Surat An-Naml Ayat 13


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

فَلَمَّا جَاءَتْهُمْ آيَاتُنَا مُبْصِرَةً قَالُوا هَٰذَا سِحْرٌ مُبِينٌ

Arab-Latin: Fa lammā jā`at-hum āyātunā mubṣiratang qālụ hāżā siḥrum mubīn

Terjemah Arti: Maka tatkala mukjizat-mukjizat Kami yang jelas itu sampai kepada mereka, berkatalah mereka: "Ini adalah sihir yang nyata".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Tatkala mukjizat-mukjizat tersebut telah datang kepada mereka dengan nyata lagi jelas yang dengan itu orang-orang yang menyaksikannya dapat mengetahui kebenaran kandungan yang ditunjukkan oleh mukjizat-mukjizat tersebut, mereka berkata, “Ini adalah sihir yang nyata lagi jelas.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

13. Maka tatkala mukjizat-mukjizat Kami itu sampai kepada mereka dalam keadaan jelas nan nyata, mereka berkata, "Apa yang dibawa oleh Musa berupa mukjizat-mukjizat ini hanyalah sihir yang nyata".

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. فَلَمَّا جَآءَتْهُمْ ءَايٰتُنَا مُبْصِرَةً (Maka tatkala mukjizat-mukjizat Kami yang jelas itu sampai kepada mereka)
Yakni setelah sampai kepada mereka mukjizat-mukjizat Kami yang sangat jelas yang menunjukkan kebenaran kenabian Musa, karena begitu jelasnya seakan-akan mukjizat itu tampak dengan sendirinya.
Pendapat lain mengatakan maknanya adalah karena ia sangat jelas sehingga ia terlihat dengan baik.

قَالُوا۟ هٰذَا سِحْرٌ مُّبِينٌ(berkatalah mereka: “Ini adalah sihir yang nyata”)
Mereka mengaku bahwa mukjizat itu adalah sihir merupakan hal yang sangat jelas bagi mereka dan mengaku mereka sangat yakni bahwa itu adalah sihir.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. Maka tatkala sembilan mukjizat-mukjizat itu Kami tunjukkan kepada Fir’aun dan kaumnya yang menjelaskan kebenaran kenabiannya, berkatalah mereka: "Ini adalah sihir yang nyata"

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan bahwa Musa mentaati perintah Tuhannya, ia keluar untuk menyeru fir’aun dan kaumnya, mereka semua menolak ayat-ayat yang jelas, yang benar akan kejujurannya, dan bahwasanya Musa adalah rasul dari sisi Allah. Tidaklah fir’aun dan kaumnya kecuali menolak dan sombong serta melampau batas, sungguh sulit baginya meninggalkan kesombongan dan keputusan mereka, mereka berkata : Apa yang datang kepada kami ini wahai Musa, kecuali hanyalah sihir yang nayata bagi siapapun yang melihat, tidak ada keraguan bagi kami dan juga kerancuan akan hal itu.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Sungguh aneh sikap mereka, ayat-ayat yang begitu jelas itu dianggap sebagai permainan sihir. Hal ini tidak lain karena kesombongan yang besar dalam diri mereka dan memutarbalikkan fakta.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Banyaknya kemukjizatan nabi musa tidak menyebabkan mereka sadar akan kekeliruan mereka, malah mereka bertambah angkuh dan sombong. Maka ketika mukjizat-Mukjizat kami yang terang benderang dan tidak terbantahkan itu sampai kepada mereka, yaitu fir'aun dan pengikutnya, mereka berkata dengan nada sinis dan mengejek, 'ini sihir yang nyata. ' mereka berkata demikian karena perilaku sihir sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka saat itu. 14. Allah mengungkapkan jati diri mereka yang sebenarnya. Dan mereka mengingkarinya, yakni bukti-bukti kebenaran nabi musa, karena kezaliman dan kesombongannya dengan tidak mau mengakui bukti-bukti tersebut, padahal hati mereka meyakini kebenaran-Nya. Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan. Mereka pasti akan terkena sanksi berat dari Allah.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 14 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 15 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 16, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 17, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 18, Makna Surat An-Naml Ayat 19

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!