Surat An-Naml Ayat 52

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ خَاوِيَةًۢ بِمَا ظَلَمُوٓا۟ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Fa tilka buyụtuhum khāwiyatam bimā ẓalamụ, inna fī żālika la`āyatal liqaumiy ya'lamụn

Artinya: Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu (terdapat) pelajaran bagi kaum yang mengetahui.

« An-Naml 51An-Naml 53 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Terkait Surat An-Naml Ayat 52

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 52 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir menarik dari ayat ini. Tersedia sekumpulan penjabaran dari beragam mufassirun terhadap makna surat An-Naml ayat 52, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Itu adalah tempat-tempat tinggal mereka yang kosong, tidak ada seorang pun dari mereka di sana. Allah membinasakan mereka disebabkan tindak kezhaliman mereka terhadap diri mereka sendiri dengan perbuatan syirik dan mendustakan nabi mereka. Sesungguhnya dalam peristiwa pengahancuran dan pembinasaan itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mengetahui apa yang telah Kami perbuat terhadap mereka itu. Dan itu adalah ketetapan Kami terhadap orang-orang yang mendustakan rasul-rasul.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

52. Maka itulah rumah-rumah mereka yang dinding-dindingnya telah runtuh dari atap-atapnya dan telah ditinggalkan penghuninya disebabkan kezaliman mereka. Sesungguhnya dalam azab yang ditimpakan kepada mereka akibat kezaliman mereka tersebut terdapat pelajaran bagi kaum yang beriman, sebab merekalah yang bisa mengambil pelajaran dari ayat-ayat Allah.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ خَاوِيَةًۢ (Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh)
Yakni kosong dari pemiliknya, runtuh tak berpenghuni.

بِمَا ظَلَمُوٓا۟ ۗ( disebabkan kezaliman mereka)
Yakni akibat kezaliman mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Maka seperti itulah, rumah-rumah mereka runtuh disebabkan kezaliman mereka sendiri. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi kaum yang mau berkoreksi diri, berfikir dan yang mengetahui kekuasaan Kami sehingga mereka mendapat pelajaran


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Itulah rumah-rumah mereka yang kosong} kosong {akibat kezaliman mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda} pelajaran {bagi kaum yang mengetahui


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52 “maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh,” dinding-dindingnya telah roboh menutupi atapnya, sepi dari penghuninya dan kosong dari orang-orang yang mengunjunginya, “disebabkan kezhaliman mereka,” maksudnya, itu adalah akibat kezhaliman dan kesyirikan mereka terhadap Allah serta kecongkakan mereka di muka bumi. “sesungguhnya pada yang demikian itu (terdapat) pelajaran bagi kaum yang mengetahui,” kenyataan-kenyataan, dan mereka merenungkan balasan Allah terhadap para waliNya dan musuh-musuhNya sehingga mereka dapat mengambil pelajaran darinya; serta mereka mengetahui bahwa kesudahan perbuatan zhalim adalah kebinasaan dan kehancuran; sedangkan kesudahan keimanan dan keadilan adalah keselamatan dan kemenangan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-53
Allah SWT memberitahukan kejahatan kaum Tsamud dan para pemimpin mereka yang merupakan orang-orang yang mengajak kaumnya menuju kesesatan, kekufuran dan mendustakan Shalih. Akhirnya mendorong mereka kepada keadaan untuk menyembelih unta betina itu, dan mereka berniat untuk membunuh nabi Shalih juga. Mereka berniat membunuhnya di rumah keluarganya di malam hari, lalu mereka membunuhnya dengan diam-diam, kemudian mereka mengatakan kepada para ahli warisnya dari kerabatnya bahwa mereka tidak mengetahui kejadian itu. Maka sesungguhnya mereka akan membenarkan apa yang mereka sampaikan itu bahwa mereka tidak mengetahui apa-apa tentang hal itu. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan adalah di kota itu) yaitu kota kaum Tsamud (terdapat sembilan orang laki-laki) yaitu sembilan kelompok (yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan) yaitu hanya orang yang mewakili perkara kaum Tsamud, karena mereka adalah para pemimpin dan pembesar mereka.
Firman Allah SWT: (Mereka berkata, "Bersumpahlah kalian dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hari”) yaitu mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membunuh nabi Shalih dan orang-orang yang mereka jumpai bersamanya di malam hari dengan sembunyi-sembunyi. Maka Allah membalas tipu daya mereka dan menjadikan mereka sendiri yang terjerumus ke dalam perangkap mereka.
Mujahid berkata bahwa mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membinasakan nabi Shalih. Lalu mereka tidak bisa sampai kepada nabi Shalih sampai mereka binasa dan seluruh kaum mereka.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 52: Lihatlah wahai Nabi Allah kepada rumah-rumah orang-orang jahat tersebut yang padanya ada salah satu di antara mereka tinggal, telah Kami hancurkan seluruhnya karena sebab kedzaliman mereka terhadap diri-diri mereka dengan kesyirikan, dan karena pengingkaran mereka kepada nabi mereka, serta penolakan akan ayat-ayat Allah. Ketahuilah bahwa pada kisah ini terdapat tanda-tanda yang nyata, juga pelajaran yang jelas bagi orang-orang yang mengetahui secara hakiki dan melihat keadaan dari para pendusta, maka mereka mengambil nasihat dan pelajaran.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dinding-dindingnya roboh menimpa atapnya, penghuninya telah tiada dan tidak ada lagi yang singgah di sana.

