Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 60

فَتَوَلَّىٰ فِرْعَوْنُ فَجَمَعَ كَيْدَهُ ثُمَّ أَتَىٰ

Arab-Latin: Fa tawallā fir'aunu fa jama'a kaidahụ ṡumma atā

Terjemah Arti: Maka Fir'aun meninggalkan (tempat itu), lalu mengatur tipu dayanya, kemudian dia datang.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maka Fir’aun berpaling mengabaikan ajakan yang dibawa Musa kepadanya berupa kebenaran. Lalu dia mengumpulkan tukang-tukang sihirnya dan setelah itu dia datang pada waktu pertemuan (yang telah disepakati).

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

60. Maka Fir'aun meninggalkan tempat itu lalu mengatur dan mengumpulkan makar dan tipu dayanya. Kemudian ia datang pada waktu dan tempat yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengadu kekuatan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

60. فَجَمَعَ كَيْدَهُۥ (lalu mengatur tipu dayanya)
Yakni Fir’aun mengatur sihir dan tipu daya serta mengumpulkan para tukang sihir.

ثُمَّ أَتَىٰ( kemudian dia datang)
Yakni datang ke pertemuan itu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

60. Lalu Fir’aun membubarkan diri dari pertemuan itu dan mengumpulkan sesuatu yang hampir serupa dengannya, yaitu para penyihir dan alat perlengkapan mereka, kemudian memberikan janji untuk mereka.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yang ia sanggupi, dan ia mengirimkan orang yang akan mengumpulkan para penyihir yang ahli di berbagai kota. Ketika itu, sihir sedang marak dan ilmu sihir disukai oleh manusia, maka terkumpullah para penyihir dalam jumlah banyak dan mereka pun hadir pada hari yang ditentukan. Pada hari itu, lapangan penuh dihadiri oleh kaum laki-laki dan wanita, para pembesar dan orang-orang terhormat, orang-orang awam, orang dewasa dan anak-anak.

Setelah Fir'aun mengatur tipu dayanya, maka Fir'aun bersama pengikut-pengikutnya datang ke tempat yang ditentukan itu.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Kesepakatan untuk mengadu mukjizat musa dengan sihir para penyihir fir'aun terjalin. Maka fir'aun meninggalkan tempat pertemuan itu, lalu dengan segera dia mengatur tipu dayanya untuk mengalahkan nabi musa. Setelah waktu yang disepakati tiba, kemudian dia datang kembali bersama para penyihir dan orang-orang yang akan menyaksikan peristiwa tersebut. 61. Setelah berhadapan dengan para penyihir itu, nabi musa berkata kepada mereka, 'wahai para penyihir, celakalah kamu! janganlah kamu mengada-adakan kedustaan terhadap Allah, seperti menuhankan fir'aun, meremehkan rasul Allah, dan menganggap mukjizatku sebagai sihir. Ingatlah, nanti dia akan membinasakan kamu dengan azab yang sangat pedih. ' dan sungguh, akan rugi orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allah.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 61 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 62 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 63, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 64, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 65, Makna Surat Thaha Ayat 66

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!