Daftar Isi > Maryam > Maryam 92

Surat Maryam Ayat 92

وَمَا يَنۢبَغِى لِلرَّحْمَٰنِ أَن يَتَّخِذَ وَلَدًا

Arab-Latin: Wa mā yambagī lir-raḥmāni ay yattakhiża waladā

Artinya: Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.

« Maryam 91Maryam 93 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Maryam Ayat 92

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 92 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Ada berbagai penjabaran dari banyak ulama mengenai kandungan surat Maryam ayat 92, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Tidak sepantasnya bagi Allah yang maha pengasih dan tidak layak dengan keagunganNya untuk mengambil anak. Sebab, mengambil anak menunjukan kekuarangan dan kebutuhan. Sedangkan Allah Dia maha kaya, maha terpuji, bebas dari seluruh jenis kekuarangan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

92. Dan tidak pantas bagi Yang Maha Pengasih memiliki seorang anak, sebab Dia tersucikan dari hal tersebut.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

92. وَمَا يَنۢبَغِى لِلرَّحْمٰنِ أَن يَتَّخِذَ وَلَدًا (Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak)
Yakni tidak layak bagi-Nya sebab ini merupakan sifat kekurangan bagi-Nya. Maha Tinggi dan Maha Suci Allah dari apa yang mereka katakan.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

92. Tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah disebut mempunyai anak. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, sehingga tidak butuh penolong


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Tidak sepantasnya bagi Dzat Yang Maha Pengasih} tidak benar dan tidak sepantasnya Dzat Yang Maha Pengasih {mengangkat anak


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


92. Padahal, sejatinya “tidak layak,” maksudnya tidak pantas dan tidak akan mungkin terjadi “bagi Dzat Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak,” hal tersebut karena “memiliki anak” merupakan sifat kurang dan kebutuhan Allah kepadanya, padahal Allah itu Mahakaya (tidak butuh) lagi Maha Terpuji. Di samping itu, anak itu mirip dengan bapaknya, sementara Allah tidak ada sesuatu pun yang mirip, serupa atau sama denganNya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 92: Yang demikian karena mempunyai anak menunjukkan kekurangan dan kebutuhannya, sedangkan Allah Mahakaya lagi Maha terpuji. Di samping itu, anak itu sama dengan bapaknya, sedangkan Allah Subhaanahu wa Ta'aala tidak ada sesuatu pun yang sama dan serupa dengan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 92

Dan sungguh, tidak mungkin bagi Allah yang maha pengasih mempunyai atau mengangkat anak. Allah yang mahakaya tidak membutuhkan apa pun. Jika dia mempunyai anak, pasti anak itu serupa dengan-Nya, dan hal ini akan menghilangkan esensi keesaan-Nya. 93. Untuk menguatkan tidak adanya anak bagi-Nya, Allah menyatakan bahwa tidak ada seorang pun di langit dan di bumi, yaitu di alam semesta ini, melainkan kelak di hari kiamat akan datang dan menghadap kepada Allah yang maha pengasih sebagai seorang hamba. Mereka datang dengan tunduk dan patuh.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beragam penjelasan dari banyak ulama mengenai makna dan arti surat Maryam ayat 92 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: