Surat Al-Furqan Ayat 10


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

تَبَارَكَ الَّذِي إِنْ شَاءَ جَعَلَ لَكَ خَيْرًا مِنْ ذَٰلِكَ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَيَجْعَلْ لَكَ قُصُورًا

Arab-Latin: Tabārakallażī in syā`a ja'ala laka khairam min żālika jannātin tajrī min taḥtihal-an-hāru wa yaj'al laka quṣụrā

Terjemah Arti: Maha Suci (Allah) yang jika Dia menghendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian, (yaitu) surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, dan dijadikan-Nya (pula) untukmu istana-istana.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Amat agung keberkahan-keberkahan Allah dan sangat banyak kebaikan-kebaikanNya yang jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan menjadikan bagimu (wahai Rasul) keadaan yang lebih baik dari apa yang mereka pikirkan bagimu. Maka Dia menjadikan bagimu di dunia kebun-kebun yang banyak yang disibak oleh sungai-sungai, dan menjadikan bagimu di dalamnya istana-istana yang besar.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10. Maha Suci Allah yang jika Dia menghendaki, niscaya Dia jadikan bagimu yang lebih baik dari apa yang mereka usulkan kepadamu, yaitu dengan menjadikan untukmu di dunia ini; kebun-kebun yang mengalir sungai-sungai di bawah istana-istana dan pepohonannya, dan engkau memakan buah-buahannya, serta menjadikan untukmu istana-istana yang engkau tempati dengan nyaman.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. تَبَارَكَ الَّذِىٓ إِن شَآءَ جَعَلَ لَكَ خَيْرًا مِّن ذٰلِكَ (Maha Suci (Allah) yang jika Dia menghendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian)
Yakni lebih baik dari yang kalian usulkan itu.

جَنّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا الْأَنْهٰرُ وَيَجْعَل لَّكَ قُصُورًۢا(yaitu) surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, dan dijadikan-Nya (pula) untukmu istana-istana)
Makna (القصر) adalah rumah yang terbuat dari batu dan tanah; ini merupakan sifat rumah di dunia, adapun rumah di akhirat maka tidak ada yang mengetahui sifatnya kecuali Allah.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. Maha Agung dan Maha Suci Allah atas segala sesuatu, Dzat yang jika berkehendak, Dia akan menciptakan kebaikan untukmu daripada apa yang mereka tawarkan, yaitu kebun-kebun yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, dan menjadikan untukmu istana-istana yang dikokohkan dengan bebatuan dan tanah. Ayat ini diturunkan ketika para pemimpin Quraisy seperti Abu Sufyan dan Nadhr bin Harits yang menawarkan harta, kekuasaan, kemuliaan, dan kehormatan kepada Nabi SAW agar dia menghentikan dakwahnya, lalu dia menolak itu semua dan berkata: “Aku tidak diutus kepada kalian untuk hal ini, namun Allah mengutusku sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan” Lalu Allah menurunkan ayat ini.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Tabaaraka juga bisa diartikan, Mahabanyak kebaikan-Nya.

Dari apa yang mereka katakan, berupa harta kekayaan yang banyak dan kebun.

Di dunia, namun Dia menghendaki untuk memberikan surga di akhirat karena keadaan dunia yang di sisi-Nya sangat rendah dan hina.

Maksudnya, kalau Allah menghendaki niscaya dijadikan-Nya untuk Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam surga-surga dan istana-istana seperti yang akan diperolehnya di akhirat. tetapi Allah tidak menghendaki yang demikian agar manusia itu tunduk dan beriman kepada Allah, tidak terpengaruh oleh benda, tetapi berdasarkan kepada bukti-bukti dan dalil-dalil yang nyata.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mahasuci Allah yang jika dia menghendaki, niscaya dia jadikan atau anugerahkan secara khusus bagimu sesuatu yang lebih baik daripada apa yang mereka usulkan itu, yaitu kebun-kebun atau surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sehingga kebun itu tidak akan mengalami kekeringan, dan dia jadikan pula istana-istana yang besar dan megah untukmu. 11. Sebetulnya bukan alasan-alasan terdahulu itu yang menjadikan kaum kafir menolak risalah nabi Muhammad. Yang paling memotivasi mereka untuk menolak risalah beliau adalah karena mereka mendustakan hari kiamat. Dan kami telah menyediakan neraka yang menyala-Nyala bagi siapa yang mendustakan hari kiamat sebagai balasan atas perbuatan mereka.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-Furqan Ayat 11 Arab-Latin, Surat Al-Furqan Ayat 12 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Furqan Ayat 13, Terjemahan Tafsir Surat Al-Furqan Ayat 14, Isi Kandungan Surat Al-Furqan Ayat 15, Makna Surat Al-Furqan Ayat 16

Category: Surat Al-Furqan


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!