Daftar Isi > Maryam > Maryam 53

Surat Maryam Ayat 53

وَوَهَبْنَا لَهُۥ مِن رَّحْمَتِنَآ أَخَاهُ هَٰرُونَ نَبِيًّا

Arab-Latin: Wa wahabnā lahụ mir raḥmatinā akhāhu hārụna nabiyyā

Artinya: Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi.

« Maryam 52Maryam 54 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Maryam Ayat 53

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 53 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan berbagai penafsiran dari para mufassirin terkait kandungan surat Maryam ayat 53, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami telah menganugerahkan sebagian rahmat kami kepada Musa, yaitu saudaranya, harun, menjadi seorang nabi yang mendukung dan membelanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

53. Dan Kami telah menganugerahkan sebagian rahmat dan karunia Kami padanya dengan menjadikan saudaranya, Harun -'alaihissalām- sebagai Nabi; karena mengabulkan doanya ketika memohon hal tersebut.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

53. وَوَهَبْنَا لَهُۥ مِن رَّحْمَتِنَآ (Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami)
Yakni bagian dari nikmat yang diberikan kepadanya adalah saudaranya.

هٰرُونَ نَبِيًّا (Harun menjadi seorang nabi)
Hal ini setelah Nabi Musa meminta Tuhannya dengan berkata:
واجعل لي وزيرا من أهلي. هارون أخي
“dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku. (yaitu) Harun, saudaraku.”


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

53. Kami telah menganugerahkan sebagian rahmat Kami kepadanya, yaitu saudaranya Harun menjadi seorang nabi. Ketika dia berdoa: “Ya Allah jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku yaitu saudaraku Harun.” (Thaha:29-30)


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun, sebagai nabi


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

53. “Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya Harun menjadi seorang nabi.” Anugerah ini termasuk sifat keutamaan Nabi Musa, kebaikan dan ketulusannya yang paling besar kepada saudaranya. Dia memohon agar Allah menjadikan saudaranya sebagai teman dalam urusannya dan menjadikannya juga sebagai rasul. Maka Allah pun mengabulkan permohonannya itu. Allah memberikan rahmat bagi Musa kepada saudaranya yaitu Harun sebagai seorang nabi. Maka (dengan demikian) kenabian Harun mengikuti kenabian Musa Maka dia membantu tugas Musa dan menolongnya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 53: Allah mengabulkan permintaan Nabi Musa ‘alaihis salam, ketika beliau meminta agar saudaranya, yaitu Harun diutus pula bersamanya, dan Harun lebih tua usianya daripada Musa.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 53

Dan kami telah menganugerahkan kepada nabi musa sebagian rahmat kami kepadanya sesuai permintaan yang dipanjatkan kepada kami, yaitu ketika dia memohon agar saudaranya, harun, diizinkan untuk membantunya dalam melaksanakan tugas kerasulan. Kami tetapkan saudaranya itu menjadi seorang nabi. '54. Usai berkisah tentang nabi musa, Allah beralih menceritakan kisah nabi ismail. Wahai nabi Muhammad, dan ceritakanlah kepada umatmu kisah nabi ismail putra nabi ibrahim seperti yang diwahyukan kepadamu di dalam kitab Al-Qur'an. Terangkanlah bahwa dia betul-betul seorang yang benar perkataannya dan selalu menepati janjinya. Dia telah kami tetapkan pula sebagai seorang rasul bagi kaumnya, yaitu suku jurhum, salah satu kabilah arab yang berasal dari yaman, dan dia juga diangkat sebagai nabi yang dianugerahi kedudukan dan derajat tinggi.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah beragam penjabaran dari berbagai ulama tafsir terhadap isi dan arti surat Maryam ayat 53 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita bersama. Dukung kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: