Surat Al-Hajj Ayat 49

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّمَآ أَنَا۠ لَكُمْ نَذِيرٌ مُّبِينٌ

Arab-Latin: Qul yā ayyuhan-nāsu innamā ana lakum nażīrum mubīn

Artinya: Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kamu".

« Al-Hajj 48Al-Hajj 50 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Hajj Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hajj Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir mendalam dari ayat ini. Didapati aneka ragam penjelasan dari berbagai ulama tafsir mengenai isi surat Al-Hajj ayat 49, sebagiannya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

49-51. Katakanlah (wahai Rasul), “Wahai sekalian manusia, aku tiada lain hanyalah seorang pemberi peringatan bagi kalian, penyampai wahyu dari Allah dan risalahNya.” Maka orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya, dan keimanan itu tertanam kuat pada hati mereka, dan mengerjakan amal shalih, mereka mendapat ampunan dari Allah dari dosa-dosa mereka dan ampunan yang bisa menutupi apa yang mereka lakukan berupa maksiat-maksiat, dan rizki baik yang tidak terputus, yaitu surga. Dan orang-orang yang berusaha kuat melancarkan tipu daya untuk menggugurkan ayat-ayat al-Qur’an, dengan mendustakan untuk menentang lagi mengalahkan, mereka itu adalah orang-orang yang menetap di dalam neraka yang menyala-nyala. Mereka menetap di dalamnya untuk selamanya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

49-51. Hai Rasulullah, katakanlah: Hai para hamba, aku hanyalah pemberi peringatan kepada kalian dengan peringatan yang jelas. Orang-orang beriman yang mengerjakan amal shalih akan mendapat ampunan dari Tuhan mereka atas dosa-dosa mereka dan mendapat surga yang penuh dengan kenikmatan. Adapun orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan berusaha membuat kerusakan serta memerangi al-Qur’an dan membuat tipu daya terhadap kaum muslimin, maka mereka telah jauh dari rahmat Allah, mereka akan kekal di dalam neraka dan menjadi bahan bakarnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49. Wahai sekalian manusia, sesungguhnya aku pemberi peringatan kepada kalian, aku menyampaikan pada kalian ajaran yang diwahyukan padaku secara jelas dan nyata.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Katakanlah wahai Nabi: "Hai manusia di Makkah dan lainnya, sesungguhnya aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang nyata dan ancaman atas azab Allah kepada kamu jika kalian tetap dalam kekufuran".


