Surat An-Naml Ayat 78


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

إِنَّ رَبَّكَ يَقْضِي بَيْنَهُمْ بِحُكْمِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْعَلِيمُ

Arab-Latin: Inna rabbaka yaqḍī bainahum biḥukmih, wa huwal-'azīzul-'alīm

Terjemah Arti: Sesungguhnya Tuhanmu akan menyelesaikan perkara antara mereka dengan keputusan-Nya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya Tuhanmu akan memutuskan perkara di antara orang-orang yang berselisih dari kalangan Bani Israil dan orang-orang selain mereka dengan keputusan hukumNya terhadap mereka, di mana Dia akan memberikan hukuman kepada orang yang batil dan memberikan balasan baik kepada orang yang berbuat baik. Dan Dia-lah Dzat Yang MahaPerkasa Yang selalu mengalahkan, maka keputusanNya tidak tertolak, juga Maha Mengetahui maka tidak samar bagiNya antara kebenaran dengan kebatilan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

78. Sesungguhnya Rabbmu -wahai Rasul- akan mengadili di antara manusia -baik yang beriman maupun yang kafir- pada hari Kiamat dengan hukum-Nya yang adil, maka Dia merahmati orang yang beriman dan menyiksa orang yang kafir, dan Dia Maha Perkasa yang membalas setiap musuh-musuh-Nya dan tidak ada seorang pun yang bisa mengalahkan-Nya, Maha Mengetahui yang tidak kabur bagi-Nya mana yang benar dan mana yang batil.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

78. إِنَّ رَبَّكَ يَقْضِى بَيْنَهُم بِحُكْمِهِۦ ۚ (Sesungguhnya Tuhanmu akan menyelesaikan perkara antara mereka dengan keputusan-Nya)
Yakni Allah memberi keputusan pada Bani Israil yang saling berselisih dengan keputusan yang benar, dengan memberi pahala bagi pihak yang benar dan memberi hukuman bagi pihak yang salah.
Pendapat lain mengatakan bahwa Allah akan memutuskan perkara di antara mereka di dunia sehingga kandungan kitab yang mereka ubah akan tampak.

وَهُوَ الْعَزِيزُ الْعَلِيمُ(dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui)
Yakni Yang tidak terkalahkan dan mengetahui keputusan yang Dia berikan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

78. Sesungguhnya Tuhanmu akan menyelesaikan perkara antara kelompok Bani Israil dan lainnya dengan keputusan-Nya yang benar dan adil. Dia Maha memberi hukuman kepada orang-orang yang berbuat kesalahan. Maha Mencukupi terhadap orang yang berbuat kebaikan. Dia Maha Perkasa lagi Maha Kuasa , tidak ada yang tidak mampu Allah kuasai. Juga Maha Mengetahui atas segala keadaan makhluk-Nya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan akan menghukumi di antara orang –orang yang berselisih, dan juga di antara orang-orang yang berdebat dengan hukum dan ketetapan yang adil, Dialah Allah yang maha suci, yang maha gagah, yang menguasai di mana tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya, maha mengetahui segala sesuatu dengan bentuk sebenaarnya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Di antara orang-orang yang berselisih.

Segala masalah yang di sana terdapat kesamaran antara orang-orang yang berselisih karena samarnya dalil atau sebagian maksudnya, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menerangkan pada hari itu yang benarnya ketika Allah memberikan keputusan.

Dia mengalahkan semua makhluk, sehingga mereka semua tunduk.

Segala sesuatu, termasuk ucapan orang-orang yang berselisih, apa yang muncul dari mereka, tujuan dan maksudnya, dan Dia akan memberikan balasan kepada masing-masing sesuai ilmu-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Perselisihan itu diakhiri dengan datangnya putusan tuhan. Sungguh, tuhan pemeliharamu nabi Muhammad yang akan menyelesaikan perkara yang diperselisihkan di antara mereka dengan hukum-Nya yang selalu bersifat adil dan bijaksana, dan dia mahaperkasa yang tidak seorang pun dapat menolak putusan-Nya, maha mengetahui yang tidak samar bagi-Nya antara kebenaran dan kebatilan. -.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 79 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 80 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 81, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 82, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 83, Makna Surat An-Naml Ayat 84

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!