Inilah akibat kezaliman mereka, berupa syirk kepada Allah, mendustakan nabi mereka dan melakukan berbagai kemaksiatan.

Pembinasaan dan penghancuran mereka.

Bisa juga diartikan, “terdapat pelajaran.” Itu adalah sunatullah terhadap orang-orang yang mendustakan.

Mereka memikirkan peristiwa-peristiwa yang dialami para wali-Nya dan musuh-musuh-Nya. Mereka mengetahui, bahwa akibat dari perbuatan zalim adalah kehancuran dan kebinasaan, dan bahwa akibat iman dan keadilan adalah keselamatan dan kemenangan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 52

Allah membinasakan mereka melalui suara yang mengguntur (lihat: surah hud/11: 67), kemudian gempa yang dahsyat (lihat: surah al-a'r'f/7: 78) yang menghancurkan. Demikian pula pada ayat ini, Allah menggambarkan kehancuran mereka. Maka itulah rumah-rumah mereka yang runtuh, luluh lantak karena kezaliman mereka, yaitu penentangan mereka terhadap ajakan nabi saleh untuk bertobat dan berbuat baik. Apa yang terjadi pada kaum nabi saleh adalah pelajaran yang sangat berguna. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mengetahui. Apa yang dikatakan oleh Allah, baik janji maupun ancaman, adalah benar adanya, pasti akan menjadi kenyataan, bukan main-main. 53. Kemudian Allah menjelaskan nasib dari nabi shaleh dan pengikutnya. Dan kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Keimanan dan ketakwaan akan membawa keberuntungan bagi pelakunya baik dunia maupun akhirat, karena itulah kehendak Allah pada manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjelasan dari banyak ahli ilmu terkait isi dan arti surat An-Naml ayat 52 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita semua. Bantu kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dikunjungi

Baca berbagai topik yang terbanyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 186, Al-Infithar, Al-Isra 1, Al-Baqarah 30, Ali ‘Imran 133, Al-Jumu’ah 9. Ada juga Ar-Ra’d, Al-Ahzab 21, Al-Baqarah 2, Az-Zariyat 56, Ali ‘Imran 134, Al-Isra 23-24.

  1. Al-Baqarah 186
  2. Al-Infithar
  3. Al-Isra 1
  4. Al-Baqarah 30
  5. Ali ‘Imran 133
  6. Al-Jumu’ah 9
  7. Ar-Ra’d
  8. Al-Ahzab 21
  9. Al-Baqarah 2
  10. Az-Zariyat 56
  11. Ali ‘Imran 134
  12. Al-Isra 23-24

Pencarian: hudallinnas artinya, ay yusuf, surah al mu'minun ayat 97-98, kuntum khairu ummah, al fatihah dan latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: