Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 44

يَا أَبَتِ لَا تَعْبُدِ الشَّيْطَانَ ۖ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلرَّحْمَٰنِ عَصِيًّا

Arab-Latin: Y& abati lā ta'budisy-syaiṭān, innasy-syaiṭāna kāna lir-raḥmāni 'aṣiyyā

Terjemah Arti: Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Wahai ayahku, janganlah engkau menaati setan, sehingga engkau mau menyembah berhala-berhala ini. Sesungguhnya setan itu durhaka terhadap tuhan yang maha pengasih dan dia angkuh untuk taaat kepada Allah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

44. Wahai ayahku! Janganlah engkau menyembah setan dengan cara mentaatinya, sesungguhnya setan itu telah durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, sebab ia enggan ketika diperintah untuk sujud kepada Adam.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

44. يٰٓأَبَتِ لَا تَعْبُدِ الشَّيْطٰنَ ۖ (Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah syaitan)
Yakni janganlah kamu mentaati setan, sebab penyembahan terhadap berhala-berhala tidak lain adalah ketaatan kepada setan.

إِنَّ الشَّيْطٰنَ كَانَ لِلرَّحْمٰنِ عَصِيًّا(Sesungguhnya syaitan itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah)
Ketika dia enggan melakukan perintah Tuhannya untuk bersujud kepada Adam. Dan makhluk yang durhaka layak untuk diambil kenikmatan darinya dan ditimpakan kepadanya siksaan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

44. Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah dan mematuhi ajakan syaitan untuk menyembah berhala. Sesungguhnya penyembahanmu kepada berhala pada hakikatnya dalah penyembahan kepada syaitan, sebab dialah yang memerintahkanmu. Sesungguhnya bila engkau menaati syaitan untuk menyembah berhala, maka engkau menjadi penyembahnya. Sesunguhnya syaitan itu banyak durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah dan banyak membangkang atas perintah-Nya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yaitu dengan menaatinya untuk menyembah patung. Menurut Syaikh As Sa’diy, dikatakan menyembah setan adalah karena orang yang menyembah selain Allah sama saja menyembah setan.

Barang siapa yang mengikuti jejak langkahnya, maka sama saja telah menjadikan kawannya, dan ia akan bermaksiat kepada Allah seperti halnya setan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Nabi ibrahim menerangkan betapa tidak bermanfaatnya ibadah ayahnya selama ini. Dia berkata, 'wahai ayahku, janganlah engkau menyembah setan, yaitu patung dan berhala itu atau lainnya, dan jangan engkau ikuti bisikan makhluk pengingkar itu. Setan selalu ingin manusia tersesat dan mengingkari Allah. Sesungguhnya setan itu sejak dulu durhaka kepada tuhan yang maha pengasih. 45. Memperingatkan orang tuanya, nabi ibrahim berkata, 'wahai ayahku, aku sungguh khawatir bila engkau terus menyembah berhala dan tidak bertobat serta beribadah kepada Allah, engkau akan ditimpa azab dari tuhan yang maha pengasih yang telah menganugerahkan rahmat dan kasih-Nya kepada kita, sehingga karena siksa-Nya yang pedih itu engkau menjadi teman bagi setan di neraka dan kekal di dalamnya. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 45 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 46 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 47, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 48, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 49, Makna Surat Maryam Ayat 50

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!