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Katakanlah,“Wahai manusia, sesungguhnya aku bagi kalian hanyalah sebagai pemberi peringatan yang nyata”} yang jelas peringatannya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49. Allah menitahkan hamba dan RasulNya, Muhammad untuk memberitahu umat manusia bahwa dirinya adalah utusan Allah dengan sebenar-benarnya, menyampaikan kabar gembira bagi kaum Mukminin tentang pahala Allah, memperingatkakn orang-orang kafir dan orang-orang yang zhalim dari hukumanNya. FirmanNya, “Yang nyata” maksudnya, yang jelas peringatannya. Indzar (penyampaian peringatan) pengertiannya menakut-nakuti disertai dengan pemberitahuan obyek yang harus ditakuti. Demikian ini, lantaran beliau telah menegakkan bukti-bukti yang kokoh yang menunjukkan kebenaran peringatan yang beliau arahkan kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 49-51
Allah SWT berfirman kepada NabiNya SAW saat orang-orang kafir meminta kepadanya agar disegerakan terjadinya azabNya: (Katakanlah, "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kalian” (49)) yaitu sesungguhnya Allah mengutusku kepada kalian hanyalah sebagai pemberi peringatan di hadapan azab yang keras, dan tidak ada hak bagiku untuk memperhitungkan kalian sedikit pun, dan urusan kalian dikembalikan kepada Allah, Jika Dia menghendaki, maka Dia menye­gerakan azabNya kepada kalian; dan jika Dia menghendaki selain itu, maka Dia menangguhkannya dari kalian. Jika Dia menghendaki maka Dia akan menerima taubat orang yang bertaubat kepadaNya,. Dan jika Dia menghendaki kesesatan bagi orang-orang yang telah Dia tetapkan, maka termasuk orang-orang yang celaka. Dia Maha Melaksanakan segala sesuatu yang Dia kehendaki, Dia inginkan, dan Dia pilih (tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya; dan Dialah Yang Maha Cepat hisabNya) (Surah Ar-Ra'd: 41) dan ("Sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kalian” (49) Maka orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh) yaitu hatinya beriman dan amal perbuatannya membenarkan keimannya (bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia) yaitu ampunan terhadap keburukan-keburukannya terdahulu dan membalas semua amal baiknya sampai yang kecil.
Muhammad bin Ka'b Al-Qurazhi berkata,"Jika kamu mendengar Allah SWT berfirman: (dan rezeki yang mulia) itu adalah surga.
Firman Allah: (Dan orang-orang yang berusaha dengan maksud menentang ayat-ayat Kami dengan melemahkan (kemauan beriman)) Mujahid berkata bahwa mereka menghalangi manusia dari mengikuti Nabi SAW
(mereka itu adalah penghuni-penghuni neraka) yaitu neraka yang panas, menyakitkan, sangat keras azab dan siksaannya. Semoga Allah melindungi kita dari neraka. Allah SWT berfirman: (Orang-orang yang kafir dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah, Kami tambahkan kepada mereka siksaan di atas siksaan disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan (88)) (Surah An-Nahl)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hajj ayat 49: Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan hamba-Nya dan Rasul-Nya Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam agar berbicara kepada semua manusia, bahwa Beliau adalah utusan Allah sebagai pemberi kabar gembira bagi orang-orang mukmin dengan pahala dan pemberi peringatan bagi orang-orang kafir dan zalim dengan azab Allah. Pada ayat selanjutnya disebutkan lebih jelas kabar gembira dan peringatan itu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hajj Ayat 49

Orang-orang musyrik mekah, sebagaimana disebutkan pada ayat di atas, mengolok-olok rasulullah dengan meminta disegerakan datangnya azab. Pada ayat ini disebutkan bahwa tugas beliau adalah menyampaikan peringatan. Katakanlah olehmu, Muhammad, 'wahai manusia! urusan menurunkan azab itu wewenang Allah. Sesungguhnya aku di-utus kepadamu dan seluruh manusia hingga hari kiamat sebagai pemberi peringatan yang nyata bahwa beriman akan mendapatkan rida Allah, sedangkan mendustakan akan mendapatkan murka-Nya. '50. Maka orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, serta mengharumkan islam dan mengerjakan kebajikan yang bermanfaat bagi manusia dan kemanusiaan, mereka akan memperoleh ampunan dari Allah atas dosa-dosa yang dilakukannya dan akan memperoleh rezeki yang mulia di akhirat dengan dimasukkan ke dalam surga, tempat penuh kenikmatan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penjabaran dari para ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Hajj ayat 49 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Sokonglah syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dicari

Kaji berbagai topik yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Qashash 77, Al-Isra, Fatir 37, Yasin 82, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Buruj. Ada juga Ayat 15 (Lima Belas), Ar-Rum 21, Ar-Rahman 13, Al-Baqarah 177, An-Nisa 36, Ibrahim 7.

  1. Al-Qashash 77
  2. Al-Isra
  3. Fatir 37
  4. Yasin 82
  5. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  6. Al-Buruj
  7. Ayat 15 (Lima Belas)
  8. Ar-Rum 21
  9. Ar-Rahman 13
  10. Al-Baqarah 177
  11. An-Nisa 36
  12. Ibrahim 7

Pencarian: as-sajdah, ashabul jannah artinya, surat 26, isi kandungan surat ar rahman ayat 33, basmalah dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: