Surat An-Naml Ayat 51

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ููŽูฑู†ุธูุฑู’ ูƒูŽูŠู’ููŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽูฐู‚ูุจูŽุฉู ู…ูŽูƒู’ุฑูู‡ูู…ู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽุง ุฏูŽู…ู‘ูŽุฑู’ู†ูŽูฐู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู…ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนููŠู†ูŽ

Arab-Latin: Fanแบ“ur kaifa kฤna 'ฤqibatu makrihim annฤ dammarnฤhum wa qaumahum ajma'ฤซn

Artinya: Maka perhatikanlah betapa sesungguhnya akibat makar mereka itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya.

ยซ An-Naml 50 โœต An-Naml 52 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Dengan Surat An-Naml Ayat 51

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 51 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penjelasan dari banyak mufassir terhadap kandungan surat An-Naml ayat 51, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka perhatikanlah (wahai Rasul) dengan pandangan yang seksama terhadap akibat penghianatan sekelompok orang itu terhadap Nabi mereka Shaleh. Sesungguhnya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

51-53. Hai Rasulallah, lihatlah Bagaimana akibat tipu daya mereka itu? Kami membinasakan sembilan orang jahat dan kaum mereka yang kafir. Dan tempat tinggal mereka yang jauh dari keamanan dan keimanan ini sepi dari para penduduknya akibat kekafiran mereka.

Sungguh pada siksaan itu terdapat tanda yang jelas atas kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mengikuti kebenaran dalam membalas orang-orang yang jahat. Dan Kami menyelamatkan orang-orang beriman yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

51. Maka perhatikanlah -wahai Rasul- bagaimana akibat makar dan tipu daya mereka itu? Bahwasanya Kami membinasakan mereka dengan azab Kami, sehingga mereka semua pun binasa dan tidak tersisa seorang pun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

51. ุฃูŽู†ูŽู‘ุง ุฏูŽู…ูŽู‘ุฑู’ู†ูฐู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู…ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนููŠู†ูŽ (bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya)
Allah membinasakan sembilan orang tersebut dan juga membinasakan kaum mereka yang tidak ikut secara langsung pembunuhan itu, sehingga tidak ada yang selamat seorangpun dari mereka dari siksaan itu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

51. Maka perhatikanlah wahai Nabi, betapa besarnya akibat perbuatan makar yang mereka terima itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka yaitu sembilan orang yang telah disebut dan kaum mereka semuanya. Kami binasakan mereka dengan pekikan Jibril dan lemparan batu kepada mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Perhatikanlah bagaimana akibat tipu daya mereka. Sesungguhnya Kami membinasakan mereka dan semua kaumnya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

51 โ€œmaka perhatikanlah bagaimana akibat makar mereka itu,โ€ apakah niat jahat mereka tercapai dan apakah dengan makar itu mereka mendapat apa yang mereka inginkan? Atau malah makar itu menimpa mereka sendiri?! Oleh karenanya Allah berfirman,โ€bahwasannya kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya,โ€ kami membinasakan mereka dan kami memusnahkan mereka sehabis-habisnya. Mereka ditimpa suara pekikan azab sehingga mereka binasa sampai musnah semuanya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-53
Allah SWT memberitahukan kejahatan kaum Tsamud dan para pemimpin mereka yang merupakan orang-orang yang mengajak kaumnya menuju kesesatan, kekufuran dan mendustakan Shalih. Akhirnya mendorong mereka kepada keadaan untuk menyembelih unta betina itu, dan mereka berniat untuk membunuh nabi Shalih juga. Mereka berniat membunuhnya di rumah keluarganya di malam hari, lalu mereka membunuhnya dengan diam-diam, kemudian mereka mengatakan kepada para ahli warisnya dari kerabatnya bahwa mereka tidak mengetahui kejadian itu. Maka sesungguhnya mereka akan membenarkan apa yang mereka sampaikan itu bahwa mereka tidak mengetahui apa-apa tentang hal itu. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan adalah di kota itu) yaitu kota kaum Tsamud (terdapat sembilan orang laki-laki) yaitu sembilan kelompok (yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan) yaitu hanya orang yang mewakili perkara kaum Tsamud, karena mereka adalah para pemimpin dan pembesar mereka.
Firman Allah SWT: (Mereka berkata, "Bersumpahlah kalian dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hariโ€) yaitu mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membunuh nabi Shalih dan orang-orang yang mereka jumpai bersamanya di malam hari dengan sembunyi-sembunyi. Maka Allah membalas tipu daya mereka dan menjadikan mereka sendiri yang terjerumus ke dalam perangkap mereka.
Mujahid berkata bahwa mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membinasakan nabi Shalih. Lalu mereka tidak bisa sampai kepada nabi Shalih sampai mereka binasa dan seluruh kaum mereka.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 51: Lihatlah wahai Nabi Allah kepada akhir dari mereka orang-orang jahat, serta tempat kembali mereka atas rencana dan makar mereka, apakah mereka samapai akan keinginan mereka ?! Apakah mereka meraih keinginan mereka ?! Mereka akan mendapatkan banyak ujian (dalam menjalankan makar mereka),maka Allah porak-porandakan mereka dan kaum mereka yang kafir seluruhnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dengan mengambil pelajaran, โ€œApakah maksud dan tujuan mereka tercapai?โ€

Datang kepada mereka suara keras sebagai azab dan mereka dibinasakan semuanya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 51

Maka perhatikanlah bagaimana akibat dari tipu daya mereka, bahwa kami, sesuai dengan kehendak kami dan cara kami, telah memutuskan untuk membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya, karena dosa-dosa mereka. 52. Allah membinasakan mereka melalui suara yang mengguntur (lihat: surah hud/11: 67), kemudian gempa yang dahsyat (lihat: surah al-a'r'f/7: 78) yang menghancurkan. Demikian pula pada ayat ini, Allah menggambarkan kehancuran mereka. Maka itulah rumah-rumah mereka yang runtuh, luluh lantak karena kezaliman mereka, yaitu penentangan mereka terhadap ajakan nabi saleh untuk bertobat dan berbuat baik. Apa yang terjadi pada kaum nabi saleh adalah pelajaran yang sangat berguna. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mengetahui. Apa yang dikatakan oleh Allah, baik janji maupun ancaman, adalah benar adanya, pasti akan menjadi kenyataan, bukan main-main.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjelasan dari para mufassirun berkaitan isi dan arti surat An-Naml ayat 51 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk ummat. Bantulah usaha kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dibaca

Kaji banyak materi yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Isra 1, Al-Isra 23-24, Al-Ahzab 21, Ar-Ra’d, Ali ‘Imran 134, Az-Zariyat 56. Serta Al-Baqarah 30, Al-Infithar, Al-Baqarah 2, Al-Baqarah 186, Ali ‘Imran 133, Al-Jumu’ah 9.

  1. Al-Isra 1
  2. Al-Isra 23-24
  3. Al-Ahzab 21
  4. Ar-Ra’d
  5. Ali ‘Imran 134
  6. Az-Zariyat 56
  7. Al-Baqarah 30
  8. Al-Infithar
  9. Al-Baqarah 2
  10. Al-Baqarah 186
  11. Ali ‘Imran 133
  12. Al-Jumu’ah 9

Pencarian: surah hajj, robbisrohli sodri wayassirli amri arab, almaidah ayat 48 beserta artinya, kata arab bersyukur, arti al fajr

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: