Surat Al-‘Ankabut Ayat 22


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ ۖ وَمَا لَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

Arab-Latin: Wa mā antum bimu'jizīna fil-arḍi wa lā fis-samā`i wa mā lakum min dụnillāhi miw waliyyiw wa lā naṣīr

Terjemah Arti: Dan kamu sekali-kali tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di bumi dan tidak (pula) di langit dan sekali-kali tiadalah bagimu pelindung dan penolong selain Allah.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan kalian (wahai sekalian manusia) tidak akan mampu melemahkan Allah di muka bumi dan di langit, jika kalian bermaksiat kepadaNya. Dan kalian tidaklah mempunyai pelindung selain Allah yang menangani urusan-urusan kalian. Dan tidak ada penolong yang menolong kalian dari Allah jika Dia menghendaki keburukan pada kalian.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22. Dan kalian tidaklah bisa meninggalkan Rabb kalian dan tidak pula mampu menghindar dari siksa-Nya di bumi maupun di langit, dan kalian tidaklah mempunyai pelindung selain Allah yang mengurusi segala urusan kalian dan tidak pula kalian mempunyai penolong selain Allah yang mampu menghindarkan kalian dari siksa-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

22. وَمَآ أَنتُم بِمُعْجِزِينَ فِى الْأَرْضِ وَلَا فِى السَّمَآءِ ۖ (Dan kamu sekali-kali tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di bumi dan tidak (pula) di langit)
Tidak ada penduduk bumi yang dapat melemahkan-Nya di bumi, dan tidak ada penduduk langit yang dapat melemahkan-Nya di langit jika mereka bermaksiat kepada-Nya.
Quthrub berpendapat bahwa makna ayat ini adalah kalian tidak akan dapat lemahkan-Nya baik di bumi maupun di langit seandainya kalian di langit.

وَمَا لَكُم مِّن دُونِ اللهِ مِن وَلِىٍّ (dan sekali-kali tiadalah bagimu pelindung selain Allah)
Yang dapat melindungi kalian.

وَلَا نَصِيرٍ(dan tidak pula penolong)
Yang dapat menolong dan membela kalian dari azab Allah.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

22. Wahai para pendusta yang suka menyangkal, kalian tidak akan bisa menghalangi Allah untuk menangkap kalian di bumi dan di langit. Kalian juga tidak memiliki penolong selain Allah yang dapat membantu urusan kalian dan melindungi kalian serta penyelamat yang menyelamatkan kalian dari azabNya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ketahuilah bagi kalian yang mendustakan hari kebangkitan, sungguh kalian tidak akan dapat melemahkan Allah dan dapat lepas dari Allah di bumi maupun di langit, tiada bagi kalian penolong serta menjaga kalian dari adzab Allah. Pengingkaran kalian akan hari kebangkitan menunjukkan atas peperangan kalian dengan adzab Allah dan hisab-Nya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Wahai orang-orang yang mendustakan dan yang berani berbuat maksiat!

Janganlah kamu kira bahwa kamu akan dibiarkan, atau kamu dapat melemahkan Allah, dan janganlah kamu tertipu oleh kemampuanmu bahwa kamu dapat meloloskan diri dari azab Allah. Sesungguhnya kamu tidak dapat meloloskan diri dari-Nya di tempat mana pun di alam semesta ini, karena alam ini milik Allah Subhaanahu wa Ta'aala.

Waliy juga bisa diartikan pengurus, yakni bahwa kamu tidak memiliki pengurus yang mengurusmu terhadap hal yang bermaslahat bagimu baik dalam hal agama maupun dunia selain Allah.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Jangan duga akan dapat menghindar dari siksa-Nya, karena ketika itu tidak ada kekuasaan selain kuasa-Nya dan kamu wahai para pendurhaka sama sekali tidak dapat melepaskan diri dari siksa yang ditetapkan Allah, baik kamu berada di bumi maupun berada di langit, dan tidak ada pelindung yang dapat menghalangi siksa Allah dan penolong bagimu yang dapat meringankan siksa yang ditetapkan itu selain Allah. 23. Harapan mereka untuk meraih surga pupus, dan orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah, baik yang terbentang di alam raya maupun yang tertulis dalam kitab suci, dan mengingkari pertemuan dengan-Nya, yakni pada hari kebangkitan, mereka itu sungguh telah berputus asa dari rahmat-ku ketika menyaksikan azab yang telah disediakan bagi mereka, dan mereka itu akan mendapat azab yang pedih.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-‘Ankabut Ayat 23 Arab-Latin, Surat Al-‘Ankabut Ayat 24 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Ankabut Ayat 25, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Ankabut Ayat 26, Isi Kandungan Surat Al-‘Ankabut Ayat 27, Makna Surat Al-‘Ankabut Ayat 28

Category: Surat Al-'Ankabut


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!