Surat Al-Hajj Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽูƒูŽุฃูŽูŠู‘ูู† ู…ู‘ูู† ู‚ูŽุฑู’ูŠูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ู„ูŽูŠู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู‡ูู‰ูŽ ุธูŽุงู„ูู…ูŽุฉูŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุฎูŽุฐู’ุชูู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ู‘ูŽ ูฑู„ู’ู…ูŽุตููŠุฑู

Arab-Latin: Wa ka`ayyim ming qaryatin amlaitu lahฤ wa hiya แบ“ฤlimatun แนกumma akhaลผtuhฤ, wa ilayyal-maแนฃฤซr

Artinya: Dan berapalah banyaknya kota yang Aku tangguhkan (azab-Ku) kepadanya, yang penduduknya berbuat zalim, kemudian Aku azab mereka, dan hanya kepada-Kulah kembalinya (segala sesuatu).

ยซ Al-Hajj 47 โœต Al-Hajj 49 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Tentang Surat Al-Hajj Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hajj Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan penting dari ayat ini. Diketemukan bermacam penjabaran dari kalangan pakar tafsir berkaitan kandungan surat Al-Hajj ayat 48, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kebanyakan dari negeri-negeri yang berbuat kezhaliman, dimana penduduknya tetap bersikeras di atas kekafiran, lalu Kami tangguhkan mereka, dan tidak Aku timpakan hukuman pada mereka dengan segera, sehingga mereka merasa lengah, kemudian Aku siksa mereka dengan siksaanKu di dunia, dan kepadaKu-lah tempat kembali mereka setelah kehancuran mereka, lalu Aku siksa mereka dengan siksaan yang pantas mereka terima di akhirat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

48. Banyak penduduk negeri-negeri yang zalim, Aku akhirkan azab mereka, kemudian Aku akan membinasakan mereka secara tiba-tiba.

Kepada Allah mereka kembali untuk mendapatkan siksaan di akhirat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Dan betapa banyak negeri yang Aku tunda penurunan azab kepadanya karena penduduknya berbuat zalim dengan kafir kepada Allah, dan Aku tidak menyegerakan azab tersebut sebagai bentuk istidrฤj (pemberian tenggang waktu agar azab mereka semakin berat) atas mereka, kemudian Aku mengazab mereka dengan azab yang menyeluruh, dan hanya kepada Aku lah tempat mereka kembali hari Kiamat kelak, lalu Aku memberikan balasan kekafiran mereka dengan azab yang kekal abadi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. ูˆูŽูƒูŽุฃูŽูŠูู‘ู† ู…ูู‘ู† ู‚ูŽุฑู’ูŠูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ู„ูŽูŠู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู‡ูู‰ูŽ ุธูŽุงู„ูู…ูŽุฉูŒ ุซูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฎูŽุฐู’ุชูู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ูŽู‘ ุงู„ู’ู…ูŽุตููŠุฑู (Dan berapalah banyaknya kota yang Aku tangguhkan (azab-Ku) kepadanya, yang penduduknya berbuat zalim, kemudian Aku azab mereka, dan hanya kepada-Kulah kembalinya)
Yakni dan banyak negeri yang penduduknya adalah orang-orang zalim seperti kalian, mereka Aku beri penangguhan beberapa saat, kemudian Aku timpakan azab kepada mereka, dan semua itu kembali pada ketetapan-Ku.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48. Berapa banyak kota yang telah Aku tangguhkan azab-Ku kepadanya namun mereka tetap zalim kepada diri mereka sendiri dengan kekufuran seperti kalian wahai para orang kafir. Kemudian Aku azab mereka, dan hanya kepada-Ku lah tempat kembali segala sesuatu baik setelah binasa


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Berapa banyak negeri yang Aku tangguhkan} Aku menangguhkannya dan tidak menyegerakan hukumannya {padahal penduduknya berbuat zalim, kemudian Aku menyiksa mereka. Hanya kepadaKulah tempat kembali} tempat kembali


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48. โ€œDan berapa banyak kota yang Aku tangguhkan (azabKu) kepadanya,โ€ Kami menundanya untuk waktu yang lama โ€œyang penduduknya berbuat zhalim,โ€ meskipun mereka berbuat kezhaliman, laju mereka untuk berbuat kezhaliman tidak serta merta membuat Kami mempercepat hukuman (mereka). โ€œKemudian Aku azab mereka, dan hanya kepadaKu-lah kembalinya segala sesuatu,โ€ disertai siksa yang menghampiri mereka di dunia, mereka akan kembali kepada Allah, lalu menyiksa mereka dengan siksaNYa. Maka, hati-hatilah orang-orang yang berbuat kezhaliman terhadap datangnya hukuman Allah. Jangan sampai mereka terpedaya dengan penangguhan waktu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 47-48
Allah SWT berfirman kepada NabiNya SAW: (Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan) yaitu orang-orang kafir yang tidak menganggap adanya tuhan dan mendustakan Allah, KitabNya, RasulNya, dan hari akhir, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan (ingatlah) ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata "Ya Allah, jika betul (Al-Qur'an) ini, dialah yang benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih" (32)) (Surah Al-Anfal)
Firman Allah SWT: (padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janjiNya) yaitu sesuatu yang telah Dia janjikan berupa menegakkan hari kiamat dan mengadakan pembalasan terhadap musuh-musuhNya serta memuliakan kekasih-kekasihNya.
Firman Allah: (Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun yang kalian hitung) yaitu Allah SWT tidak menyegerakan azabNya, karena sesungguhnya seribu tahun bagi makhlukNya itu sama dengan satu hari di sisiNya jika dikaitkan dengan kelembutanNya, dan karena ilmuNya Dia mampu membalas mereka, dan bahwa sesungguhnya tidak ada suatu pun yang luput dariNya, sekalipun Dia menangguhkannya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman sesudah itu: (Dan berapalah banyaknya kota yang Aku tangguhkan (azab-Ku) kepadanya, yang penduduknya berbuat zalim, kemudian Aku azab mereka, dan hanya kepadaKulah kembalinya (segala urusan) (48))
Mujahid berkata bahwa makna ayat ini sebagaimana firmanNya: (Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu (5)) (Surah As-Sajdah)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hajj ayat 48: Dengan waktu yang cukup lama.

Kesegeraan mereka berbuat zalim tidaklah menjadikan Allah segera menyiksa mereka.

Setelah mendapat azab di dunia, ia akan dikembalikan kepada Allah, Dia akan mengazabnya karena dosa-dosanya. Oleh karena itu, hendaknya orang-orang zalim takut jika sudah turun azab Allah, dan hendaknya mereka tidak tertipu oleh penangguhan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hajj Ayat 48

Tantangan orang kafir agar disegerakan pemberian azab bagi me-reka dijawab Allah dengan berfirman, "dan perhatikanlah, berapa banyak negeri yang aku tangguhkan penghancurannya, meskipun penduduknya meminta agar azab yang dijanjikan itu disegerakan "karena penduduknya berbuat zalim, tidak beriman, menghina, dan mengusir utusan Allah, kemudian aku azab mereka saat mereka merasa aman dari azab-ku. Dan hanya kepada-kulah tempat kembali setiap orang dalam kehidupan sesudah mati, baik yang beriman maupun yang kufur. 49. Orang-orang musyrik mekah, sebagaimana disebutkan pada ayat di atas, mengolok-olok rasulullah dengan meminta disegerakan datangnya azab. Pada ayat ini disebutkan bahwa tugas beliau adalah menyampaikan peringatan. Katakanlah olehmu, Muhammad, 'wahai manusia! urusan menurunkan azab itu wewenang Allah. Sesungguhnya aku di-utus kepadamu dan seluruh manusia hingga hari kiamat sebagai pemberi peringatan yang nyata bahwa beriman akan mendapatkan rida Allah, sedangkan mendustakan akan mendapatkan murka-Nya. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penafsiran dari beragam mufassir berkaitan isi dan arti surat Al-Hajj ayat 48 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita. Sokonglah perjuangan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dikaji

Kami memiliki berbagai halaman yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Fatir 37, Al-Qashash 77, Yasin 82, Ar-Rum 21, Al-Buruj, Innallaha Ma’ash Shabiriin. Serta An-Nisa 36, Ar-Rahman 13, Al-Isra, Ayat 15 (Lima Belas), Ibrahim 7, Al-Baqarah 177.

  1. Fatir 37
  2. Al-Qashash 77
  3. Yasin 82
  4. Ar-Rum 21
  5. Al-Buruj
  6. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  7. An-Nisa 36
  8. Ar-Rahman 13
  9. Al-Isra
  10. Ayat 15 (Lima Belas)
  11. Ibrahim 7
  12. Al-Baqarah 177

Pencarian: surat annisa ayat, surat yusuf 11, surat an nisa ayat 102, surah tentang bersyukur, ูˆูŽู…ูŽุง ุขุชูŽุงูƒูู…ู ุงู„ุฑูŽู‘ุณููˆู„ู ููŽุฎูุฐููˆู‡ู ูˆูŽู…ูŽุง ู†ูŽู‡ูŽุงูƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ู‡ู ููŽุงู†ู’ุชูŽู‡ููˆุง terjemahan ayat tersebut

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: