Surat Asy-Syu’ara Ayat 84

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱجْعَل لِّى لِسَانَ صِدْقٍ فِى ٱلْءَاخِرِينَ

Arab-Latin: Waj'al lī lisāna ṣidqin fil-ākhirīn

Artinya: Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian,

« Asy-Syu'ara 83Asy-Syu'ara 85 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Surat Asy-Syu’ara Ayat 84

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syu’ara Ayat 84 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah menarik dari ayat ini. Ditemukan sekumpulan penafsiran dari para pakar tafsir terhadap kandungan surat Asy-Syu’ara ayat 84, sebagiannya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan jadikanlah bagiku pujian yang baik dan kesan yang bagus ditengah orang-orang yang datang sepeninggalku hingga Hari Kiamat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

84-89. Dan jadikanlah bagiku sebutan yang baik pada generasi-generasi yang datang setelahku. Dan jadikanlah diriku termasuk orang-orang yang berhak mewarisi kenikmatan surga. Dan ampunilah ayahku, Azar, karena dia termasuk orang-orang yang musyrik. Serta janganlah Engkau hinakan aku di hari kebangkitan, hari yang tidak bermanfaat lagi kepemilikan harta dan banyaknya keturunan, kecuali bagi orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih dari kesyirikan dan dosa-dosa besar.”

Akan tetapi doa Ibrahim agar ayahnya diampuni tidak terkabulkan, karena ayahnya tetap dalam kekafiran. Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda: “Ibrahim bertemu dengan ayahnya, kemudian dia berkata, ‘Ya Tuhanku, Engkau menjanjikanku untuk tidak menghinakanku di hari kebangkitan’. Maka Allah berfirman, ‘Aku mengharamkan surga bagi orang-orang kafir’.”

(Shahih al-Bukhari 8/357, kitab tafsir surat as-Syu’ara, bab (ayat tersebut), no. 4769).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

84. Dan jadikanlah diriku sebagai buah tutur dan pujian yang baik bagi orang-orang yang datang dalam kurun-kurun setelahku.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

84. وَاجْعَل لِّى لِسَانَ صِدْقٍ فِى الْاٰخِرِينَ (dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian)
Yakni jadikanlah pujian yang baik bagiku pada orang-orang setelahku sampai hari kiamat. Dan Allah telah mengabulkan bagi Ibrahim hal itu, sebab setiap umat berpegang teguh padanya dan memuliakannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

84. Dan jadikanlah untukku pujian yang baik bagi generasi-generasi terakhir yang hidup setelahku sampai hari kiamat tiba. Pujian itu disesuaikan dengan melakukan amal shalih.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Jadikanlah aku sebagai buah tutur yang baik} pujian yang baik dan sebutan yang bagus {di kalangan orang-orang kemudian} di kalangan orang-orang yang datang setelahku sampai hari kiamat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

83-84 dan Ibrahim berdoa kepada Rabbnya, seraya mengatakan, “ya Rabbku, berikanlah kepadaku hikmah,” maksudnya, ilmu yang cukup yang dengannya aku dapat mengetahui hukum-hukum, halal dan haram, dan yang dengannya aku dapat memberikan keputusan di antara manusia, “dan masukanlah aku kedalam golongan orang-orang yang shalih,” termasuk saudara-saudaranya, para nabi dan para rasul. “dan jadikanlah untukku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian,” maksudnya, jadikanlah untukku pujian yang baik yang terus berlangsung hingga akhir masa. Dan Allah pun mengabulkan doanya, lalu Dia karuniakan kepadanya ilmu dan hikmah sehingga dengannya dia menjadi rasul yang termulia, dan dimasukanNya ke dalam kelompok saudara-saudaranya, yaitu para rasul. Allah telah menjadikannya sebagai manusia yang dicintai, diterima, dimuliakan dan dipuji di dalam semua agama pada setiap waktu. Allah berfirman,
“kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian,(yaitu) ‘kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim,’ demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya dia termasuk hamba-hamba Kami yang beriamn,” (ash-shafat:108-111)


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-89
Ini adalah permohonan nabi Ibrahim agar diberi hikmah.
As-Suddi berkata bahwa itu adalah kenabian.
Doanya adalah (dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh) yaitu, jadikanlah aku ke dalam golongan orang-orang shalih di dunia dan akhirat, sebagaimana Nabi SAW bersabda ketika menjelang wafatan:”Ya Allah, masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh yang menempati surga yang tertinggi” beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali.
Firman Allah: (dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian (84))
yaitu jadikanlah aku seorang yang menjadi buah tutur yang baik setelahku yang selalu diingat dan dianut dalam kebaikan. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian (108) (yaitu),"Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim” (109) Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik (110)) (Surah Ash-Shaffat)
Mujahid dan Qatadah berkata tentang firmanNya: (dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian (84)) yaitu pujian yang baik.
Mujahid berkata bahwa itu seperti firmanNya SWT: (Dan Kami berikan kepadanya kebaikan di dunia) (Surah An-NahI: 122), dan firmanNya: (Dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang shalih) (Surah Al-'Ankabut: 27) serta firmanNya (dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang shalij) (Surah An-Nahl:122)
Firman Allah SWT: (dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang memusakai surga yang penuh kenikmatan (85)) yaitu, berikanlah nikmat kepadaku di dunia dengan menjadi buah tutur yang baik setelahku; dan nikmat di akhirat, yaitu Engkau menjadikan aku termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan
Firman Allah: (dan ampunilah ayahku, sesungguhnya dia termasuk orang yang sesat), sebagaimana firmanNya: (Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku) (Surah lbrahim: 41) Ini merupakan doa yang dicabut kembali oleh nabi Ibrahim, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Adapun permohonan ampunan Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya. Maka ketika jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri darinya. Sungguh, Ibrahim itu seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun (114)) (Surah At-Taubah) Allah SWT memutuskan permohonan ampunnya untuk ayahnya, sebagaimana Allah berfirman: (Sungguh, telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengannya, ketika mereka berkata kepada kaumnya, "Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami mengingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu ada permusuhan dan kebencian untuk selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja," kecuali perkataan Ibrahim kepada ayahnya, "Sungguh, aku akan memohonkan ampunan bagimu, namun aku sama sekali tidak dapat menolak (siksaan) Allah terhadapmu") (Surah Al-Mumtahanah: 4)
Firman Allah: (dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan (87)) yaitu, lindungilah aku dari kehinaan di hari kiamat dan di hari semua makhluk dibangkitkan dari yang pertama sampai yang terakhir.
Firman Allah: ((yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna (88)) yaitu tidak ada yang dapat melindungi seseorang dari azab Allah baik hartanya, sekalipun dia menebusnya dengan emas seisi bumi. (dan anak laki-laki) yaitu sekalipun menebus dengan seluruh manusia yang ada di bumi. Maka tetap tidak ada yang bermanfaat pada hari itu kecuali keimanan kepada Allah dan ikhlas hanya kepadaNya dalam melaksanakan agama serta berlepas diri dari kemusyrikan dan para pengikutnya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih (89)) yaitu bersih dari kotoran dan kemusyrikan.
Ibnu Sirin berkata bahwa hati yang bersih adalah jika mengetahui bahwa Allah itu benar, dan hari kiamat pasti terjadi, tidak ada keraguan padanya, dan bahwa Allah membangkitkan semua makhluk dari kubur.
Mujahid, Al-Hasan dan lainnya berkata (hati yang bersih) adalah bersih dari kemusyrikan. Abu Utsman An-Naisaburi berkata bahwa itu adalah hati yang bersih dari bid'ah dan teguh dengan sunnah.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Asy-Syu’ara ayat 84: 83-86. Kemudian Ibrahim berdoa kepada Rabbnya : Jadikanlah pada diriku wahai Rabbku, sebutan yang baik, dan pujian yang indah yang tersisa ketika aku telah wafat sampai hari kiamat. Dan Allah telah mengabulkan permintaannya. Kemudian ia berkata : Jadikanlah aku wahai Rabbku penghuni surga yang mereka mewarisi kenikmatan di dalamnya. Ibrahim berkata : Ampunilah bapakku karena ia termasuk orang-orang yang tersesat. Sungguh aku telah berjanji untuk memintakan ampun atas dirinya dari mu. Karena pada saat itu ketika Ibrahim berpisah dengan bapaknya Ibrahim mengatakan padanya : Aku akan meminta ampunan untukmu kepada Rabbku. Akan tetapi ketika jelas bahwasanya bapaknya adalah musuh Allah dan masih tetap di atas kekafiran ia berlepas diri dari bapaknya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengabulkan doanya, mengaruniakan kepadanya ilmu sehingga termasuk rasul-rasul yang paling utama, memasukkannya ke dalam golongan orang-orang yang saleh, menjadikannya diterima oleh manusia lagi dicintai, disebut kebaikannya dan dimuliakan di semua golongan dan di setiap zaman.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syu’ara Ayat 84

Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian, Allah mengabulkan doa nabi ibrahim. Namanya tetap bersinar, sikapnya tetap diagungkan, keturunannya adalah para nabi dari bani israil yang terakhir adalah nabi Muhammad sallall'hu 'alaihi wa sallam. 85. "dan jadikanlah aku termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan yang tiada habis-habisnya, sebagai anugerah yang tak terhingga dari Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penjabaran dari banyak ahli ilmu berkaitan kandungan dan arti surat Asy-Syu’ara ayat 84 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Dukung dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dikaji

Terdapat banyak konten yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: At-Tahrim 6, Al-Waqi’ah 35-38, At-Taubah 128-129, Al-Baqarah 275, Ath-Thariq, Al-Baqarah 1-5. Ada pula An-Nahl 125, Al-Hujurat, Ar-Ra’d 28, Al-Furqan 63, As-Sajdah, Al-Baqarah 155.

  1. At-Tahrim 6
  2. Al-Waqi’ah 35-38
  3. At-Taubah 128-129
  4. Al-Baqarah 275
  5. Ath-Thariq
  6. Al-Baqarah 1-5
  7. An-Nahl 125
  8. Al-Hujurat
  9. Ar-Ra’d 28
  10. Al-Furqan 63
  11. As-Sajdah
  12. Al-Baqarah 155

Pencarian: surat al baqarah 172 dan artinya, surat thaha ayat 47 beserta artinya, surah almaun ayat 5, surat al baqarah ayat 20 latin, surah sulaiman lengkap

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: