Surat Al-Furqan Ayat 11


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

بَلْ كَذَّبُوا بِالسَّاعَةِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لِمَنْ كَذَّبَ بِالسَّاعَةِ سَعِيرًا

Arab-Latin: Bal każżabụ bis-sā'ati wa a'tadnā limang każżaba bis-sā'ati sa'īrā

Terjemah Arti: Bahkan mereka mendustakan hari kiamat. Dan kami menyediakan neraka yang menyala-nyala bagi siapa yang mendustakan hari kiamat.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan mereka tidaklah mendustakanmu gara-gara kamu memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Akan tetapi, mereka mendustakan Hari Kiamat dan peristiwa pembalasan amal yang terjadi padanya. Dan Kami telah menyediakan bagi orang yang mendustakan Hari Kiamat api panas yang dinyalakan dengan mereka (maksudnya, merekalah yang menjadi bahan bakarnya) .

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

11. Apa yang mereka ucapkan tersebut tidak terlontar dari mulut mereka dengan tujuan untuk mencari kebenaran maupun petunjuk, akan tetapi sebenarnya mereka mendustakan hari Kiamat. Dan kami menyediakan Neraka yang besar lagi menyala-nyala bagi siapa saja yang mendustakan hari Kiamat.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. بَلْ كَذَّبُوا۟ بِالسَّاعَةِ ۖ (Bahkan mereka mendustakan hari kiamat)
Yakni bahkan mereka mendatangkan sesuatu yang lebih mengherankan daripada itu semua, yaitu mereka mendustakan hari kiamat, oleh sebab itu mereka tidak mendapat manfaat dari bukti-bukti yang ada dan tidak pula mencoba memahaminya.

وَأَعْتَدْنَا (Dan kami menyediakan)
Yakni Kami menyiapkan.

لِمَن كَذَّبَ بِالسَّاعَةِ سَعِيرًا (neraka yang menyala-nyala bagi siapa yang mendustakan hari kiamat)
Yakni neraka yang menyala-nyala sebagai tempat mereka untuk diazab.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. Orang-orang musyrik itu tidak mendustakanmu karena kamu hanyalah manusia biasa, namun karena keingkaran mereka terhadap hari kiamat, hari kebangkitan dan penghisaban. Dan telah Kami siapkan neraka yang sangat panas bagi orang yang mengingkari hari kebangkitan, dan dia akan disiksa di dalamnya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Oleh karena ucapan yang mereka ucapkan itu sudah maklum rusaknya, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan, bahwa ucapan tersebut tidaklah muncul untuk mencari yang hak (benar) dan bukan pula karena mencari bukti, tetapi merupakan sikap membangkang dan zalim serta mendustakan yang hak.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sebetulnya bukan alasan-alasan terdahulu itu yang menjadikan kaum kafir menolak risalah nabi Muhammad. Yang paling memotivasi mereka untuk menolak risalah beliau adalah karena mereka mendustakan hari kiamat. Dan kami telah menyediakan neraka yang menyala-Nyala bagi siapa yang mendustakan hari kiamat sebagai balasan atas perbuatan mereka. 12. Neraka yang Allah sediakan bagi para pendusta hari kiamat amat mengerikan. Apabila neraka melihat para pendurhaka dari tempat yang jauh, meski para pendurhaka itu tidak melihatnya, mereka mendengar suaranya yang gemuruh bagai air mendidih yang siap menyambut me-reka karena kemarahannya yang meluap-luap.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-Furqan Ayat 12 Arab-Latin, Surat Al-Furqan Ayat 13 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Furqan Ayat 14, Terjemahan Tafsir Surat Al-Furqan Ayat 15, Isi Kandungan Surat Al-Furqan Ayat 16, Makna Surat Al-Furqan Ayat 17

Category: Surat Al-Furqan


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!