Surat Yusuf Ayat 61

قَالُوا۟ سَنُرَٰوِدُ عَنْهُ أَبَاهُ وَإِنَّا لَفَٰعِلُونَ

Arab-Latin: Qālụ sanurāwidu 'an-hu abāhu wa innā lafā'ilụn

Artinya: Mereka berkata: "Kami akan membujuk ayahnya untuk membawanya (ke mari) dan sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya".

« Yusuf 60Yusuf 62 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Mengenai Surat Yusuf Ayat 61

Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 61 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan menarik dari ayat ini. Diketemukan pelbagai penjelasan dari berbagai ahli ilmu berkaitan makna surat Yusuf ayat 61, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mereka berkata, ”kami akan mengerahkan usaha kami untuk membujuk ayahnya agar mau melepasnya(pergi) bersama kami, dan kami tidak akan mengendorkan usaha untuk itu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

61. Para saudaranya berkata: “Kami akan berusaha memintanya dari ayah kami agar dia mengutusnya bersama kami, sungguh kami akan melakukan apa yang kamu minta.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

61. Saudara-saudaranya menjawab, "Kami akan memintanya kepada ayahnya. Dan kami akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk itu. Sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakan perintah anda dengan sungguh-sungguh."


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

61. قَالُوا۟ سَنُرٰوِدُ عَنْهُ أَبَاهُ (Mereka berkata: “Kami akan membujuk ayahnya untuk membawanya)
Yakni kami akan memohon darinya dengan sungguh-sungguh.
Terdapat pendapat mengatakan yang dimaksud adalah bujuk rayu dan tipu daya yang akan mereka kakukan kepada ayah mereka agar melepaskan Bunyamin kepada mereka.

وَإِنَّا لَفٰعِلُونَ (sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya)
Yakni melakukan bujuk rayu ini dengan sungguh-sungguh.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

61. Mereka berkata: “Kami akan berusaha membujuk ayahnya. Sungguh Kami akan melakukan hal itu dengan sungguh-sungguh”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka berkata,“Kami akan membujuk ayahnya} Kami akan berusaha meminta ayahnya untuk mengutusnya bersama kami {sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

61. Mereka berkata, “Kami akan membujuk ayahnya untuk membawanya (ke mari)”, ini menunjukkan bahwa Ya’qub sangat mencintainya, tidak tahan jauh darinya. Beliau menghibur diri dengan Bunyamin setelah Yusuf (tidak ada lagi). Oleh karena itu, membutuhkan proses pendekatan untuk membawanya bersama mereka “dan sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya”, atas perintahmu kepada kami.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 58-62
Maksudnya adalah bahwa para saudara Yusuf termasuk di antara orang yang meminta jatah makanan karena perintah ayah mereka. Telah sampai kepada mereka berita bahwa Aziz negeri Mesir akan menjual makanan kepada semua orang. Lalu para saudara nabi Yusuf datang dengan membawa barang-barang yang akan mereka tukarkan dengan makanan. Mereka berangkat berjumlah sepuluh orang, dan nabi Ya'qub menahan anaknya untuk tinggal bersamanya, yaitu saudara sekandung nabi Yusuf. dia adalah anak yang pal­ing dicintai setelah nabi Yusuf. Ketika mereka masuk menemui nabi Yusuf yang sedang duduk di atas singgasana dan dengan pakaian kebesarannya, dia mengenal mereka ketika melihat mereka, tetapi mereka tidak mengenalinya karena mereka karena sudah berpisah dengannya ketika nabi Yusuf masih kecil. Mereka menjual nabi Yusuf kepada kafilah yang lewat, dan mereka tidak mengetahui lagi ke mana nabi Yusuf dibawa. Mereka juga tidak curiga bahwa nabi Yusuf mendapatkan sesuatu yang sudah dia dapatkan itu. Oleh karena itu mereka tidak mengenalinya. Adapun nabi Yusuf, dia mengenali mereka.
(Dan tatkala Yusuf menyiapkan untuk mereka bahan makanannya) yaitu memenuhi timbangan mereka dan hewan pengangkut mereka telah membawanya, nabi Yusuf berkata, "Bawalah kemari saudara kalian yang kalian ceritakan itu, agar aku bisa mengetahui kebenaran cerita kalian” (tidakkah kalian melihat bahwa aku menyempurnakan sukatan dan aku adalah sebaik-baik penerima tamu?) dia menarik perhatian mereka agar kembali kepadanya, kemudian dia mengancam mereka (Jika kalian tidak membawanya kepadaku, maka kalian tidak akan mendapat sukatan lagi dariku) yaitu, jika kalian tidak datang membawa saudara kalian di lain waktu, maka kalian tidak akan mendapat bagian makanan lagi dariku ("dan jangan kalian mendekatiku” (60) Mereka berkata, "Kami akan membujuk ayahnya untuk membawanya (kemari) dan sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya” (61)) yaitu, kami akan berusaha untuk mendatangkannya kepadamu dengan segala kemampuan kami, agar engkau mengetahui kebenaran yang kami katakan.
(Yusuf berkata kepada pemuda-pemudanya) yaitu kepada pelayan-pelayannya (Masukkanlah barang-barang mereka) yaitu yang mereka berikan untuk ditukarkan dengan jatah makanan (ke dalam karung-karung mereka) yaitu dalam peti barang-barang mereka tanpa mereka sadari (mudah-mudahan mereka kembali) yaitu dengan membawanya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (سَنُرَٰوِدُ عَنۡهُ أَبَاهُ) sanuraawidu ‘anhu abaahu : kami akan berusaha meminta kepadanya.

Makna ayat :
Setelah memaksa mereka, mereka pun menjawab—sebagaimana yang Allah kabarkan dengan firmannya : (قَالُواْ سَنُرَٰوِدُ عَنۡهُ أَبَاهُ وَإِنَّا لَفَٰعِلُونَ) kami akan mengusahakan meminta ayah kami agar mengizinkan untuk membawanya kesini. (وَإِنَّا لَفَٰعِلُونَ) dan kami benar-benar akan membawanya, sebagaimana yang kami kabarkan kepadamu.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 61

Mendengar peringatan nabi yusuf tersebut, mereka berkata, kami berjanji akan membujuk ayahnya, nabi yakub, untuk membawanya bersama kami nanti, dan kami benar-benar berjanji akan melaksanakannya seperti yang engkau pesankan. Usai menyampaikan pesan tersebut kepada saudara-saudaranya, dia (nabi yusuf ) berkata kepada pelayan-pelayannya dengan maksud menanam budi, masukkanlah kembali barang-barang penukar yang tadi telah mereka tukarkan dengan makanan, ke dalam karung-karungnya, agar nanti mereka mengetahuinya apabila mereka telah kembali kepada keluarganya. Mudah-Mudahan dengan melihat barang-barang itu di karungkarung tersebut, mereka merasa berkewajiban untuk kembali lagi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penafsiran dari berbagai ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Yusuf ayat 61 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Dukunglah syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Sering Dicari

Kami memiliki ratusan halaman yang sering dicari, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 190, An-Nahl 114, Al-Fatihah 4, Al-A’raf 54, Al-Anbiya 30, At-Tin 4. Termasuk An-Nisa, Al-Muthaffifin, Al-Fatihah 5, Al-Humazah, Al-Ma’idah 48, At-Taubah.

  1. Ali ‘Imran 190
  2. An-Nahl 114
  3. Al-Fatihah 4
  4. Al-A’raf 54
  5. Al-Anbiya 30
  6. At-Tin 4
  7. An-Nisa
  8. Al-Muthaffifin
  9. Al-Fatihah 5
  10. Al-Humazah
  11. Al-Ma’idah 48
  12. At-Taubah

Pencarian: qs al baqarah 30, innal insana lafi khusrin, surat ke 70, al baqarah 1-7, innallaha ma'ashobirin surat apa

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: