Surat adz-Dzariyat Ayat 56-58

ูˆูŽู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชู ูฑู„ู’ุฌูู†ู‘ูŽ ูˆูŽูฑู„ู’ุฅูู†ุณูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ููŠูŽุนู’ุจูุฏููˆู†ู

Arab-Latin: wa mฤ khalaqtul-jinna wal-insa illฤ liya'budแปฅn

Artinya: Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

ู…ูŽุงู“ ุฃูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู… ู…ู‘ูู† ุฑู‘ูุฒู’ู‚ู ูˆูŽู…ูŽุงู“ ุฃูุฑููŠุฏู ุฃูŽู† ูŠูุทู’ุนูู…ููˆู†ู

Arab-Latin: mฤ urฤซdu min-hum mir rizqiw wa mฤ urฤซdu ay yuแนญ'imแปฅn

Artinya: Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan.

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat adz-Dzariyat Ayat 56-58

Didapatkan beraneka penjelasan dari beragam mufassirun mengenai makna surat adz-dzariyat ayat 56-58, di antaranya seperti termaktub:

Aku tidak menginginkan rizki dari mereka dan Aku tidak berharap mereka memberiKu makan, karena Aku adalah Pemberi rizki dan pemberi (segala sesuatu). Allah tidak membutuhkan makhlukNya, sebaliknya mereka yang membutuhkanNYa. Allah adalah pencipta mereka, Pemberi mereka rizki dan tidak membutuhkan mereka. (Tafsir al-Muyassar)

Aku tidak menginginkan rezeki dari mereka dan Aku tidak menginginkan mereka untuk memberi-Ku makan. (Tafsir al-Mukhtashar)

Aku tidak menghendaki pemberian dari hamba-hambaKu, Aku juga tidak butuh makanan mereka, karena sesungguhnya Aku adalah Dzat yang Maha Kaya, Dzat yang memiliki kekayaan mutlak dan Dzat yang memberikan rejeki dan makanan, bukan yang diberi makan (Tafsir al-Wajiz)

ู…ูŽุข ุฃูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู… ู…ูู‘ู† ุฑูู‘ุฒู’ู‚ู ูˆูŽู…ูŽุข ุฃูุฑููŠุฏู ุฃูŽู† ูŠูุทู’ุนูู…ููˆู†ู (Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan) Yakni Allah menciptakan mereka bukan untuk mendapat suatu manfaat dari mereka sebagaimana seorang tuan yang memanfaatkan budaknya, namun Dia Maha Kaya dan Maha Pemberi Rezeki. (Zubdatut Tafsir)

ุฅูู†ู‘ูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู‡ููˆูŽ ูฑู„ุฑู‘ูŽุฒู‘ูŽุงู‚ู ุฐููˆ ูฑู„ู’ู‚ููˆู‘ูŽุฉู ูฑู„ู’ู…ูŽุชููŠู†ู

Arab-Latin: innallฤha huwar-razzฤqu ลผul-quwwatil-matฤซn

Artinya: Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

Sesungguhnya hanya Allah semata Yang Maha Memberi rizki makhlukNya, Yang menjamin makanan mereka, Pemilik kekuatan yang kokoh, tidak ditundukkan dan tidak dikalahkan, karena Dia memiliki kuasa dan kekuatan sempurna. (Tafsir al-Muyassar)

Sesungguhnya Allah lah yang memberi rezeki kepada hamba-hamba-Nya, semuanya butuh kepada rezeki-Nya. Allah mempunyai kekuatan dan Mahakokoh yang tidak ada sesuatu pun yang mengalahkan-Nya. Semua jin dan manusia tunduk pada kekuatan-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Sesungguhnya hanya Allah yang memberi rejeki setiap yang membutuhkan dan Dzat yang Maha Kuat. {Al-Matiin} sebagai penegas kata sebelumnya. (Tafsir al-Wajiz)

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู‡ููˆูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฒูŽู‘ุงู‚ู (Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki) Yakni Dia yang memberi rezeki kepada seluruh makhluk dan mengatur urusan mereka. Dia tidak menciptakan mereka untuk mendapat suatu manfaat bagi-Nya. Maka dari itu hendaklah mereka menjalankan ibadah yang menjadi tujuan penciptaan mereka. ุฐููˆ ุงู„ู’ู‚ููˆูŽู‘ุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุชููŠู†ู (Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh) Yakni memiliki kekuatan yang sangat besar. (Zubdatut Tafsir)

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penafsiran dari banyak ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat adz-dzariyat ayat 56-58 (arab, latin, artinya), semoga membawa manfaat bagi kita bersama. Bantu perjuangan kami dengan memberi backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Sering Dilihat

Nikmati berbagai konten yang sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah, Al-Ma’un, At-Tin, Al-Insyirah, Yusuf 4, Al-‘Alaq. Ada juga Al-Fil, Ali ‘Imran 159, Alhamdulillah, Al-Baqarah 183, Al-Fath, Inna Lillahi.

  1. Al-Bayyinah
  2. Al-Ma’un
  3. At-Tin
  4. Al-Insyirah
  5. Yusuf 4
  6. Al-‘Alaq
  7. Al-Fil
  8. Ali ‘Imran 159
  9. Alhamdulillah
  10. Al-Baqarah 183
  11. Al-Fath
  12. Inna Lillahi

Pencarian: al-isra ayat 27, surat alkhafi, abasa 1-10, surat al ahad, al maidah ayat 58

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/pahala* untuk dapat pahala jariyah (gratis)

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini ๐Ÿ‘‰ pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti ๐Ÿ‘‰ klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: