Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 9

وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ مُوسَىٰ

Arab-Latin: Wa hal atāka ḥadīṡu mụsā

Terjemah Arti: Apakah telah sampai kepadamu kisah Musa?

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan apakah telah sampai kepadamu, (wahai Rasul) berita tentang Musa bin Imran? Dan dia datang dari Negri Madyan menuju ke Mesir.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9. "Wahai Rasul! Sungguh telah sampai kepadamu kisah Musa bin Imran -'alaihissalām-.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. وَهَلْ أَتَىٰكَ حَدِيثُ مُوسَىٰٓ (Apakah telah sampai kepadamu kisah Musa?)
Yakni kisah Nabi Musa dalam melawan Fir’aun dan pengikutnya. Dalam kisah ini terdapat pelipur lara bagi Rasulullah atas kesulitan yang beliau temui dalam menjalankan kenabian.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. Apakah telah sampai kepadamu kabar dan kisah tentang Musa dengan Fir’aun dan pengikutnya?

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah Ta’ala berfirman kepada Nabi-Nya Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dengan pertanyaan sebagai taqrir (penetapan) dan ta’zhim (pengagungan) terhadap kisah itu.

Yakni pada awal kebahagiaannya dan awal kenabiannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Usai menjelaskan keagungan Al-Qur'an dan tugas berat yang diamanahkan kepada rasulullah, pada ayat-ayat berikut Allah menguraikan kisah nabi musa yang juga diberi amanah berat, yaitu berdakwah kepada fir'aun yang sangat ingkar. Kisah ini dimaksudkan untuk menguatkan nabi Muhammad dalam berdakwah. Dan apakah telah sampai kepadamu, wahai nabi Muhammad, kisah musa saat akan menerima tugas kerasulan'10. Ketika dalam perjalanan menuju mesir, dia melihat api yang menyala terang, lalu dia berkata kepada keluarganya yang menyertainya dalam perjalanan itu, 'tinggAllah kamu di sini sampai aku kembali. Sesungguhnya aku melihat api. Mudah-Mudahan aku dapat membawa sedikit nyala api kepadamu agar kita dapat menghangatkan badan pada malam yang dingin ini, atau aku akan mendapat petunjuk dari seseorang yang ada di sekitar tempat api itu. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 10 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 11 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 12, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 13, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 14, Makna Surat Thaha Ayat 15

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!