Daftar Isi > Maryam > Maryam 82

Surat Maryam Ayat 82

كَلَّا ۚ سَيَكْفُرُونَ بِعِبَادَتِهِمْ وَيَكُونُونَ عَلَيْهِمْ ضِدًّا

Arab-Latin: Kallā, sayakfurụna bi'ibādatihim wa yakụnụna 'alaihim ḍiddā

Artinya: Sekali-kali tidak. Kelak mereka (sembahan-sembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya, dan mereka (sembahan-sembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka.

« Maryam 81Maryam 83 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Maryam Ayat 82

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 82 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan beberapa penjabaran dari para ahli tafsir berkaitan isi surat Maryam ayat 82, antara lain seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Persoalannya tidak seperti yang mereka duga. Sesembahan-sesembahan itu tidak akan mendatangkan kekuatan bagi mereka. bahakan justru sesembahan itu akan mengingkari penyembahan mereka di akhirat kelak. dan akan menjadi musuh-musuh dengan memusuhi dan mendustakan mereka, berkebalikan dengan apa yang mereka duga sebelumnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

82. Hal itu sama sekali tidak seperti yang mereka klaim! Tuhan-tuhan yang disembah selain Allah ini kelak akan mengingkari penyembahan orang-orang musyrik itu terhadap mereka pada hari Kiamat, berlepas diri dari mereka dan akan menjadi musuh bagi mereka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

82. كَلَّا ۚ سَيَكْفُرُونَ بِعِبَادَتِهِمْ (sekali-kali tidak. Kelak mereka (sembahan-sembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya)
Yakni kenyataannya tidak seperti yang mereka kira, namun berhala-berhala ini akan mengingkari peribadatan mereka terhadapnya ketika Allah menjadikannya dapat berbicara.

وَيَكُونُونَ عَلَيْهِمْ ضِدًّا(dan mereka (sembahan-sembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka)
Yakni sembahan-sembahan yang mereka kira menjadi kemuliaan bagi mereka, akan menjadi lawan dan musuh mereka, padahal mereka telah mencintai dan mengimani sembahan-sembahan mereka tersebut.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

81-82
Tidaklah seorang hamba menggantungkan harapan dan tawakkalnya kepada selain Allah melainkan ia akan binasakan dari tujuan itu, dan ketika ia meminta pertolongan kepada selain-Nya maka pasti akan gugur.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

82. Sekali-kali tidak. Kelak mereka para sembahan itu akan mengingkari penyembahan oelh para pengikutnya, dan mereka para sembahan itu akan menjadi musuh bagi mereka, bukan penolong


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sama sekali tidak} Itu tidak seperti yang mereka anggaokan {Mereka akan mengingkari penyembahan mereka} tuhan-tuhan yang mereka anggap itu akan selain Allah akan mengingkari para penyembah mereka {dan bagi mereka akan menjadi} dan tuhan-tuhan itu bagi orang-orang musyrik akan menjadi {musuh} musuh dan lawan


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 82: Lihat surah Yunus: 28-29.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 82

Apa yang orang kafir yakini sama sekali tidak benar! harapan mereka akan sia-sia. Kelak berhala sesembahan mereka itu akan mengingkari penyembahan mereka terhadapnya, dan sesembahan itu akan menjadi musuh bagi mereka dan justru memohon agar orang kafir itu disiksa karena perilakunya. 83. Wahai nabi Muhammad, tidakkah engkau melihat bahwa sesungguhnya kami telah mengutus setan-setan itu kepada orang-orang kafir yang selalu ingkar dan engggan bertobat untuk mendorong mereka berbuat maksiat dengan sungguh-sungguh sehingga mereka semakin terperosok dalam kesesatannya'.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan isi dan arti surat Maryam ayat 82 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi ummat. Sokong dakwah kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: