Surat An-Naml Ayat 25


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

أَلَّا يَسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي يُخْرِجُ الْخَبْءَ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُخْفُونَ وَمَا تُعْلِنُونَ

Arab-Latin: Allā yasjudụ lillāhillażī yukhrijul-khab`a fis-samāwāti wal-arḍi wa ya'lamu mā tukhfụna wa mā tu'linụn

Terjemah Arti: Agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

25-26. Setan menjadikan mereka memandang baik terhadap perbuatan-perbuatan mereka (yang buruk) itu, agar mereka tidak bersujud kepada Allah Yang telah mengeluarkan hal-hal yang tersembunyi lagi tertutupi di langit dan di bumi seperti hujan, tanaman dan lain sebagainya. Dan Dia mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan apa yang kalian tampakkan. Allah, Dia-lah Dzat Yang tiada sesembahan yang berhak diibadahi selainNya yang pantas untuk disembah. Dia Tuhan yang mempunyai Arasy yang agung yang merupakan makhluk yang paling besar.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25. Setan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan syirik dan maksiat mereka; agar mereka tidak menyembah Allah semata, Żat Yang mengeluarkan apa yang tersimpan di langit berupa air hujan, dan yang Dia pendam di bumi berupa tetumbuhan, dan Dia mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan nampakkan berupa amal perbuatan, serta tidak ada satu amal pun yang luput dari-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

25. أَلَّا يَسْجُدُوا۟ (agar mereka tidak menyembah Allah)
Yakni setan membisikkan mereka “janganlah kalian menyembah Allah.” Pendapat lain mengatakan maknanya adalah setan menghiasi perbuatan yang mereka lakukan agar mereka tidak menyembah Allah.

الَّذِى يُخْرِجُ الْخَبْءَ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ (Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi)
Yakni menampakkan apa yang tersembunyi pada keduanya, yaitu air hujan dari langit dan tumbuhan dari bumi.
Terdapat pendapat mengatakan yang dimaksud dengan sesuatu yang terpendam di bumi adalah harta karun, tanaman, dan sumber-sumber air yang ada di dalamnya. Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah rahasianya.

وَيَعْلَمُ مَا تُخْفُونَ وَمَا تُعْلِنُونَ (dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan)
Yakni Allah menyingkapkan apa yang tersembunyi dalam diri manusia dengan ilmu-Nya sebagaimana Dia menampakkan apa yang tersembunyi pada langit dan bumi.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

25. Para setan mengatakan bahwa amal mereka adalah amal indah agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit seperti menampakkan bintang dan hujan. Juga yang ada di bumi dengan menumbuhkan tumbuhan dan rezeki. Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Hud-hud berkata : Sungguh setan telah menghiasi amalan-amalan mereka, sampai-sampai mereka meninggalkan sujud kepada Allah saja tanpa menyekutukan-Nya; Di mana Allah yang menampakkan apa yang tersembunyi dan tak kasat mata apa yang ada di langit dan di bumi seperti hujan, pertanian, tumbuhan, hewan-hewan melata dan Dialah yang mengetahui apa yang tersembunyi dalam dada-dada kalian, dan yang kalian tampakkan.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Seperti menurunkan hujan dari langit, menumbuhkan tanam-tanaman, mengeluarkan logam, minyak bumi dari bumi, mengeluarkan orang-orang yang mati dari bumi (untuk dibangkitkan dan diberikan balasan), dsb.

Dalam hatimu.

Dengan lisanmu.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

"mereka juga tidak menyembah Allah yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit seperti air hujan dan di bumi seperi menumbuhkan tanam-tanaman, dan yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dalam hatimu dan yang kamu nyatakan dengan perkataanmu. 26. "dialah Allah, tidak ada tuhan yang wajib dan patut disembah melainkan dia. Dialah tuhan yang mempunyai 'arsy dan bersemayam di atas singgasana-Nya yang agung. '

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 26 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 27 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 28, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 29, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 30, Makna Surat An-Naml Ayat 31

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!