Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 54

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِسْمَاعِيلَ ۚ إِنَّهُ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُولًا نَبِيًّا

Arab-Latin: Ważkur fil-kitābi ismā'īla innahụ kāna ṣādiqal-wa'di wa kāna rasụlan nabiyyā

Terjemah Arti: Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan ceritakanlah (wahai rasul) di dalam al-qur’an ini kisah ismail , sesungguhnya dia seorang yang jujur dalam menepati janjinyya, tidaklah dia mengemukakan suatu janji, kecuali dia pasti menepatinya. Dan dia adalah seorang rasul lagi nabi.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

54. Dan ceritakanlah -wahai Rasul- kisah Ismail -'alaihissalām- dalam Al-Qur`ān yang diturunkan kepadamu. Sungguh dia benar-benar orang yang benar janjinya, tidaklah ia membuat satu janji kecuali menepatinya, dan sungguh ia seorang Nabi dan Rasul.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

54. إِنَّهُۥ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ (Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya)
Allah menyifati Ismail dengan orang yang menepati janji padahal seluruh nabi memiliki sifat tersebut karena dia terkenal dalam hal ini serta sifatnya dalam hal ini sangat besar; contoh dari sifat menepati janjinya ini bahwa dia pernah berjanji kepada Ayahnya akan bersabar jika dia disembelih Ayahnya, dan dia benar-benar menepati janjinya; hal ini disebutkan dalam surat as-Saffat: 102.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

54. Ceritakanlah kepada mereka wahai Nabi tentang kisah Ismail yang tersebut di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang terkenal menepati janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi dari Tuhannya kepada kabilah Jurhum. Dia diutus menyampaikan syariat Nabi Ibrahim, nabi yang telah menyampaikan syariat Allah

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Di mana dari Beliau lahir bangsa Arab.

Yakni selalu menepati janji, baik janji dengan Allah maupun janji dengan manusia. Oleh karena itu, ketika beliau berjanji siap untuk disembelih, beliau berkata kepada ayahnya, “Engkau akan mendapatiku insya Allah termasuk orang yang sabar.” Beliau memenuhi janjinya dan mempersilahkan bapaknya menyembelihnya, yang kemudian Allah tebus dengan kambing sebagai ganti Isma’il, di mana di dalam kisah beliau banyak pelajaran yang dapat diambil, salah satunya adalah bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala tidaklah memberikan ujian dengan ujian yang sampai membinasakan dirinya, kalau pun seakan-akan seperti membinasakan dirinya, maka hal itu agar diketahui dengan jelas sejauh mana kesabarannya.

Yang diutus kepada suku Jurhum. Ayat ini menunjukkan keutamaan Nabi Isma’il di atas saudaranya, yaitu Ishak, karena Ishaq hanya disifati dengan kenabian saja, sedangkan Isma’il disifati dengan kenabian dan kerasulan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Usai berkisah tentang nabi musa, Allah beralih menceritakan kisah nabi ismail. Wahai nabi Muhammad, dan ceritakanlah kepada umatmu kisah nabi ismail putra nabi ibrahim seperti yang diwahyukan kepadamu di dalam kitab Al-Qur'an. Terangkanlah bahwa dia betul-betul seorang yang benar perkataannya dan selalu menepati janjinya. Dia telah kami tetapkan pula sebagai seorang rasul bagi kaumnya, yaitu suku jurhum, salah satu kabilah arab yang berasal dari yaman, dan dia juga diangkat sebagai nabi yang dianugerahi kedudukan dan derajat tinggi. 55. Dengan kerasulan itu nabi ismail mengajak kaumnya mematuhi Allah dan dia selalu menyuruh keluarganya untuk melaksanakan salat sebagai ibadah dan ungkapan syukur kepada-Nya dan menunaikan zakat kepada mereka yang berhak mendapatkannya. Dengan ketulusan dan keteguhannya memegang janji, dia menjadi salah seorang yang diridai di sisi tuhannya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 55 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 56 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 57, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 58, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 59, Makna Surat Maryam Ayat 60

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Tafsir Maryam 54