Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yusuf Ayat 34

فَاسْتَجَابَ لَهُ رَبُّهُ فَصَرَفَ عَنْهُ كَيْدَهُنَّ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab-Latin: Fastajāba lahụ rabbuhụ fa ṣarafa 'an-hu kaidahunn, innahụ huwas-samī'ul 'alīm

Terjemah Arti: Maka Tuhannya memperkenankan doa Yusuf dan Dia menghindarkan Yusuf dari tipu daya mereka. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Kemudian Allah mengabulkan permohonan yusuf, lalu memalingkan darinya apa yang diinginkan oleh istri sang mentri dan kawan-kawan wanitanya untuk bermaksiat kepada Allah. Sesungguhnya Allah mahamendengar doa yusuf dan doa setiap orang yang memanjatkan doa dari makhlukNYa, maha mengetahui keinginan, kebutuhan dan apa saja yang memperbaiki keadaannya, dan kebutuhan seluruh mahklukNya dan apa saja yang memperbaiki keadaan mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

34. Kemudian Allah mengabulkan doa Yusuf dan menghindarkannya dari tipu daya isteri Al-Azīz dan wanita-wanita lain yang ada di kota itu. Sesungguhnya Allah -Subḥānahu wa Ta'ālā- Maha Mendengar doa yang dipanjatkan oleh Yusuf dan do'a-do'a selainnya, lagi Maha Mengetahui keadaan Yusuf dan orang-orang lainnya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

34. فَاسْتَجَابَ لَهُۥ رَبُّهُۥ (Maka Tuhannya memperkenankan doa Yusuf)
Allah menyantuni Yusuf dan melindunginya agar tidak terjerumus dari kemaksiatan, sebab jika Allah telah melindunginya dari makar mereka maka tuduhan yang mereka ucapkan tidak akan membahayakannya.

إِنَّهُۥ هُوَ السَّمِيعُ (Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar)
Maha mendengar doa dari orang-orang yang berdoa kepada-Nya.

الْعَلِيمُ (lagi Maha Mengetahui)
Maha Mengetahui keadaan orang-orang yang berlindung kepada-Nya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

34. Lalu Allah mengabulkan doanya, melembutkannya, menjaganya dari kemaksiatan, dan menghilangkan tipu muslihat mereka. Sesungguhnya Allah SWT itu Maha mendengar doa dan Maha mengetahui keadaan orang yang meminta perlindungan kepadaNya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Makna ayat :
Inilah yang tidak aku inginkan, darinya pula aku lari (فَٱسۡتَجَابَ لَهُۥ رَبُّهُۥ) Maka Allah kabulkan permintaannya dan menjauhkannya dari makar mereka. Sungguh Dia ta’la Maha Mendengar perkataan para hamba-Nya dan doa hamba-Nya Yusuf ‘alaihi salam, Maha Mengetahui perbuatan hamba-hamba-Nya diantara mereka Yusuf. Oleh karenanya Dia mengabulkan doanya, maka Dia menenangkan dirinya dan menghilangkan penderitaan darinya, yaitu penderitaan karena khawatir akan dirinya. Hanya bagi-Nya lah seluruh pujian dan pemberian.

Pelajaran dari ayat :
• Ketidaktahuan akan Allah, nama-nama, sifat-sifat, janji, ancaman, dan syariat-Nya adalah sebab munculnya segala kejahatan di muka bumi ini.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar tafsir di Masjid Nabawi

Mereka senantiasa membujuknya dan menggunakan berbagai cara agar Yusuf mau memenuhi keinginan mereka, sampai mereka berputus asa; tidak berhasil membujuknya. Allah menghindarkan tipu daya mereka. Demikianlah Allah menyelamatkan Beliau dari fitnah dan ujian yang berat ini.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Maka tuhan memperkenankan doa nabi yusuf, dan dia menghindarkan nabi yusuf dari tipu daya mereka, yakni istri al-aziz dan teman-temannya. Dialah yang maha mendengar permohonan orang-orang yang berdoa, lagi maha mengetahui seluruh perbuatan dan niat hamba-Nya. Kemudian timbul pikiran pada mereka, yakni al-aziz dan para penasehatnya setelah melihat tanda-tanda kebenaran nabi yusuf bahwa mereka harus memenjarakannya demi menjaga kehormatan keluarganya, serta menghindari cemoohan masyarakat sampai waktu tertentu.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yusuf Ayat 35 Arab-Latin, Surat Yusuf Ayat 36 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yusuf Ayat 37, Terjemahan Tafsir Surat Yusuf Ayat 38, Isi Kandungan Surat Yusuf Ayat 39, Makna Surat Yusuf Ayat 40

Category: Surat Yusuf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!