Surat An-Naml Ayat 56


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

۞ فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ إِلَّا أَنْ قَالُوا أَخْرِجُوا آلَ لُوطٍ مِنْ قَرْيَتِكُمْ ۖ إِنَّهُمْ أُنَاسٌ يَتَطَهَّرُونَ

Arab-Latin: Fa mā kāna jawāba qaumihī illā ang qālū akhrijū āla lụṭim ming qaryatikum innahum unāsuy yataṭahharụn

Terjemah Arti: Maka tidak lain jawaban kaumnya melainkan mengatakan: "Usirlah Luth beserta keluarganya dari negerimu; karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang (mendakwakan dirinya) bersih".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maka tidak ada jawaban dari kaum Luth kepada Luth kecuali perkataan sebagian dari mereka kepada sebagian lainnya, “Usirlah keluarga Luth dari negeri kalian. Sesungguhnya mereka itu kumpulan orang yang tidak mau menggauli lelaki.” Orang-orang itu mengatakan hal itu kepada kawan-kawannya sebagai bentuk olokan terhadap mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

56. Maka kaumnya tidak mempunyai jawaban kecuali ucapan mereka, “Usirlah keluarga Lūṭ dari negerimu, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang senantiasa menjaga diri dari kotoran-kotoran dan najis-najis.” Mereka mengucapkan hal itu sebagai bentuk olok-olok terhadap keluarga Lūṭ -'alaihissalām- yang tidak mau ikut serta bersama mereka dalam perbuatan nista yang mereka lakukan, tapi justru keluarga Lūṭ -'alaihissalām- mengingkari perbuatan yang mereka lakukan itu.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

56. إِنَّهُمْ أُنَاسٌ يَتَطَهَّرُونَ (karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang (mendakwakan dirinya) suci)
Yakni menyucikan diri dari dubur para lelaki. Mereka mengatakan ini sebagai olokan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. Maka jawaban kaum Luth tidak lain adalah: "Usirlah Luth beserta keluarganya dari negerimu; karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang (mendakwakan dirinya) bersih, dan tidak nyaman dengan perbuatan kita". Mereka mengatakan itu dengan maksud mencela

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Mereka tidaklah memiliki jawaban kecuali hanya berkata sebagian mereka atas sebagian yang lain : Keluarkan Luth dan siapa yang beriman kepadanya dari negeri kalian. Kemudian berkata pengolok-olok : Sungguh mereka hanyalah orang-orang yang ingin mensucikan perbuatan mereka dan mengotorinya, yaitu mereka tidak merasa memiliki aib kecuali merasa diri mereka suci dan menuntut untuk disucikan (dibenarkan atas perbuatannya). Inilah keadaan kebanyakan zaman dan tempat yang menjadikan keistiqamahan, hidayah, kesucian dan kebaikan sebagai aib (keburukan) bagi orang-orang yang keluar dari ketaatan (kepada Allah).

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Seakan-akan ada yang berkata, “Apa alasan yang mengharuskan kamu mengusir mereka (Luth dan keluarganya)?”

Perkataan kaum Luth kepada sesamanya ini merupakan ejekan terhadap Luth dan orang-orang beriman kepadanya, karena Luth dan orang-orang yang bersamanya tidak mau mengerjakan perbuatan mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Teguran nabi lut tidak digubris sedikit pun oleh kaumnya, bahkan mereka menganggapnya sebagai teguran yang tidak wajar untukditanggapi, karena itu jawaban kaumnya tidak lain hanya dengan mengatakan kepada sesama yang durhaka, 'usirlah lut dan keluarganya yakni pengikut-pengikutnya dari negeri tempat tinggalmu; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang terus menerus menganggap dirinya suci sehingga tidak sudi ikut bersama kita. '57. Maka kami selamatkan dia dan keluarganya serta para pengikutnya dari siksa yang akan menimpa, kecuali istrinya. Kami telah menentukan dan mentakdirkan akibat kedurhakaannya bahwa dia termasuk orang-orang yang tertinggal yakni berada dalam azab dan binasa bersama orang-orang kafir.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 57 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 58 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 59, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 60, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 61, Makna Surat An-Naml Ayat 62

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!