Quran Surat Thaha Ayat 83

۞ وَمَآ أَعْجَلَكَ عَن قَوْمِكَ يَٰمُوسَىٰ

Arab-Latin: Wa mā a'jalaka 'ang qaumika yā mụsā

Terjemah Arti: Mengapa kamu datang lebih cepat daripada kaummu, hai Musa?

Tafsir Quran Surat Thaha Ayat 83

Dan urusan apa yang membuatmu datang lebih cepat (wahai Musa) sehingga kamu mendahului mereka menuju sisi kanan gunung thursina dan kamu tinggalkan mereka di belakangmu?

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

83. Dan apa yang menyebabkanmu datang lebih cepat dari kaummu -wahai Musa-, sehingga engkau mendahului dan meninggalkan mereka di belakangmu?

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

83-84. Allah menegur Nabi Musa ketika dia mendahului kaumnya menuju sisi gunung Thur: “Apa yang membuatmu terburu-buru dan meninggalkan kaummu pergi ke gunung Thur?”

Nabi Musa menjawab: “Mereka akan segera menyusulku, dan aku terburu-buru menuju kepada-Mu agar Engkau meridhaiku karena telah memenuhi janji yang telah ditentukan.”

📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

83. وَمَآ أَعْجَلَكَ عَن قَوْمِكَ يٰمُوسَىٰ (Mengapa kamu datang lebih cepat daripada kaummu, hai Musa?)
Yakni perjanjian yang Allah berikan adalah agar Musa datang bersama sekolompok orang pilihan dari kaumnya, maka Musa datang bersama mereka, namun kemudian dia mendahului mereka karena tidak sabar lagi untuk bertemu Tuhannya. Maka Allah berfirman kepadanya “Apa yang membuatmu terburu-buru?” yakni apa yang membuatmu terburu-buru sehingga kamu meninggalkan kaummu dan terpisah dari mereka.

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. Lalu Allah menanyai Musa terkait sesuatu yang tengah terjadi saat itu, dimulai dengan menegur Musa: “Apa yang mendorongmu untuk tergesa-gesa dalam berjalan, sehingga kamu meninggalkan kaummu dan mendahului mereka, wahai Musa?”

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

83. Sebelumnya, Allah menjanjikan Musa guna menemuiNya untuk menurunkan Taurat kepada beliau selama tiga puluh malam. Beliau menyempurnakannya dalam sepuluh malam. Ketika waktu pertemuan telah tiba, Musa bersegera menghadiri waktu pertemmuan lantaran kerinduan dan semangat terhadap apa yang dijanjikan. Allah berfirman kepadanya, “Mengapa kamu datang lebih cepat daripada kaummu, hai Musa?” maksudnya, apakah yang mendorongmu lebih bersegera daripada kaummu? Kenapa engkau tidak bersabar saja, hingga datang bersama kaummu?

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Allah telah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) setelah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Dia menyempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Musa pun bersegera mendatangi tempat perjanjian karena rindu kepada Tuhannya dan mengharapkan janji-Nya.

Untuk menerima Taurat.

Yakni mengapa engkau tidak sabar dahulu, sehingga datang bersama dengan mereka.

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah menegur nabi musa karena tergesa-gesa meninggalkan kaumnya. Mendapat janji Allah yang sangat menggembirakan itu, nabi musa bergegas menuju tempat yang ditetapkan sehingga Allah menegurnya, 'dan mengapa engkau datang lebih cepat daripada kaummu, wahai musa' bukanlah akan lebih baik bila engkau datang bersama mereka''84. Nabi musa menduga bani israil mengikutinya di belakang. Dia berkata, 'itu mereka sedang menyusul aku. Tidak lama lagi mereka akan tiba. Dan aku bersegera datang kepada-Mu, ya tuhanku, agar engkau rida dan memberiku restu-Mu. '.

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 020. Thaha