Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 79

وَأَضَلَّ فِرْعَوْنُ قَوْمَهُ وَمَا هَدَىٰ

Arab-Latin: Wa aḍalla fir'aunu qaumahụ wa mā hadā

Terjemah Arti: Dan Fir'aun telah menyesatkan kaumnya dan tidak memberi petunjuk.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan Fir’aun telah menyesatkan kaumnya dengan apa yang telah dia tampakkan indah pada mata mereka berupa kekafiran dan pendustaan dan tidaklah dia memandu mereka menuju jalan hidayah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

79. Dan Fir'aun telah menyesatkan kaumnya dengan memperindah kekafiran kepada mereka, menipu mereka dengan berbagai kebatilan, dan tidak menunjukkan mereka jalan petunjuk.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

79. وَأَضَلَّ فِرْعَوْنُ قَوْمَهُۥ (Dan Fir’aun telah menyesatkan kaumnya)
Menyesatkan mereka dari petunjuk, dan dia tidak menuntun mereka ke jalan keselamatan ketika dia berjalan bersama mereka pada jalan yang ditempuh oleh Bani Israil di tengah lautan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

79. Fir’aun menyesatkan kaumnya dari petunjuk dalam agama dan apa yang menunjukkan mereka kepada kebaikan dengan menyeru mereka untuk menuhankan dan menyembahnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Karena mengajak mereka menyembahnya. Demikian juga karena ia menghiasi kekufuran di hadapan kaumnya, memperburuk apa yang dibawa Nabi Musa ‘alaihis salam dan mempengaruhi mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan sejak dulu sampai meninggalnya fir'aun memang telah menyesatkan kaumnya dan tidak pernah memberi petunjuk ke jalan yang benar. 80. Mengingatkan betapa besar nikmat-Nya kepada bani israil, Allah berfirman, 'wahai bani israil! sungguh, kami telah menyelamatkan kamu dari musuhmu, yaitu fir'aun dan tentaranya, dan kami telah mengadakan perjanjian dengan kamu melalui nabi musa untuk bermunajat dan berada di tempat yang telah ditetapkan, yaitu di sebelah kanan gunung sinai, dan kami telah menurunkan kepada kamu mann dan salwa sebagai bahan akanan untuk kelangsungan hidupmu.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 80 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 81 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 82, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 83, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 84, Makna Surat Thaha Ayat 85

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!