Ayat Tentang Takbiran

Takbiran (mengucapkan takbir sesuai yg diajarkan Nabi dalam riwayat yang shahih) adalah salah satu hal yang disunnahkan saat kita memasuki hari raya. Baik itu hari raya Idul Fithri maupun hari raya Idul Adha. Sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk mengerjakan hal tersebut, sehingga kadang kita penasaran apa landasan dari amalan tersebut? Adakah ayat tentang takbiran yang menjadi landasan?

Jawabnya, ada ayat yang memang terkait dengan takbiran, yaitu surat al-Baqarah ayat 185. Bagaimana tafsirnya dan apa kaitannya dengan takbiran? Berikut penjelasannya:

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Arab-Latin: syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān, fa man syahida mingkumusy-syahra falyaṣum-h, wa mang kāna marīḍan au 'alā safarin fa 'iddatum min ayyāmin ukhar, yurīdullāhu bikumul-yusra wa lā yurīdu bikumul-'usra wa litukmilul-'iddata wa litukabbirullāha 'alā mā hadākum wa la'allakum tasykurụn

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjelasan dari para mufassir terkait makna dan arti ayat tentang takbiran (arab, latin, artinya), semoga berfaidah bagi ummat. Sokonglah usaha kami dengan memberi backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dicari

Kaji banyak halaman yang paling sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Isra 25, Al-Jin, Ali ‘Imran 139, Tentang Al-Quran, Al-Hadid 20, Ali ‘Imran 97. Ada juga Ad-Dukhan, Al-Baqarah 45, Al-Qamar 49, At-Thalaq, Al-Ma’idah 8, Al-Baqarah 43.

  1. Al-Isra 25
  2. Al-Jin
  3. Ali ‘Imran 139
  4. Tentang Al-Quran
  5. Al-Hadid 20
  6. Ali ‘Imran 97
  7. Ad-Dukhan
  8. Al-Baqarah 45
  9. Al-Qamar 49
  10. At-Thalaq
  11. Al-Ma’idah 8
  12. Al-Baqarah 43

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: