Surat Al-Anbiya Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَقَدْ أَنزَلْنَآ إِلَيْكُمْ كِتَٰبًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ ۖ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Arab-Latin: Laqad anzalnā ilaikum kitāban fīhi żikrukum, a fa lā ta'qilụn

Artinya: Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?

« Al-Anbiya 9Al-Anbiya 11 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Terkait Dengan Surat Al-Anbiya Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anbiya Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan menarik dari ayat ini. Terdokumentasi pelbagai penjelasan dari berbagai pakar tafsir berkaitan kandungan surat Al-Anbiya ayat 10, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sungguh Kami benar-benar telah menurunkan kepada kalian al-Qur’an ini, didalamnya terdapat faktor-faktor penyebab kemenangan dan kemuliaan kalian di dunia dan akhirat, bila kalian mau mengingatnya. Apakah kalian tidak memahami martabat yang telah Aku utamakan kalian dengannya di atas manusia lainnya?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

10. Hai manusia, sungguh Kami telah menurunkan al-Qur’an kepada kalian, di dalamnya terkandung kemuliaan dan kejayaan kalian jika kalian mengamalkan kandungannya; maka tidakkah kalian mau mengikuti kebenaran?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Sungguh Kami telah menurunkan kepada kalian Al-Qur`ān yang di dalamnya terdapat kemuliaan dan kejayaan bagi kalian bila beriman kepadanya, dan mengamalkan kandungan maknanya, maka apakah kalian tidak juga mengerti tentangnya lalu beriman kepadanya dan mengamalkan kandungannya?!


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. لَقَدْ أَنزَلْنَآ إِلَيْكُمْ كِتٰبًا (Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab)
Yaitu al-Qur’an.

فِيهِ ذِكْرُكُمْ ۖ( yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu)
Yakni didalamnya terdapat kemuliaan bagi kalian. Pendapat lain mengatakan, yakni terdapat akhlak-akhlak mulia kalian dan amal-amal baik kalian.

أَفَلَا تَعْقِلُونَ (Maka apakah kamu tiada memahaminya?)
Apakah kalian tidak paham bahwa demikianlah sebenarnya, sehingga kalian mau beriman agar mendapat keutamaan tersebut.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Wahai orang-orang Quraisy, sungguh telah Kami turunkan kepada kalian Al-Qur’an yang mengandung peringatan bagi kalian. Apakah kalian tidak memikirkan tentang ayat yang mengandung nasehat dan pelajaran?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sungguh Kami benar-benar telah menurunkan kepada kalian sebuah kitab} Al-Qur’an {yang di dalamnya terdapat peringatan bagi kalian} di dalamnya terdapat kehormatan dan kemuliaan kalian, jika kalian mempercayainya dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya {Apakah kalian tidak mengerti


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10. Maksudnya, “sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu,” wahai utusan yang dikirimkan kepada mereka, yaitu Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib “sebuah kitab,” yang agung dan bacaan yang jelas, “yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu,” yaitu kemuliaan, prestise, dan ketinggian martabat kalian. Jika kalian mengingat-ingat kabar-kabar yang otentik yang ada di dalamnya, kemudian kalian meyakini dan menaati kansungan perintah-perintahnya, dan kalian menjauhi kandungan larangan-larangannya, niscaya kemuliaan kalian akan meningkat dan kedudukan kalian akan menjadi agung. “Maka apakah kamu tiada memahaminya,” yaitu perkara-perkara yang bermanfaat bagi kalian dan membahayakan kalian. Bagaimana bisa kalian tidak mengetahui kandungannya yang mencakup ketinggian martabat dan kemuliaan kalian di dunia dan akhirat? Seandainya kalian tida berjalan di atasnya, (malah) menempuh jalan yang lain yang mengakibatkan kehinaan dan kenistaan kalian di dunia dan akhirat serta celaka di dua tempat tersebut, maka ketahuilah bahwa kalian tidak mempunyai akal sehat dan daya nalar yang matang.
Ayat ini, buktinya adalah fakta yang telah terjadi. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada rasul dan orang-orang yang mengingat-ingat al-Quran dari kalangan sahabat dan tabi’in telah menggapai ketinggian kedudukan, hegemoni yang mencengangkan, dan popularitas besar, serta kemuliaan di atas para raja, sebuah sejarah yang telah dimengerti oleh setiap insan. Sebagaimana telah diketahui pula, sejarah yang menimpa orang yang tidak mempedulikan al-Quran sama sekali, tidak mendapatkan petunjuk dan menyucikan diri dengannya, dia mendapatkan kemarahan, kehinaan (dari Allah) dan kotornya (jiwa), serta kesengsaraan. Tida ada akses menuju kebahagiaan dunia dan akhirat kecuali dengan mempelajari kitab ini al-Quran.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-15
Allah SWT berfirman seraya mengingatkan kemuliaan Al-Qur'an seraya menganjurkan kepada mereka untuk mengetahui kedudukannya (Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagi kalian) Ibnu Abbas berkata bahwa maknannya adalah kemuliaan kalian.
Mujahid berkata yaitu yang membuat kalian terkenal.
(Maka apakah kalian tiada memahaminya?) yaitu, nikmat ini dan kalian menerimanya dengan penerimaan yang baik. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya Al-Qur'an itu benar-benar adalah suatu kemuliaan besar bagimu dan bagi kaummu dan kelak kamu akan diminta pertanggungjawaban (44)) (Surah Az-Zukhruf)
Firman Allah: (dan Kami adakan sesudah mereka itu kaum yang lain) yaitu, umat lain setelah mereka (Maka tatkala mereka merasakan azab Kami) yaitu mereka yakin bahwa azab akan menimpa mereka sebagai kepastian sesuai dengan apa yang diancamkan nabi mereka (tiba-tiba mereka melarikan diri dari negerinya) yaitu, mereka melarikan diri (Janganlah kamu lari tergesa-gesa, kembalilah kamu kepada nikmat yang telah kamu rasakan dan kepada tempat-tempat kediaman kalian (yang baik)) Hal ini memperolok mereka, yaitu dikatakan kepada mereka dengan dengan maksud meremehkan,"Janganlah lari terbirit karena turunnya azab, kembalilah kepada kenikmatan, kebahagiaan, kehidupan, dan tempat tinggal kalian yang baik"
Qatadah berkata bahwa maknannya adalah ejekan terhadap mereka.
(supaya kalian ditanya) yaitu dari perbuatan kalian, berupa mensyukuri nikmat-nikmat (Mereka berkata, "Aduhai, celaka kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim” (14)) Mereka mengakui dosa-dosa mereka ketika hal itu tidak bermanfaat bagi mereka (Maka tetaplah demikian keluhan mereka, sehingga Kami jadikan mereka sebagai tanaman yang telah dituai, yang tidak dapat hidup lagi (15)) yaitu ucapan itu terus ada, dan itu adalah pengakuan dari kezaliman dan keadaan mereka sehingga Kami menuai mereka, dan binasalah mereka tanpa bergerak dan bersuara


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anbiya ayat 10: Di dunia dan di akhirat, jika kamu membenarkan beritanya, mengerjakan perintah-perintah di dalamnya dan menjauhi larangan. Hal ini sebagaimana yang diberikan kepada orang-orang yang beriman kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, baik dari kalangan sahabat maupun generasi setelahnya, ketika mereka mempelajari Al Qur’an dan mengamalkannya, Allah memberikan kemuliaan dan ketinggian kepada mereka sebagaimana dapat kita baca dalam sejarah kaum muslimin zaman dahulu. Adapun sekarang, ketika kaum muslimin meninggalkan Al Qur’an, mereka mendapatkan kebalikannya, yaitu kehinaan dan kerendahan.

Tentang hal yang memberikan manfaat bagimu dan memadharratkan kamu. Jika kamu sebagai orang yang berakal, tentu kamu akan mendatangi kitab itu dan memberikan perhatian yang dalam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anbiya Ayat 10

Sungguh, kami telah menurunkan kepada kalian, melalui seorang utusan Allah, sebuah kitab Al-Qur'an, agar menjadi pedoman hidup kalian, yang di dalamnya terdapat peringatan bagi kalian tentang tindakan yang menyelamatkan dan mencelakakan kalian. Maka apakah kalian tidak mengerti tujuan Allah menurunkan kitab Al-Qur'an ini'11. Dan berapa banyak penduduk negeri yang berbuat zalim seperti kaum 'ad dan samud, dengan mengingkari ajaran para rasul yang diutus kepada mereka yang telah kami binasakan dengan azab yang menimpa mereka. Dan kami jadikan generasi yang lain setelah mereka musnah sebagai pengganti.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penafsiran dari berbagai ahli tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Anbiya ayat 10 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Bantulah perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dicari

Kaji berbagai topik yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Qashash 77, Ayat 15 (Lima Belas), Ar-Rahman 13, Ar-Rum 21, Fatir 37, Ibrahim 7. Serta Al-Buruj, Al-Isra, Al-Baqarah 177, An-Nisa 36, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Yasin 82.

  1. Al-Qashash 77
  2. Ayat 15 (Lima Belas)
  3. Ar-Rahman 13
  4. Ar-Rum 21
  5. Fatir 37
  6. Ibrahim 7
  7. Al-Buruj
  8. Al-Isra
  9. Al-Baqarah 177
  10. An-Nisa 36
  11. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  12. Yasin 82

Pencarian: surat at-taubah ayat 9, surah al a'raf ayat 56, surat al-imran ayat 92, albaqarah ayat 90, surah al-ahzab ayat 33

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: