Surat An-Naml Ayat 38


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

قَالَ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ أَيُّكُمْ يَأْتِينِي بِعَرْشِهَا قَبْلَ أَنْ يَأْتُونِي مُسْلِمِينَ

Arab-Latin: Qāla yā ayyuhal-mala`u ayyukum ya`tīnī bi'arsyihā qabla ay ya`tụnī muslimīn

Terjemah Arti: Berkata Sulaiman: "Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sulaiman berkata kepada makhluk-makhluk yang Allah tundukkan baginya dari bangsa jin dan manusia, “Siapakah di antara kalian yang sanggup membawakan kepadaku singgasana kerajaannya yang besar sebelum mereka datang kepadaku dalam keadaan tunduk lagi taat?”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

38. Lalu Sulaiman -'alaihissalām- berkata memerintahkan para pemuka kerajaannya, "Wahai para pembesar! Siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasana kerajaannya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri".

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

38. قَالَ (Berkata Sulaiman)
Sulaiman berkata.

يٰٓأَيُّهَا الْمَلَؤُا۟ أَيُّكُمْ يَأْتِينِى بِعَرْشِهَا(Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku)
Yakni singgasana Bilqis yang telah disebutkan bahwa singgasana itu sangat besar.

قَبْلَ أَن يَأْتُونِى مُسْلِمِينَ(sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri)
Sulaiman mendapat wahyu dari Allah bahwa mereka akan mendatanginya dengan berserah diri. Atau Sulaiman memprediksinya lewat keadaan yang terjadi.
Terdapat pendapat mengatakan bahwa Sulaiman hendak mengambil singgasana Bilqis untuk menunjukkan kepadanya kekuatan yang Allah berikan kepadanya sehingga itu menjadi bukti atas kenabiannya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

38. Lalu ketika tahu bahwa Bilqis dan kaumnya datang, Sulaiman berkata: "Hai para pembesar, siapakah di antara kalian yang sanggup membawa singgasana Bilqis kepadaku, sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” Sulaiman ingin menunjukkan beberapa mukjizat tanda kenabian kepada mereka

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Berkata Sulaiman kepada mereka sekumpulan jin dan manusia : Siapa yang di antara kalian mampu mendatangkan kepadaku kerajaan ini (bilqis) dengan berserah diri dan terhina sebelum aku berdiri (dari singgasanaku) ?!

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Melihat kesungguhan nabi sulaiman yang akan menyerang kerajaannya, akhirnya ratu balqis menuruti apa yang diperintahkan oleh sulaiman. Berangkatlah sang ratu dan pengikutnya dari yaman menuju palestina. Namun sebelum ratu balqis sampai di palestina, nabi sulaiman, mengadakan sayembara terlebih dahulu. Dia sulaiman berkata, 'wahai para pembesar! siapakah di antara kamu yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku menyerahkan diri'' nabi sulaiman mendengar akan kemewahan singgasana ratu balqis. Dan balqis sangat bangga dengan singgasananya itu. Dia ingin melakukan kejutan terhadap ratu balqis, sebagai bagian dari taktik pamer kekuatan sebagai bukti akan kekuasaannya yang jauh lebih besar dari kekuasaan ratu balqis. 39. Mendengar seruan nabi sulaiman, 'ifrit dari golongan jin menawarkan diri dan berkata, "wahai sulaiman, akulah yang akan membawanya yaitu singgasana ratu balqis itu, kepadamu sebelum engkau berdiri dari tempat dudukmu; yaitu antara pagi hari sampai siang, untuk mengurusi rakyat dan seluk beluk kerajaan. Dan sungguh, aku kuat melakukannya dan dapat dipercaya, tidak akan melakukan tindakan yang tidak terpuji. ".

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 39 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 40 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 41, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 42, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 43, Makna Surat An-Naml Ayat 44

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!