Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 46

قَالَ لَا تَخَافَا ۖ إِنَّنِي مَعَكُمَا أَسْمَعُ وَأَرَىٰ

Arab-Latin: Qāla lā takhāfā innanī ma'akumā asma'u wa arā

Terjemah Arti: Allah berfirman: "Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

46-48. Allah berfirman kepada Musa dan Harun, “Janganlah kalian berdua takut kepada Fir’aun. Sesungguhnya Aku bersama kalian berdua, mendengar ucapan kalian berdua dan melihat tindakan-tindakan kalian berdua. Maka tetaplah pergi kepadanya dan katakanlah kepadanya, ‘Sesungguhnya kami berdua adalah utusan kepadamu dari Tuhanmu, agar kamu membebaskan orang-orang Bani Israil, dan janganlah membebani mereka pekerjaan-pekerjaan yang tidak dapat mereka pikul. Sesungguhnya kami telah datang kepadamu dengan membawa bukti mukjizat yang amat luar biasa dari Tuhanmu yang menunjukkan kebenaran kami dalam dakwah kami ini. Dan keselamatan dari siksaan Allah tercurah bagi orang yang mengikuti petunjukNya.’ Sesungguhnya Tuhanmu telah mewahyukan kepada kami bahwa siksaanNYa itu ditimpakan atas orang-orang yang mendustakan dan berpaling dari dakwah dan ajaran syariatNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

46. Allah berfirman kepada keduanya, "Janganlah kalian berdua khawatir, sesungguhnya Aku bersama kalian untuk menolong dan melindungi kalian, dan Aku mendengar dan melihat apa yang akan terjadi antara kalian dan dia.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

46. قَالَ لَا تَخَافَآ ۖ إِنَّنِى مَعَكُمَآ (Allah berfirman: “Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua)
Dengan pertolongan-Ku bagi kalian dalam melawan Fir’aun.

أَسْمَعُ وَأَرَىٰ (Aku mendengar dan melihat)
Apa yang terjadi antara kalian dengan Fir’aun, dan Aku tidak akan lalai dari kalian.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

46. Allah SWT berfirman kepada keduanya: “Janganlah kalian berdua takut, sesungguhnya aku bersama kalian berdua untuk memberi pertolongan, bantuan dan penjagaan. Aku mendengar dan melihat apa yang terjadi di antara kalian berdua dengan Fir’aun”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dengan memberikan pertolongan.

Apa yang diucapkannya.

Apa yang dilakukannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Menenangkan nabi musa dan harun, dia berfirman, 'janganlah kamu berdua khawatir menghadapi fir'aun dan para pengikutnya. Sesungguhnya aku selalu bersama kamu berdua. Aku akan melindungimu dan menolongmu. Aku mendengar ucapan dan ajakanmu serta mendengar pula apa pun yang dikatakan fir'aun. Dan aku juga melihat apa yang kamu lakukan untuk menjalankan perintah-ku serta melihat apa yang diperbuat oleh fir'aun47. Kamu berdua ada dalam lindungan-ku, maka janganlah takut. Pergilah kamu berdua kepadanya dan katakanlah, 'sesungguhnya kami berdua adalah utusan tuhanmu yang telah menganugerahkan beragam nikmat kepadamu, wahai fir'aun. Dia juga tuhan kami dan bani israil. Kami mengajakmu beriman kepada-Nya, maka lepaskanlah bani israil bersama kami agar kita semua menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya, dan janganlah engkau menyiksa mereka seperti yang selama ini kaulakukan. Sesungguhnya kami datang kepadamu dengan membawa bukti nyata tentang risalah kami dari tuhanmu, yakni berupa tongkat yang dapat berubah wujud menjadi ular dan tangan yang bersinar. Dan ketahuilah, wahai fir'aun, keselamatan itu akan dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk Allah yang disampaikan oleh rasul-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 47 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 48 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 49, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 50, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 51, Makna Surat Thaha Ayat 52

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!