Surat An-Naml Ayat 26


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ ۩

Arab-Latin: Allāhu lā ilāha illā huwa rabbul-'arsyil-'aẓīm

Terjemah Arti: Allah, tiada Tuhan Yang disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai 'Arsy yang besar".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

25-26. Setan menjadikan mereka memandang baik terhadap perbuatan-perbuatan mereka (yang buruk) itu, agar mereka tidak bersujud kepada Allah Yang telah mengeluarkan hal-hal yang tersembunyi lagi tertutupi di langit dan di bumi seperti hujan, tanaman dan lain sebagainya. Dan Dia mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan apa yang kalian tampakkan. Allah, Dia-lah Dzat Yang tiada sesembahan yang berhak diibadahi selainNya yang pantas untuk disembah. Dia Tuhan yang mempunyai Arasy yang agung yang merupakan makhluk yang paling besar.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

26. Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai Arasy yang besar".

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

26. اللهُ لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ (Allah, tiada Tuhan Yang disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai ‘Arsy yang besar”.)
Allah menyebutkan ‘arsy karena ia adalah makhluk yang paling besar sebagaimana disebutkan dalam hadits marfu’.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

26. Allah, Yang tiada Tuhan Yang patut disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai ´Arsy yang besar, dikhususkan sebab “Arsy adalah ciptaan paling agung sebagaimana disebutkan dalam hadis marfu’ nabi Muhammad SAW. Kami mengimaninya tanpa membayangkannya dan menyerupakannya. Disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah setelah selesai membaca al arsyil adhim untuk pembaca maupun pendengar

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan bahwasanya tidak ada yang berhak di ibadahi kecuali Dia, dan bahwasanya Dialah Tuhan pemilik arsy yang agung, yang Dialah maha besar dari makhluk-Nya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Karena Dia memiliki sifat-sifat sempurna, dan karena nikmat-nikmat yang diberikan-Nya menghendaki agar hanya menyembah kepada-Nya saja.

Yang merupakan atap seluruh makhluk. Pemilik ‘Arsy tersebut adalah Raja Yang besar kekuasaan-Nya, yang berhak diruku’i dan disujudi, Dia menyelamatkan Hud-hud ketika ia menyampaikan berita besar ini, dan Nabi Sulaiman pun merasa takjub mengapa hal ini bisa samar bagi-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

"dialah Allah, tidak ada tuhan yang wajib dan patut disembah melainkan dia. Dialah tuhan yang mempunyai 'arsy dan bersemayam di atas singgasana-Nya yang agung. ' 27. Mendengar laporan dari burung hudhud, dia, sulaiman, berkata, dengan nada memperingatkan, 'akan kami lihat, apa kamu benar terhadap apa yang engkau katakan, atau termasuk yang berdusta. ".

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 27 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 28 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 29, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 30, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 31, Makna Surat An-Naml Ayat 32

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!