil-kāfirīn

Artinya: Mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Dan sesungguhnya Jahannam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir,

« Al-'Ankabut 53Al-'Ankabut 55 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Surat Al-‘Ankabut Ayat 54

Paragraf di atas merupakan Surat Al-‘Ankabut Ayat 54 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan mendalam dari ayat ini. Ditemukan bermacam penafsiran dari banyak pakar tafsir terkait makna surat Al-‘Ankabut ayat 54, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan mereka meminta kepadamu untuk disegerakan turunnya siksaan pada mereka di dunia, padahal siksaan itu pasti akan mendatangi mereka tanpa keraguan padanya, bisa di dunia dan bisa di akhirat. Dan sesungguhnya siksaan Neraka Jahanam di akhirat itu benar-benar meliputi mereka, tidak ada tempat lari bagi mereka darinya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

54. Mereka minta untuk disegerakan siksa yang engkau janjikan kepada mereka, dan sesungguhnya neraka Jahanam yang telah Allah janjikan untuk orang-orang yang kafir pasti meliputi mereka, hingga mereka tidak bisa lari dari siksanya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

54. يَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمُحِيطَةٌۢ بِالْكٰفِرِينَ (Mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Dan sesungguhnya Jahannam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir)
Yakni Jahannam akan mengepung mereka sebentar lagi, sebab sesuatu yang akan datang itu tidak akan lama kedatangannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

54. Mereka memintamu untuk mempercepat azab dunia. Katakanlah kepada mereka wahai Nabi: “Sesunggunya azab akhirat pasti akan datang dan sesungguhnya neraka Jahannam sungguh meliputi orang-orang kafir pada hari kiamat.”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

54. demikianlah, dan jika azab duniawi itu tidak turun menimpa mereka, maka sesungguhnya di hadapan mereka ada azab ukhrawi yang tidak seorang pun dari mereka yang lolos darinya, baik yang sudah ditimpa azab di dunia terlebih dahulu maupun yang ditangguhkan, maka “sesungguhnya jahanam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir,” mereka tidak mempunyai tempat menghindar atau tempat melepaskan diri darinya. Jahanam itu telah mengepung mereka dari segala sisi sebagaimana dosa-dosa, kejahatan dan kekafiran telah meliputi mereka. Azab itu adalah azab yang sangat dahsyat.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 53-55
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kebodohan orang-orang musyrik karena mereka meminta agar azab Allah disegerakan untuk menimpa mereka, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan (ingatlah) ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata,"Ya Allah, jika betul (Al-Qur'an) ini dialah yang benar dari sisiMu, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih” (32)) (Surah Al-Anfal) Allah SWT berfirman di sini: (Dan mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Kalau tidaklah karena waktu yang telah ditetapkan, benar-benar telah datang azab kepada mereka) yaitu seandainya tidak ada ketetapan dari Allah untuk menangguhkan azabNya sampai hari kiamat, pasti akan datang kepada mereka azab dariNya dalam waktu dekat dan cepat sebagaimana yang mereka minta. Kemudian Allah SWT berfirman: (dan azab itu benar-benar akan datang kepada mereka dengan tiba-tiba) yaitu secara tiba-tiba (sedangkan mereka tidak menyadarinya (53) Mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. Dan sesungguhnya Jahannam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir (54)) yaitu mereka meminta agar azab disegerakan, padahal azab itu pasti akan menimpa mereka.
Kemudian Allah SWT berfirman: (pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka) sebagaimana firman Allah SWT: (Mereka mempunyai tikar-tikar dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka)) (Surah Al-A'raf: 41), (Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah mereka pun lapisan-lapisan (dari api)) (Surah Az-Zumar: 16) dan (Andaikan orang-orang kafir itu mengetahui waktu (di mana) mereka itu tidak mampu mengelakkan api neraka dari muka mereka dan (tidak pula) dari punggung mereka) (Surah Al-Anbiya’: 39),. Maka api itu menutupi mereka dari segala arah. Ungkapan lebih jelas dalam menunjukkan siksaan yang mereka alami.
Firman Allah SWT: (dan Allah berkata (kepada mereka), "Rasakanlah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan”) ancaman, kecaman, dan cemoohan. Ini merupakan azab secara maknawi dalam perkara yang sama. Sebagaimana firmanNya: ((Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka dengan muka di bawah; (Dikatakan kepada mereka), "Rasakanlah sentuhan api neraka” (48) Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran (49)) (Surah Al-Qamar)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-‘Ankabut ayat 54: Bagaimana mereka bisa meminta untuk disegerakan kepada Nabi Allah ﷺ dengan adzab, sedangkan adzab tersebut pasti akan datang kepada mereka, tidak mungkin tidak. Sungguh adzab akan meliputi mereka orang-orang kafir yang menolak dan sombong dari segala penjuru, mereka tidak akan dapat memerangi adzab tersebut, tidak juga ada yang menolong bagi mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Oleh karena itu, mereka tidak dapat meloloskan diri darinya karena Jahanam mengepung mereka sebagaimana dosa dan kekafiran mengepung diri mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-‘Ankabut Ayat 54

Sekali lagi mereka meminta kepadamu wahai nabi Muhammad, sebagai bentuk ejekan dan ketidakpercayaan mereka terhadap kera-sulanmu, agar segera diturunkan azab. Mereka lupa bahwa azab itu pasti akan datang. Seandainya tidak datang di dunia, azab itu akan menimpa mereka di akhirat dalam bentuk yang lebih besar. Itulah nereka jahanam. Dan sesungguhnya neraka jahanam itu pasti meliputi orang-orang kafir. Jahanam akan datang dari segala arah sehingga mereka tidak mampu menghindar. 55. Demikianlah gambaran azab bagi orang-orang kafir, yaitu pada hari ketika azab menutup dan menimpa mereka dari atas dan dari bawah kaki mereka, bahkan dari segala arah. Dan Allah berkata kepada mereka, 'rasakanlah azab ini sebagai balasan atas apa yang telah kamu kerjakan, berupa kekafiran dan kemusyrikan!'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjabaran dari beragam mufassirun terkait makna dan arti surat Al-‘Ankabut ayat 54 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita. Support perjuangan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Sering Dikaji

Nikmati berbagai halaman yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Az-Zariyat 56, Al-Jumu’ah 9, Al-Baqarah 186, Ali ‘Imran 134, Ar-Ra’d, Al-Isra 23-24. Serta Al-Baqarah 2, Ali ‘Imran 133, Al-Ahzab 21, Al-Infithar, Al-Baqarah 30, Al-Isra 1.

  1. Az-Zariyat 56
  2. Al-Jumu’ah 9
  3. Al-Baqarah 186
  4. Ali ‘Imran 134
  5. Ar-Ra’d
  6. Al-Isra 23-24
  7. Al-Baqarah 2
  8. Ali ‘Imran 133
  9. Al-Ahzab 21
  10. Al-Infithar
  11. Al-Baqarah 30
  12. Al-Isra 1

Pencarian: yasiin latin, qs an nahl 90, surat ar rad 28, surah wal asr, al insyiqaq ayat 16

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: