Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 17

فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

Arab-Latin: Fattakhażat min dụnihim ḥijābā, fa arsaln& ilaihā rụḥanā fa tamaṡṡala lahā basyaran sawiyyā

Terjemah Arti: Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maka dia mengadakan tabir penutup yang menutupinya dari keluarga dan kaummnya. Lalu Kami mengutus malaikat jibril kepadanya, maka jibril menjelma di hadapannya dalam rupa manusia yang sempurna fisiknya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17. Lalu ia memasang tabir yang melindunginya dari kaumnya, agar mereka tidak melihat ibadahnya kepadaTuhannya. Lalu Kami mengutus Jibril -'alaihissalām- kepadanya, maka ia menampakkan diri di hadapannya dalam rupa manusia yang sempurna. Maryam pun merasa khawatir bila ia akan melakukan kejahatan pada dirinya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

17. فَاتَّخَذَتْ مِن دُونِهِمْ حِجَابًا (maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka)
Yakni penutup yang menghalanginya dari mereka agar mereka tidak melihatnya saat beribadah.

فَأَرْسَلْنَآ إِلَيْهَا رُوحَنَا(lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya)
Yakni malaikat Jibril.

فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا(maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna)
Yakni malaikat Jibril menyerupa menjadi seorang manusia yang mempunyai segala ciri-ciri bani Adam, sehingga Maryam mengira ia akan melakukan keburukan padanya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

17. Maka ia membuat tabir/penutup yang melindunginya dari mereka, sehingga tidak ada yang mengganggunya. Lalu Kami mengutus Jibril kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dia ber’uzlah (mengasingkan diri) dari manusia dan menyendiri untuk beribadah kepada Allah.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Sampai di tempat yang diinginkan, lalu dia memasang tabir yang memisahkan dan melindunginya dari mereka. Lalu kami mengutus roh kami, yaitu jibril, kepadanya untuk menyampaikan pesan kami. Begitu jibril sampai, maka dia menjelma atau menampakkan diri di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna, anggun, berwibawa, dan simpatik. 18. Maryam terkejut dan takut melihat jibril datang ke tempatnya menyendiri. Dia berkata, 'sungguh, aku berlindung kepada tuhan yang maha pengasih dan pemelihara terhadapmu, jika engkau orang yang bertakwa, menjauhlah dan jangan menggangguku. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 18 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 19 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 20, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 21, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 22, Makna Surat Maryam Ayat 23

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!