Ayat Tentang Kebersihan

وَحَنَانًا مِّن لَّدُنَّا وَزَكَوٰةً ۖ وَكَانَ تَقِيًّا

Arab-Latin: wa ḥanānam mil ladunnā wa zakāh, wa kāna taqiyyā

Terjemah Arti: dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dan dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa,

Tafsir Ayat Tentang Kebersihan

Dan Kami telah berikan kepadanya rasa belas kasihan dan cinta kasih dari sisi kami serta kebersihan pribadi dari dosa-dosa. Dan dia adalah seorang yang takut dan taat kepada Allah , menjalankan kewajiban-kewajiban dariNya, menjauhi larangan-laranganNya. (Tafsir al-Muyassar)

Dan Kami berikan ia rahmat dari sisi Kami, dan Kami mensucikannya dari dosa, dan dia pun seorang yang bertakwa, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Dia adalah seorang yang taat dan ikhlas dalam beribadah (Tafsir al-Wajiz)

وَحَنَانًا مِّن لَّدُنَّا (dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami) Yakni Kami rahmati dia dengan rahmat dari sisi Kami. Makna (الحنان) yakni kasih sayang dan rasa cinta. Pendapat lain mengatakan, yakni Kami beri dia rahmat ke dalam hatinya dari sisi Kami agar dia memiliki rasa belas kasih terhadap orang lain sehingga dapat membebaskan mereka dari kekafiran dan kemaksiatan.وَزَكَوٰةً ۖ( dan kesucian) Makna (الزكاة) yakni pembersihan dan keberkahan. Yakni Kami jadikan dia orang yang membawa keberkahan bagi manusia yang memberi mereka petunjuk kepada kebaikan.وَكَانَ تَقِيًّا(Dan ia adalah seorang yang bertakwa) Yakni taat kepada Allah dan menjauhi kemaksiatan. (Zubdatut Tafsir)