Surat Al-Furqan Ayat 9


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

انْظُرْ كَيْفَ ضَرَبُوا لَكَ الْأَمْثَالَ فَضَلُّوا فَلَا يَسْتَطِيعُونَ سَبِيلًا

Arab-Latin: Unẓur kaifa ḍarabụ lakal-amṡāla fa ḍallụ fa lā yastaṭī'ụna sabīlā

Terjemah Arti: Perhatikanlah, bagaimana mereka membuat perbandingan-perbandingan tentang kamu, lalu sesatlah mereka, mereka tidak sanggup (mendapatkan) jalan (untuk menentang kerasulanmu).

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Lihatlah (wahai Rasul) bagaimana orang-orang yang mendustakan itu melontarkan ucapan-ucapan aneh tentang dirimu yang menyerupai perumpamaan-perumpamaan dalam keanehannya agar mereka bisa mencapai cara untuk mendustakanmu? Maka dengan itu mereka menjadi jauh dari kebenaran, sehingga tidak mendapatkan jalan menuju kepadanya untuk meluruskan apa yang telah mereka ucapkan tentangmu berupa kedustaan dan kebohongan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9. Perhatikanlah -wahai Rasul- agar engkau heran terhadap mereka; bagaimana mereka menyifatimu dengan sifat-sifat yang batil dengan menyatakan, engkau penyihir, engkau terkena sihir, engkau gila. Karena itu mereka tidak sanggup menempuh jalan kebenaran, dan tidak pula mendapatkan cara untuk mencela kejujuran dan amanahmu.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. انظُرْ كَيْفَ ضَرَبُوا۟ لَكَ الْأَمْثٰلَ (Perhatikanlah, bagaimana mereka membuat perbandingan-perbandingan tentang kamu)
Agar mereka dapat menggunakannya untuk mendustakanmu.
Makna (الأمثال) adalah perkataan dan usulan-usulan yang aneh, dan itu adalah perkataan dan usulan yang telah disebutkan sebelumnya.

فَضَلُّوا۟( lalu sesatlah mereka)
Yakni sesat dari kebenaran.

فَلَا يَسْتَطِيعُونَ سَبِيلًا(mereka tidak sanggup (mendapatkan) jalan)
Yakni jalan untuk menentang kenabian rasul yang mulia ini.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. Wahai Nabi, lihatlah orang-orang musyrik itu, bagaimana mereka mmbuat-buat kebohongan untukmu supaya mereka bisa mendustakanmu, lalu menggambarkanmu bahwa kamu adalah seorang penyihir, penyair atau orang gila (Al-Amtsal adalah keadaan dan ucapan yang asing). Kemudian dengan hal itu mereka tersesat dari hidayah dan kebenaran, dan mereka dibingungkan dalam kesesatan mereka sendiri, sehingga mereka tidak mendapatkan cara yang masuk akal untuk menghujat kenabianmu

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Yaitu perkataan mereka, “Mengapa rasul itu tidak malaikat, raja yang mempunyai kekayaan, tetapi malah manusia?” Demikian pula perkataan mereka, bahwa Beliau terkena sihir.

Ucapan mereka penuh pertentangan, semuanya merupakan kebodohan, kedunguan dan kesesatan, tidak ada satu pun yang ada petunjuknya. Bahkan dengan memperhatikan sebentar saja sudah dapat diketahui kebatilannya dan yang demikian sudah cukup untuk membantahnya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah memaparkan kesesatan dan kebodohan kaum kafir, Allah berfirman kepada nabi Muhammad, 'perhatikanlah bagaimana mereka membuat perumpamaan-perumpamaan tentang engkau; mereka menyebutmu penyair, pria yang terkena sihir, pesihir, dan lain-lain, maka se-satlah mereka dari jalan yang benar sehingga mereka tidak mendapatkan satu jalan pun yang masuk akal untuk menentang kerasulanmu. 10. Mahasuci Allah yang jika dia menghendaki, niscaya dia jadikan atau anugerahkan secara khusus bagimu sesuatu yang lebih baik daripada apa yang mereka usulkan itu, yaitu kebun-kebun atau surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sehingga kebun itu tidak akan mengalami kekeringan, dan dia jadikan pula istana-istana yang besar dan megah untukmu.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-Furqan Ayat 10 Arab-Latin, Surat Al-Furqan Ayat 11 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Furqan Ayat 12, Terjemahan Tafsir Surat Al-Furqan Ayat 13, Isi Kandungan Surat Al-Furqan Ayat 14, Makna Surat Al-Furqan Ayat 15

Category: Surat Al-Furqan


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!