Surat Az-Zariyat Ayat 57

ู…ูŽุงู“ ุฃูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู… ู…ู‘ูู† ุฑู‘ูุฒู’ู‚ู ูˆูŽู…ูŽุงู“ ุฃูุฑููŠุฏู ุฃูŽู† ูŠูุทู’ุนูู…ููˆู†ู

Arab-Latin: Mฤ urฤซdu min-hum mir rizqiw wa mฤ urฤซdu ay yuแนญ'imแปฅn

Artinya: Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan.

ยซ Az-Zariyat 56 โœต Az-Zariyat 58 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Dengan Surat Az-Zariyat Ayat 57

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zariyat Ayat 57 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan berharga dari ayat ini. Didapatkan variasi penjelasan dari beragam mufassirun berkaitan isi surat Az-Zariyat ayat 57, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Aku tidak menginginkan rizki dari mereka dan Aku tidak berharap mereka memberiKu makan, karena Aku adalah Pemberi rizki dan pemberi (segala sesuatu). Allah tidak membutuhkan makhlukNya, sebaliknya mereka yang membutuhkanNYa. Allah adalah pencipta mereka, Pemberi mereka rizki dan tidak membutuhkan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

57. Aku tidak menginginkan rezeki dari mereka dan Aku tidak menginginkan mereka untuk memberi-Ku makan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

57. ู…ูŽุข ุฃูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู… ู…ูู‘ู† ุฑูู‘ุฒู’ู‚ู ูˆูŽู…ูŽุข ุฃูุฑููŠุฏู ุฃูŽู† ูŠูุทู’ุนูู…ููˆู†ู (Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan)
Yakni Allah menciptakan mereka bukan untuk mendapat suatu manfaat dari mereka sebagaimana seorang tuan yang memanfaatkan budaknya, namun Dia Maha Kaya dan Maha Pemberi Rezeki.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

57. Aku tidak menghendaki pemberian dari hamba-hambaKu, Aku juga tidak butuh makanan mereka, karena sesungguhnya Aku adalah Dzat yang Maha Kaya, Dzat yang memiliki kekayaan mutlak dan Dzat yang memberikan rejeki dan makanan, bukan yang diberi makan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Aku tidak menghendaki rezeki sedikit pun dari mereka dan tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepadaKu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

57. Allah tidak menginginkan โ€œrizki sedikit pun dari mereka,โ€ dan tidak pula โ€œsupaya memberi Aku makan.โ€ Mahatinggi Allah Yang Mahakaya yang tidak memerlukan kepada siapa pun bagaimana pun juga, sebaliknya seluruh makhluk memerlukanNya dalam berbagai keperluan, kebutuhan pokok, dan lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 52-60
Allah SWT berfirman seraya menghibur NabiNya SAW bahwa sebagaimana orang-orang musyrik itu berkata kepadamu, orang-orang yang mendustakan para rasulNya terdahulu juga mengatakannya (Demikianlah tidak seorang rasul pun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka, melainkan mereka mengatakan, "Ia adalah seorang tukang sihir atau orang gilaโ€ (52)) Kemudian Allah berfirman (Apakah mereka saling berpesan tentang apa yang dikatakan itu?) yaitu apakah sebagian dari mereka saling berpesan dengan sebagian yang lain tentang ucapan itu? (Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas) Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas, hati mereka sama saja. Jadi orang-orang yang terakhir dari mereka mengatakan hal yang sama dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang sebelum mereka. Allah SWT berfirman: (Maka berpalinglah kamu dari mereka) yaitu wahai Muhammad, berpalinglah dari mereka (dan kamu sekali-kali tidak tercela) yaitu, Kami tidak mencelamu dengan itu (Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman (55)) yaitu sesungguhnya yang dapat menerima manfaat peringatan itu hanyaยญlah orang-orang yang hatinya beriman. Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku (56)) Sesungguhnya Aku menciptakan mereka agar Aku memerintahkan mereka untuk menyembahKu, bukan karena Aku membutuhkan mereka.
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (melainkan supaya mereka menyembah-Ku) yaitu agar mereka mengakui penyembahan mereka kepadaKu, baik dengan sukarela maupun terpaksa. Demikianlah menurut apa yang dipilih Ibnu Jarir. Ibnu Juraij berkata bahwa makna yang dimaksud adalah melainkan supaya mereka mengenalKu.
Firman Allah SWT: (Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan (57) Sesungguhnya Allah, Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh (58))
Firman Allah SWT: (Maka sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada bagian) yaitu bagian dari azab (seperti bagian teman-teman mereka (dahulu); maka janganlah mereka meminta kepada-Ku menyegerakannya) yaitu, maka janganlah mereka meminta untuk menyegerakan hal itu, karena sesungguhnya hal itu pasti akan terjadi (Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang kafir pada hari yang diancamkan kepada mereka (60)) yaitu hari kiamat.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zariyat ayat 57: 57-58. Allah menjelaskan bahwa diri-Nya tidak menginginkan rezeki dari makhluk-Nya, bahkan tidak menginginkan diri-diri mereka (makhluk) untuk memberikan rezeki kepada-Nya, dan tidak juga menginginkan diberikan makan. Karena Allah lah yang Maha Pemberi Rezeki, yang mencukupi rezeki seluruh makhluk-Nya; Pemilik kekuatan dan kokoh, yang Dia memiliki kekuatan dan kekuasaan atas segalanya, yang tidak adal sesuatupun yang melemahkan-Nya di bumi maupun di langit.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zariyat Ayat 57

Aku menciptakan manusia dan jin hanya agar mereka beribadah, bukan agar mereka memberi balasan apa pun kepada-ku. Aku tidak menghendaki rezeki atau balasan sedikit pun dari mereka dan aku tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepada-ku, seperti halnya mereka memberi sesajian kepada dewa atau tuhan yang mereka sembah. 58. Sungguh, Allah mahakuasa dan tidak memerlukan sesuatu dari makhluknya karena dialah pemberi rezeki kepada makhluk-Nya, dan dia juga yang mempunyai kekuatan yang sangat besar lagi sangat kukuh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjabaran dari banyak ahli tafsir mengenai isi dan arti surat Az-Zariyat ayat 57 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dibaca

Tersedia ratusan topik yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 255, Al-Baqarah 156, Luqman 12, An-Nahl 97, At-Taubah 103, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah. Ada juga Al-Kautsar 2, Ali ‘Imran 173, Yusuf 87, At-Talaq 3, An-Nahl, Az-Zalzalah 7-8.

  1. Al-Baqarah 255
  2. Al-Baqarah 156
  3. Luqman 12
  4. An-Nahl 97
  5. At-Taubah 103
  6. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  7. Al-Kautsar 2
  8. Ali ‘Imran 173
  9. Yusuf 87
  10. At-Talaq 3
  11. An-Nahl
  12. Az-Zalzalah 7-8

Pencarian: inna anzalnahu fi lailatul qadri, kandungan an nisa ayat 146, arti ู„ูŽูŠู’ุณูŽ, al baqarah tentang kematian, al maun artinya adalah

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: