Daftar Isi > Al-Mu'minun > Al-Mu’minun 66

Surat Al-Mu’minun Ayat 66

قَدْ كَانَتْ ءَايَٰتِى تُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ فَكُنتُمْ عَلَىٰٓ أَعْقَٰبِكُمْ تَنكِصُونَ

Arab-Latin: Qad kānat āyātī tutlā 'alaikum fakuntum 'alā a'qābikum tangkiṣụn

Artinya: Sesungguhnya ayat-ayat-Ku (Al Quran) selalu dibacakan kepada kamu sekalian, maka kamu selalu berpaling ke belakang,

« Al-Mu'minun 65Al-Mu'minun 67 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Mu’minun Ayat 66

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 66 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan bermacam penjabaran dari para ulama tafsir terkait isi surat Al-Mu’minun ayat 66, di antaranya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sungguh dahulu ayat-ayat al-Qur’an telah dibacakan kepada kalian agar kalian mau mengimaninya, lalu kalian justru lari dari mendengar dan mengimaninya serta mengamalkannya, seperti orang membalik badan dengan berbalik ke belakang.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

66. Sungguh dahulu ayat-ayat Kitab Allah selalu dibacakan kepada kalian di dunia, namun kalian selalu berpaling darinya tatkala mendengarkannya karena membencinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

66-67. Tidak ada kata maaf bagi kalian, dahulu ayat-ayat al-Qur’an telah dibacakan kepada kalian agar kalian beriman, akan tetapi kalian berpaling darinya dan bersikap angkuh terhadap orang-orang beriman dengan mengatakan kalian adalah para penjaga dan pelayan Baitul Haram, dan kalian begadang di malam hari untuk berbincang tentang kedustaan terhadap al-Qur’an.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

66. قَدْ كَانَتْ ءَايٰتِى تُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ (Sesungguhnya ayat-ayat-Ku selalu dibacakan kepada kamu sekalian)
Yakni di dunia ini.
Dan yang dimaksud adalah ayat-ayat al-Qur’an.

فَكُنتُمْ عَلَىٰٓ أَعْقٰبِكُمْ تَنكِصُونَ(maka kamu selalu berpaling ke belakang)
Yakni berpaling ke belakang untuk menghidar dari mendengar al-Qur’an.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

66. Sesungguhnya ayat-ayat-Ku dari Al Quran selalu dibacakan kepada kalian, agar kalian memperhatikan dan juga mengimaninya. Namun justru kalian selalu berpaling dengan keras, kalian tidak meyimak dan mendengarkannya. Al a’qab adalah jamak dari ‘aqibun: yaitu akibat/dampak yang diterima seseorang. An nuqush adalah berpaling dari depan ke belakang.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh ayat-ayatKu selalu dibacakan kepada kalian, tetapi kalian berpaling mundur ke belakang} lalu kalian kembali ke belakang tidak mau mendengarnya


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

66 Seolah-olah ada yang mengatakan kepada mereka, “apakah yang mendorong kalian sampai kepada kondisi ini?,” Allah berfirman, ”sungguh ayat-ayatKu (al-qur’an) selalu dibacakan kepada kalian,” supaya kalian mengimani mdan menyambutnya, akan tetapi kalian tidak mengamalkannya. Bahkan “kalian selalu berpaling ke belakang,” maksudnya berjalan kembali dengan mundur ke arah belakang. Hal itu, karena dengan mengikuti al-qur’an, maka mereka akan mengalami kemajuan, Dan berpaling membelakanginya menyebabkan mereka mundur dan merosot ke tempat yang paling rendah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 66: Mungkin seseorang bertanya, “Apa sebab yang membuat mereka seperti ini keadaannya?”

Agar kamu beriman dan mendatanginya, namun ternyata kamu tidak melakukannya.

Padahal sekiranya kamu mengikuti Al Qur’an, niscaya kamu akan maju ke depan. Sebaliknya, jika kamu berpaling darinya, maka kamu akan mundur ke belakang dan berada dalam kedudukan yang rendah.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 66

65-67. Menolak permintaan tolong mereka, Allah berfirman, 'janganlah kamu berteriak-teriak meminta tolong pada hari ini! sungguh, kamu tidak akan mendapat pertolongan dari kami dan tidak pula dapat menghindari siksa kami. Sesungguhnya ayat-ayat-ku, yaitu Al-Qur'an, selalu dibacakan kepada kamu, wahai para pendurhaka, supaya kamu merenungi dan mengimaninya, tetapi kamu selalu berpaling ke belakang dan enggan mendengarkannya; kamu berpaling dengan menyombong'kan diri atas kaum mukmin dan mengucapkan perkataan-perkataan keji terhadapnya, yaitu Al-Qur'an, pada waktu kamu bercakap-cakap pada malam hari


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian sekumpulan penafsiran dari beragam ahli tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Mu’minun ayat 66 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita. Dukung perjuangan kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: