Surat Al-‘Ankabut Ayat 62


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

اللَّهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Arab-Latin: Allāhu yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u min 'ibādihī wa yaqdiru lah, innallāha bikulli syai`in 'alīm

Terjemah Arti: Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Allah melapangkan rizki bagi siapa saja yang dikehendakiNya dari makhlukNya dan menyempitkannya bagi orang-orang yang lain dari mereka, karena Allah mengetahui apa yang terbaik untuk kemaslahat hamba-hamba-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu tentang keadaan-keadaan dan urusan-urusan kalian. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagiNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

62. Allah melapangkan rezeki bagi hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, dan menyempitkannya bagi yang dikehendaki-Nya, karena suatu himah yang hanya diketahui oleh-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun yang luput dari-Nya, maka tidak luput darinya tindakan apa yang baik bagi hamba-hamba-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

62. اللهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥٓ ۚ (Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya)
Yakni rezeki yang lapang atau sempit itu berasal dari Allah, Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki sesuai dengan hikmah-Nya yang dalam.

إِنَّ اللهَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ (Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu)
Yang mengetahui apa yang baik dan yang buruk bagi hamba-hamba-Nya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

62. Allah melapangkan rejeki bagi hambaNya yang dikehendaki sebagai ujian dan menyempitkan rejeki bagi orang yang dikehendaki sebagai cobaan. Sesungguhnya Allah atas segala sesuatu itu Maha Mengetahui dan Maha Luas ilmuNya. Dia memberi dan mencegah (rejeki) sesuai hikmah dan kemaslahatannya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ketahuilah bahwa Allahlah yang meluaskan yang terkunci, Allahlah yang meluaskan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dari hamba-Nya, Allah juga yang menyempitkan bagi siapa yang dikehendaki dari hamba-Nya, semuanya itu dengan hikmah dari-Nya, mau luas maupun sempit, keduanya terdapat hikmah dan pelajaran, sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Sebagai ujian.

Sebagai ujian.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah pula yang melapangkan rezeki, baik material maupun nonmaterial, bagi orang yang dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, dan dia pula yang membatasi baginya semata demi kemaslahatan hamba-Nya itu. Sungguh, Allah maha mengetahui segala sesuatu, antara lain, mana bentuk pekerjaan yang memberi maslahat atau tidak, juga rezeki mana yang maslahat dan yang tidak maslahat. 63. Allah kembali menunjukkan bukti kebodohan orang kafir karena tidak mau menggunakan akal mereka untuk membuktikan wujud dan keesaan-Nya. Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka, 'siapakah yang menurunkan air dari langit lalu dengan air itu dihidupkan-Nya bumi yang sudah mati'' pasti mereka akan menjawab, 'Allah. ' katakanlah, wahai nabi Muhammad, 'segala puji bagi Allah' bahwa mereka mengakui kebenaran hal tersebut, tetapi kebanyakan mereka tidak mengerti atau tidak mau mempelajari bahwa tidak ada kontradiksi di alam ini; segalanya berjalan dengan teratur.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-‘Ankabut Ayat 63 Arab-Latin, Surat Al-‘Ankabut Ayat 64 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Ankabut Ayat 65, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Ankabut Ayat 66, Isi Kandungan Surat Al-‘Ankabut Ayat 67, Makna Surat Al-‘Ankabut Ayat 68

Category: Surat Al-'Ankabut


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!